Inikah Tampang Skutik Yamaha Terbaru?

Yamaha BEJAT

Rencana Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengeluarkan skutik baru memang ada. Dalam dokumen instansi pemerintahan, tertera kode BEJ A/T dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (pre-pajak) Rp12,2 juta. Sesuai kode, menandakan transmisi otomatis. Berarti mengacu ke jenis skuter matik.

Dalam satu unggahan media sosial terlihat sebuah gambar purwarupa yang bentuknya tak asing untuk konsumen Indonesia. Motor matik itu punya tampilan retro modern dan diperkirakan adalah bentuk akhir dari kode Yamaha BEJ A/T. Meski tak ada logo atau emblem Yamaha, kita bisa melihat komponen CVT memiliki kemiripan dengan produk domestik saat ini. Mulai dari blok transmisi, filter udara, dan roda punya kesamaan dengan Yamaha Gear atau Freego 125 cc.

Bila melihat purwarupa bagian bodi sampingnya memiliki kemiripan dengan Yamaha QBIX. Ia memiliki bodi sedikit mengotak di tiap sisi. Kemudian area dek atau footrest punya layout merata dengan ruang akomodasi 2 tempat. Berupa box tertutup di sisi kiri dan konsol penyimpanan terbuka di sebelah kanan persis di bawah keyless.

Baca Juga: Yamaha Punya Lawan Tangguh Honda CB150X, Namanya Crosser 150

Yamaha BEJAT

Area belakang punya desain cukup menarik. Keseluruhan di bagian buritan berbentuk kotak namun menggunakan lampu belakang utama dan sein yang sedikit mengoval. Sementara untuk pelek kemungkinan menggunakan ukuran 12 inci namun dibalut dengan ban profil tebal. Kabar baiknya, model palang menggunakan tampilan baru yang lebih segar ketimbang Yamaha Gear dan Freego. Panel instrumen diyakini bakal canggih. Bentuknya oval memanjang secara vertikal yang kemungkinan besar sudah full digital. Konsep cover speedometer memanjang mengingatkan kita desain Peugeot Django.

Tampilan baru sangat berbeda dengan DNA matik Yamaha lain. Dia mengadopsi lampu bulat, front tie (dasi) dengan aksen 3 dimensi, dan sepasang lampu sein yang posisinya ditempatkan pada bagian bodi depan. Tampilannya jelas mengarah ke segmen motor skutik retro.

Prediksi kami, berdasarkan besaran angka NJKB, dia bukan jenis skuter Maxi (150 cc ke atas) dari Yamaha. Namun motor matik dengan kubikasi enjin 125 cc. Banyak produk Yamaha menggunakan pemacu di level ini seperti Gear, Mio, Soul GT, Freego dan Fino. Semua memiliki rasio kompresi 9,5:1. Daya maksimum tersalur 7 kW atau 9,52 PS di 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncak diraih 9,6 Nm (0,98 kgf.m) sejak 5.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

Pertanyaannya, apakah ini model baru dari Yamaha atau unit yang disiapkan sebagai generasi dari model yang sudah ada? Kita tahu Yamaha di Indonesia sudah banyak matik gaya modern. Dari Gear, Mio, dan Freego memiliki banyak kesamaan. Pasar mana yang mau ditangkap? Jika melihat desain, kemungkinan besar generasi baru Fino atau mungkin dengan nomenklatur berbeda. Kita tunggu saja bocoran lainnya. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Desain All New Yamaha XMax 300 Akan Menyerupai Wajah TMax

 

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Alasan Ini yang Buat Tenaga Mesin Yamaha Gear Ultima Turun Dibanding Model Sebelumnya
    Alasan Ini yang Buat Tenaga Mesin Yamaha Gear Ultima Turun Dibanding Model Sebelumnya
    Bangkit Jaya Putra . 10 Apr, 2025
  • Yamaha Gear Ultima Sapa Warga Semarang
    Yamaha Gear Ultima Sapa Warga Semarang
    Bangkit Jaya Putra . 10 Apr, 2025
  • Susul Jakarta dan Bandung, Dealer Premium Shop Yamaha Kini Resmi Dibuka di Semarang
    Susul Jakarta dan Bandung, Dealer Premium Shop Yamaha Kini Resmi Dibuka di Semarang
    Bangkit Jaya Putra . 09 Apr, 2025
  • Susul Jakarta dan Bandung, Dealer Premium Shop Yamaha Kini Resmi Dibuka di Semarang
    Susul Jakarta dan Bandung, Dealer Premium Shop Yamaha Kini Resmi Dibuka di Semarang
    Bangkit Jaya Putra . 09 Apr, 2025
  • Yamaha Segera Rilis XMAX Facelift 2025, Ada Fitur Pemanas Kursi
    Yamaha Segera Rilis XMAX Facelift 2025, Ada Fitur Pemanas Kursi
    Anjar Leksana . 08 Apr, 2025
  • Irit! Konsumsi BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid Tembus di 74 Km/Liter
    Irit! Konsumsi BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid Tembus di 74 Km/Liter
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
    Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
    Zenuar Yoga . 10 Apr, 2025
  • Punya Mesin Baru dan Fitur Canggih, Siapa Saja Lawan Yamaha Gear Ultima?
    Punya Mesin Baru dan Fitur Canggih, Siapa Saja Lawan Yamaha Gear Ultima?
    Zenuar Yoga . 09 Apr, 2025
  • Mau Beli Yamaha Gear Ultima? Ini Perbedaan Varian Hybrid Standard dan Hybrid S
    Mau Beli Yamaha Gear Ultima? Ini Perbedaan Varian Hybrid Standard dan Hybrid S
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2025
  • Ada Pilihan Baru, Ini Deret Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan
    Ada Pilihan Baru, Ini Deret Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Anjar Leksana . 25 Agu, 2023