Ini yang Membedakan Mesin Yamaha LEXi LX 155 dengan NMax dan Aerox

Mesin Yamaha Lexi LX 155

Meski sama-sama 155 cc, mesin Yamaha LEXi LX berbeda dengan NMax dan Aerox. Karena mesin Blue Core yang diusung merupakan generasi terbaru. Dari Jantung pacu ini bila mengacu spesifikasi resmi pabrikan jelas lebih powerful ketimbang saudaranya NMax dan Aerox yang lebih dulu menggendong mesin 155 cc.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuktikannya dalam Media Test Ride LEXi LX 155. Sebuah mesin LEXi dibedah dan dibuka semua jeroannya. Menunjukkan beberapa komponen yang berbeda antara keduanya. Ada 6 komponen utama pada LEXi yang dibuat berbeda atau mengalami penyesuaian dari mesin NMax. Namun secara garis besar struktur atau basis jantung pacunya memiliki persamaan yang general.

Rotor atau Magnet

Ubahan pertama yang dilakukan oleh Yamaha adalah mengkalibrasi komponen rotor atau magnet pada crankshaft (kruk as). Rotor terbaru yang diaplikasikan pada LEXi memiliki bobot yang lebih ringan.

Minim gesekan berasal dari rotor atau magnet yang lebih ringan. Namun saat memperingan magnet ini, tetap dipikirkan faktor balance antara bagian kanan dan kiri juga kita harus perhatikan agar seimbang. 

Crankshaft (Krus As)

Yang kedua adalah merevisi komponen dari crankshaft alias kruk as. Crankshaft LEXi LX 155 dibuat lebih pendek ketimbang NMax dan Aerox. Otomatis menjadi lebih pendek untuk mengurangi bobot juga dimensinya supaya bisa menyesuaikan untuk faktor balance tadi. 

mesin yamaha lexi lx 155

Sprocket Cam

Resep selanjutnya untuk membuat performa dari Yamaha LEXi makin buas adalah ubahan pada dudukan sprocket cam. Ada beberapa kalibrasi yang dilakukan oleh Yamaha pada komponen ini untuk menyesuaikan perpindahan putaran dari crankshaft ke camshaft. Perpindahan putaran dari crankshaft ke camshaft atau pergerakan katup diubah di camshaft atau tepatnya dudukan sprocket. c

Hidrolik Tensioner

Yamaha LEXi juga mengadopsi hidrolik tensioner yang mengandalkan oli untuk menjaga ketegangan rantai camshaft . Peranti hidrolik tensioner dengan oli inilah yang belum diterapkan pada mesin Yamaha NMax maupun Aerox terbaru.

Mesin Yamaha Lexi LX 155

Silinder Bodi

Penyesuaian kelima adalah melakukan penghalusan pada dinding silinder. Saat kami melihatnya secara langsung memang bagian dalam silinder dari LEXi terlebih lebih rapi dan halus.

Gearbox

Dan yang terakhir adalah ubahan pada komponen gearbox. Revisi ini dilakukan agar keluaran torsi dari Yamaha LEXi 155 terasa halus atau tidak luar mengingat outputnya lebih besar 0,3 Nm dibandingkan NMax atau Aerox.

Sebagai informasi, mesin 155 cc dari Yamaha LEXi LX mampu memuncah tenaga maksimal 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Enjin itu juga disuntik teknologi Blue Core untuk mengejar efisiensi bahan bakar namun tetap berperforma dengan peranti VVA (Variable Valve Actuation).

Yamaha LEXi LX 155 dipasarkan dalam 3 varian berbeda. Pertama adalah Standard seharga Rp25.350.000, S Version Rp26.850.000, dan trim tertinggi ABS/Connected Rp29.900.000. Seluruh harga yang disajikan berstatus OTR Jakarta. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Tertarik Yamaha Lexi LX 155? Ketahui Dulu Fakta-fakta Ini

Jelajahi Yamaha Lexi LX 155

  • Tampak belakang serong Yamaha Lexi LX 155
  • Ban depan Yamaha Lexi LX 155
  • Power outlet Yamaha Lexi LX 155
  • Lampu depan Yamaha Lexi LX 155
  • Suspensi belakang Yamaha Lexi LX 155
  • Jok Yamaha Lexi LX 155
  • ban belakang Yamaha Lexi LX 155
  • Speedometer Yamaha Lexi LX 155
  • Ruang kaki Yamaha Lexi LX 155
Yamaha Lexi LX 155
Rp 25,8 - 30,36 Juta Cicilan : Rp 588.777

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Lexi LX 155 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Segini Biaya Servis Yamaha Lexi LX155 Selama 3 Tahun
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2024
  • Bedah Mesin Generasi Terbaru Yamaha Lexi LX 155, Pesaing Honda Vario 160
    Bedah Mesin Generasi Terbaru Yamaha Lexi LX 155, Pesaing Honda Vario 160
    Zenuar Yoga . 07 Feb, 2024
  • Ini Alasan Volume Tangki BBM Yamaha LEXi LX Tak Berubah
    Ini Alasan Volume Tangki BBM Yamaha LEXi LX Tak Berubah
    Bangkit Jaya Putra . 06 Feb, 2024
  • Permintaan Tinggi, Stok Yamaha LEXi LX 155 Mampu Penuhi Kebutuhan Konsumen
    Permintaan Tinggi, Stok Yamaha LEXi LX 155 Mampu Penuhi Kebutuhan Konsumen
    Bangkit Jaya Putra . 05 Feb, 2024
  • 6 Resep yang Bikin Mesin Yamaha LEXi LX 155 Lebih Ngacir Dibanding NMax dan Aerox
    6 Resep yang Bikin Mesin Yamaha LEXi LX 155 Lebih Ngacir Dibanding NMax dan Aerox
    Bangkit Jaya Putra . 04 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Yamaha Lexi Naik Kelas! Simak Alasan untuk Membelinya
    Yamaha Lexi Naik Kelas! Simak Alasan untuk Membelinya
    Zenuar Yoga . 02 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024