Generasi terbaru Toyota Innova segera mendebut di Indonesia. Lantaran ia bakal menggunakan platform terbaru TNGA-C. Dipastikan sektor jantung pacu ikut berubah. Tidak lagi mengusung enjin 1TR-FE. Berdasar informasi yang didapat, bagian penunjang performa memakai kode M20A-FKS berkubikasi 1.986 cc. Atau kalau secara global disebut juga sebagai Toyota Dynamic Force engine, seperti milik Voxy.
Sekadar perbandingan mekanis di model eksis. Medium MPV tujuh kursi ini mengusung 4 silinder 1TR-FE 2,0 liter naturally-aspirated. Mesin mampu menyemburkan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis enam kecepatan dengan tipe sekuensial.
Nah, kalau buat Innova Zenix reguler, mesin pakai M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC. Tiap satu silinder disuplai oleh dua injektor. Lewat formulasi baru, terjadi peningkatan tenaga signifikan dibanding model lawas. Kalau mengacu pada mesin itu, rasio kompresi 1:13. Kemudian resultan pembakaran empat piston memberi dorongan torsi puncak sebesar 205 Nm di 4.800 rpm. Sedangkan lonjakan daya tersalur 126 kW (172 PS) sejak 6.600 rpm. Efisiensi termal mencapai 40 persen. Diyakini output tenaga tak berbeda jauh-jauh dari angka tertera. Lantas bagaimana dengan varian hybrid?
Baca Juga: Mengulik Rancang Bangun Toyota Innova Zenix yang Sebentar Lagi Meluncur di Indonesia
Masih sama pakai mesin Dynamic Force seri M20A, namun formulasi sedikit berbeda. Volume ruang bakar 1.986 cc, ukuran bore x stroke pun tak beda 80,5 mm x 97,6 mm. Tapi rasio kompresi menjadi 1:14. Lewat sistem pengabutan D-4S, tenaga dihasilkan dari mesin bensin di Innova Zenix Hybrid mungkin berkisar 107 kW (146 PS di 6.000 rpm). Momen puntir maksimal diraih 180 Nm pada 4.400 rpm. Efisiensi termal 41 persen. Ini spesifikasi berdasar Toyota global.
Distribusi tenaga di seluruh varian, tidak lagi pakai transmisi matik biasa, melainkan CVT ke roda depan alias FWD. Sehingga, meski lebih bertenaga, mesin baru plus struktur rangka TNGA bisa bikin mobil menjadi lebih efisien. Berkaca dari Voxy, konsumsi bensin kombinasi berada di level 15 kilometer/liter. Seharusnya Toyota Innova Zenix (reguler) bisa mengikuti langkah ini. Sebagai catatan tambahan, generasi baru tidak lagi menawarkan transmisi manual lima percepatan. Hanya otomatis semata.
Pembaruan info lanjutan. Toyota Innova Zenix punya kans besar memakai platform TNGA sama seperti milik Voxy, bukan Corolla Cross. Sehingga jarak sumbu roda semakin panjang, menjadi sekitar 2.850 mm. Banyak faedah punya wheelbase seukuran ini. Sebelumnya Zigwheels sudah menyajikan artikel yang mengulas mengenai rancang bangun kendaraan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Toyota Innova Zenix Berbasis TNGA Penggerak FWD dan Tanpa Mesin Diesel
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.