Honda Civic Type R FL5 merupakan generasi kelima yang berbasiskan Civic generasi sebelas. Jika melihat mekanikal powertrain, ia tak banyak berubah dari Civic Type R gen-5 FK8. Tentu banyak peningkatan di berbagai sektor, sambil tetap mempertahankan formulasi terbaik. Wajar, FK8 pemegang banyak rekor sirkuit. Ia rajanya di Magny-Cours, Spa-Francorchamps, Silverstone, Estoril, Hungaroring dan Mount Panorama. Harusnya FL5 bisa lebih hebat dan mampu mencetak catatan baru supaya tak ada hot hatch lain yang sanggup menandinginya.
Civic Typer R memang dirancang untuk mencetak rekor mobil front wheel drive (FWD) tercepat di berbagai sirkuit ternama dunia. Makanya menggeber di sirkuit Mandalika adalah kesempatan yang rugi kalau dilewatkan. Kapan lagi bisa menikmati karakter aslinya di atas lintasan balap. Momen ini pun tak disia-siakan untuk menggali potensi sekaligus bersenang-senang meski sangat singkat.
Dari penampilan, Civic Type R FL5 tampak lebih kalem dibanding FK8. Memiliki bahasa desain anyar Civic gen-11 yang lebih elegan dan matang. Bodi membesar dan makin rendah. Ada berbagai siasat agar handling membaik. Panjangnya tercatat 4.593 mm (tambah 36 mm), lebar 1.890 mm (tambah 13 mm) serta tinggi 1.407 mm (berkurang 14 mm). Rear Wing Spoiler besar tak sekadar estetika biar sedap dipandang. Berfungsi sebagai pencipta downforce guna tercipta kestabilan tinggi.
Ada perubahan dari ukuran roda. FL5 justru memakai pelek berukuran lebih kecil dibanding FK8. Tadinya 20-inci, menjadi 19-inci. Bukan sebuah kemunduran, malah bisa sebaliknya. Karena trek roda melebar turut diikuti penggunaan ban juga lebih lebar. Kini memakai Michelin Pilot Sport 4S sebagai standar dengan ukuran 265/30 R19, sebelumnya 245/30 R20. Tapak selebar itu tentu meningkatkan grip di permukaan jalan yang berpengaruh ke handling.
Mesin masih mempercayakan K20C1 4-silinder 2,0-liter turbo seperti pendahulunya. Pasti ada penyesuaian dan revisi untuk menyesuaikan bodi baru. Disebut ada pengembangan di turbocharger. Output meningkat sedikit menjadi 319 PS dan torsi 420 Nm. Transmisi manual 6-percepatan juga mendapat upgrade untuk menyempurnakan penyaluran daya ke roda depan. Semakin nikmat berkat Rev Match Control yang membuat pengemudi amatir layaknya pembalap berpengalaman. Karena tidak perlu lagi melakukan “heel and toe” saat menurunkan gigi. Putaran mesin dengan sendirinya naik agar segera sinkron antara downshift dan kembali berakselerasi cepat keluar dari tikungan.
Kapabilitas di atas sirkuit semakin bertambah. Terutama dibuat lebih kuat ketika digeber berlama-lama. Satu hal jadi perhatian adalah sistem cooling atau pendinginan. Radiator diubah lebih besar, begitu pula pendinginan saat mengerem juga ditingkatkan. Knalpot ganjil Triple Exhaust System menjadi pemandangan intimidatif dari belakang. Termasuk di dalamnya Active Exhaust Valve yang menciptakan resonansi yang menggugah adrenalin.
Tersedia Drive Mode dengan 4 opsi: Normal, Sport, +R dan Individual. Mode +R mengubah karakter Civic Type R bak mobil balap. Semua respons meningkat, dari mesin, suara hingga suspensi semakin rigid. Sementara Individual membebaskan pengemudi memilih setelan sesuai keinginan.
Honda juga menyediakan teknologi LogR yang berisi informasi kendaraan. Pengemudi bisa memilih informasi meliputi Water Temperature, Outside Temperature, Engine Air Intake Temperature, Engine Oil Temperature, Boost Pressure, Engine Oil Pressure, Atmospheric Pressure, Brake Pressure, Steering Angle, Yaw Rate (Direction of Rotation), Accelerator Pedal Position dan Clutch Pedal Position Ratio. Benar-benar seperti mobil balap.
Honda LogR memberikan analisa kondisi kendaraan dan juga pengemudi. Akan muncul penilaian yang secara otomatis berdasarkan kebiasaan berkendara yang bertujuan memaksimalkan potensi kendaraan. Hasil skor Honda LogR langsung tersimpan dan bisa dibagikan ke media sosial. Tapi harus mengunduh aplikasi HondaLog R 2.0 dulu. (Odi)
Baca Juga: Masih Saudara dengan Honda Civic Type R, Acura Rilis Integra Type S di AS
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.