JAKARTA, 7 September 2018 – Penggemar Suzuki berharap banyak pada kehadiran
Suzuki GSX 150 Bandit. Motor ini diperkenalkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di ajang GIIAS 2018, awal Agustus 2018 lalu. Apa perbedaannya dengan keluarha GSX lainnya?
Suzuki GSX150 Bandit yang hadir di Indonesia ini membawa DNA
hyper performance layaknya kasta Bandit pada pendahulunya. Namun saat ini PT SIS memasukkan Bandit ke dalam keluarga GSX. Jika bicara positioning, baik GSX maupun Bandit merupakan motor yang sejenis. Hanya saja perbedaanya pada habbit penggunanya.
“GSX-S dan Bandit merupakan model motor yang berbeda. Jika Bandit lebih tepat digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sedangkan GSX-S lebih tepat menjadi motor kedua,” ujar
Zulfikar Rafi Al Ghany, Marketing 2W PT SIS, Kamis (6/9) kemarin.
Keberadaan keduanya di Indonesia saat ini merupakan jenis motor yang berbeda untuk penggunaannya. Nah berikut beberapa perbedaan GSX Bandit dan GSX-S 150 yang dirangkum
Motovaganza.
|
|
GSX-S 150 |
GSX 150 Bandit |
Panjang |
mm |
2.020 |
2.000 |
Lebar |
mm |
745 |
745 |
Tinggi |
mm |
1.040 |
1.035 |
Wheelbase |
mm |
1.300 |
1.300 |
Ground Clearance |
mm |
155 |
150 |
Seat Height |
mm |
785 |
790 |
Bobot kosong |
kg |
130 |
135 |
Tipe Mesin |
|
Liquid-cooled, 4 stroke |
Liquid-cooled, 4 stroke |
Valve System |
|
DOHC 4-valve |
DOHC 4-valve |
Dsplacement |
cm3 |
147,3 |
147,3 |
Max Output |
Hp/rpm |
18,9 / 10.500 |
18,9 / 10.500 |
Max Torque |
Nm/rpm |
14,0 / 9.000 |
14.0 / 9.000 |
Kompresi |
|
11,5 : 1 |
11,5 : 1 |
Fuel System |
|
Fuel Injection |
Fuel Injection |
Transmisi |
|
6-kecepatan |
6-kecepatan |
Fuel tank |
L |
11 |
11 |
Jika melihat pada tabel tersebut, perbedaan terlihat mulai dari panjang bodi keseluruhan dimana GSX Bandit lebih pendek dibandingkan GSX-S. Hal ini dikarenakan desain buritan pada Bandit lebih pendek dari GSX-S.
Kemudian, juga terlihat perbedaan dari bentuk headlamp dan konstruksi chasis juga ikut diubah. Racikan ini membuat bobot Bandit lebih berat sekitar 5 kg dibandingkan GSX-S.

Untuk mesin tidak ada perbedaan. Suzuki GSX 150 Bandit didukung mesin 150 cc DOHC fuel injection dengan tenaga maksimum 18,9 Hp pada 10.000 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada 9000 rpm. Seri maupun settingan mesin sama dengan kedua GSX Series.
Sesuai dengan fungsinya, Bandit lebih diperuntukkan untuk motor harian maka terdapat pula perbedaan pada posisi duduk.
|
|
GSX-R 150 |
GSX-S 150 |
GSX150 Bandit |
Seat Surface Area |
Depan (mm2) |
54,000 |
54,000 |
57,200 |
|
Belakang (mm2) |
32,300 |
32,300 |
44,00 |
|
Total (mm2) |
86,300 |
86,300 |
101,200 |
Nah, sekarang Anda bisa membedakan peruntukan keduanya kan?
VALDO PRAHARA