Dalam balutan kamuflase, Isuzu mu-X mulai tebar pesona. Ia melenggang di jalanan dengan stiker 1.9 di bagian samping mobil. Itu mengisyaratkan generasi teranyar menggunakan mesin kecil, namun tonjokan turbo lebih padat. Kemudian fitur keselamatan terkandung jauh lebih canggih dari Toyota Fortuner sekalipun. Sebab sang SUV dilengkapi teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). GIIAS November 2021 boleh jadi panggung peluncuran.
Isuzu mu-X 2021 dipastikan mengusung mesin diesel berkode RZ4E-TC 1,9 liter plus induksi turbo. Jantung pacu berdenyut hingga memompa tenaga 150 PS di 3.600 rpm. Kemudian momen puntir 350 Nm, diraih sejak 1.800 rpm - 2.600 rpm. Kalau di Thailand, sejatinya unit mengantongi sertifikasi Euro 4 diesel. Tapi kemudian harus downgrade mengikuti regulasi berlaku di Tanah Air. Sistem catalytic converter turut ditukar sesuai Euro 2.
Kemudian hal yang baru lagi. Sebagai distributor daya resultan turbo, mu-X terbaru menggunakan transmisi otomatis enam percepatan plus paddle shift di varian atas. Versi di Indonesia ditawarkan dalam dua mode gerak 2WD atau 4WD. Opsi girboks manual, tidak tersedia. Dan lebih disuguhkan di kendaraan pekerja seperti D-Max single maupun double cabin.
Fitur canggih mu-X dibekali Isuzu Matrix Safety Intelligence, berupa bantuan ADAS. Isi perangkat meliputi dua kamera depan, Intelligent 3D Imaging Stereo Camera untuk membantu mendeteksi objek dengan memindai gambar 3-D real time. Lalu ada mono radar serta delapan sensor di sekujur badan mobil. Lebih perinci, perangkat di dalamnya meliputi Adaptive Cruise Control berikut fungsi start and go.
Terus tersedia Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking System, Blind Spot Alert, Rear Cross Traffic Alert. Lanjut Lane Departure Warning, Pedal Misapplication Mitigation, Tire Pressure Monitoring Sensor & Auto Leveling Bi LED. Sedangkan jumlah bantalan udara bisa dua atau enam – bisa lebih – mengikuti spesifikasi di tiap varian.
Baca Juga: Isuzu mu-X 1.9L Turbo Diesel Sebentar Lagi Datang, Fitur Lebih Hebat dari Toyota Fortuner
Fitur standar dipastikan semakin baik dari model lawas. Konsumen Indonesia niscaya bakal disuguhi sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist. Ketambahan pula Hill Descent Control, Hill Start Assist, Electronic Stability Control dan Electric Parking Brake. Nah, Isuzu membekali mu-X generasi baru berupa penyangga McPherson Strut di depan. Tapi di belakang tingkat kekakuan per suspensi 5-link telah meningkat signifikan. Pusat roll ditinggikan dengan merelokasi link lateral. Lalu stabilizer dilebarkan agar kian efektif. Lewat formulasi anyar, dijanjikan penambahan stabilitas plus kenyamanan berkendara.
Jika tak ada ubahan seperti model di Thailand. Tatanan kabin mu-X masih berbau premium. Balutan seluruh jok pakai kulit sintetis berkelir coklat. Kemudian memiliki coolmax teknologi untuk mereduksi panas saat diduduki. Material soft touch pun banyak dijumpai di sejumlah panel interior berikut sisipan ambient light. Semua terpasang demi menambah kesan elegan.
Sektor hiburan mengandalkan head unit layar sentuh sembilan inci dengan berbagai sambungan. Sebaran frekuensi audio bisa menggunakan enam atau delapan speaker. Kemudian AC sudah digital dual zone, power mirroring folding, sistem kemudi tilt and telescopic. Tak kalah dari Fortuner, mu-X berbekal power tailgate. Jelas memudahkan pengguna saat membawa dan meletakkan barang bawaan di bagasi belakang. Spesifikasi bergantung pada varian yang ditawarkan Isuzu Astra Motor Indonesia kelak. (Alx/Odi)
Baca Juga: Tak Hanya Isuzu mu-X Baru, D-Max 2021 Juga Pakai Mesin Diesel 1,9L Turbo
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.