Generasi Isuzu Elf kemarin mendebut dunia (world premiere) di Jepang. Setelah 16 tahun bertahan dengan model lawas, mereka akhirnya melakukan rombakan menyeluruh. Paling mencuat, bisa Anda lihat dari tampilan fascia tambah keren. Elemen tajam banyak dijumpai di bagian muka depan. Tak hanya menyuguhkan varian ICE, mereka juga turut memamerkan Elf EV yang menjadi pesaing dekat Mitsubishi Fuso eCanter.
Isuzu Elf 2023 atau familier disebut sebagai N-Series, tampil lebih agresif berkat kisi-kisi depan baru yang mirip dengan mu-X maupun D-Max. Truk ini dilengkapi sepasang lampu LED dan (DRL) baru tampak atraktif. Bagian bumper jua diberi fog lamp. Jelas memberikan tampilan segar dibanding generasi lawas. Kedua model memiliki paras sama. Hanya saja versi elektrik diberi logo EV biru di bagian kanan.
Varian Elf ICE mengusung mesin diesel berkapasitas 3.000 cc. Pertama, berkode 4JZ1-TCS yang memberi resultan daya 150 PS berikut momen puntir maksimal 375 Nm. Lalu opsi kedua, 4JZ1-TCH dengan kubikasi sama, namun mengeluarkan tenaga 175 PS plus torsi puncak 430 Nm. Distribusi daya ke gardan belakang melalui transmisi manual maupun otomatis 9 percepatan DCT.
Transmisi matik baru ini diklaim dapat membantu Elf 2023 mencapai penghematan bahan bakar tinggi. Sekaligus memaksimalkan kapasitas muatan. Sistem penyaluran mengusung Isuzu Smooth Intelligent Transmission (ISIM). Pabrikan mengatakan ISIM mampu menjaga putaran mesin (rpm) tetap rendah sekaligus mereduksi kebisingan dan getaran mesin. Selain itu, pengaturan kopling ganda memungkinkan pergantian gigi lebih cepat. Dijanjikan sanggup mengurangi kehilangan torsi dan guncangan saat perpindahan gigi.
Saat masuki kabin. Isuzu membuat beberapa perubahan penting untuk menambah kenyamanan pengemudi. Interior telah diperluas guna memberi lebih banyak ruang bagi pengemudi. Generasi anyar memiliki bukaan pintu lebih besar. Sopir mudah masuk maupun keluar. Bahkan posisi pedal telah disesuaikan agar memastikan pengemudi dapat dengan mudah mencapai posisi yang diinginkan sebelum berkendara di jalan raya.
Untuk memastikan keamanan berkendara. Elf 2023 diberi perangkat ADAS. Meliputi Pre-Collision Braking System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor, Lane Keeping Assist. Lalu Driver Status Monitor dan Emergency Driving Stop System. Grade lengkap ini di sana dijual 6.481.200 yen (termasuk pajak) atau Rp730 jutaan.
N-Series 2023 juga tersedia dengan powertrain listrik murni. Truk tanpa emisi ini tersedia dalam berbagai konfigurasi: 40 kWh (dua baterai ganda), 60 kWh ( tiga baterai) dan 100 kWh (lima baterai). Tidak ada angka keluaran pasti atau kisaran torsi yang diungkapkan. Tetapi mereka mengatakan bahwa model standar Elf EV memiliki GVW 3,5 ton sedangkan versi bodi lebar punya GVW 7,5 ton. Sementara ini belum ada spesifikasi lebih detail. (Alx/Odi)
Baca Juga: Bermesin Turbo Diesel Euro 4, Adu Kemampuan Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.