Insentif PPnBM Memang Tokcer, Penjualan Lima Model Daihatsu Ini Langsung Naik
Periode awal relaksasi PPnBM berbuah manis bagi Daihatsu. Terdapat lima model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini. Yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel kelima model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63 persen saban bulan pasca-implementasi diskon pajak. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-model: Luxio 104 persen, Terios 75 persen, Gran Max Mini Bus 51 persen dan Xenia sebesar 37 persen.
Pemerintah mengimplementasikan program diskon pajak secara bertahap sejak Maret 2021. Tujuannya, memutar kembali roda industri otomotif Indonesia lantaran terhantam pandemi Covid-19. Kemenperin juga memperpanjang PPnBM 100 persen hingga Agustus 2021. Walau sementara ini, aturan resmi belum dikeluarkan.
Dampak positif juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu. Dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26 persen saban bulan usai implementasi diskon pajak PPnBM. Adapun lima model non-relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan: Sirion 111 persen, Ayla 42 persen, Sigra 40 persen, Gran Max BV (Blind Van) 16 persen, serta Gran Max PU (Pick Up) 9 persen. Untuk mengurangi jumlah inden mengular. ADM mengaku meningkatkan kapasitas produksi sekitar 460 ribu unit per tahun. Bahkan dengan melakukan holiday overtime untuk menggenjot produksi.
Baca Juga: Insentif PPnBM Berhasil Dongkrak Penjualan Astra Daihatsu Motor
Lantas dukungan dari pemerintah, menurut Daihatsu. Bisa menstimulus penjualan otomotif nasional. Ini direspons positif oleh pasar dengan kenaikan signifikan. Semua terlihat bila membandingkan rata-rata penjualan retail sebelum penerapan relaksasi PPnBM. Pada Januari – Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per-bulan. Kemudian naik signifikan sebesar 46 persen menjadi sekitar 74 ribu saban bulan, usai implementasi diskon pajak pada Maret – Mei 2021.
Hal positif ini juga dirasakan oleh Daihatsu. Dengan tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Mei 2021. Rata-rata torehan retail ADM sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 9 ribu unit tiap bulan. Angkanya naik sekitar 37 persen menjadi sekitar 12 ribu per bulan setelah penerapan diskon PPnBM pada Maret – Mei 2021.
“Melihat hal ini, Daihatsu bersyukur, penjualan tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17 persen. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung, dengan capaian lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungan berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO, dalam pemaparan market kemarin. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pemesanan Daihatsu Rocky 1.2L Dibuka, Harga Termurah Rp185,8 Juta
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Daihatsu Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza
Artikel Mobil Daihatsu dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test