Cari mobil bekas tak melulu harus berpatokan pada jenis kendaraan tertentu. Namun dilihat dari jumlah uang di kantong, bisa membeli mobil apa saja. Kalau mengidamkan berjantung pacu diesel, Isuzu mu-X lawas punya harga mirip bila disandingkan Toyota Kijang Innova diesel G 2,4 liter turbo seken. Untuk tahun produksi 2016 misalnya, sama-sama dilepas Rp260 jutaan di pasar mobkas Jabodetabek. Jadi tinggal disesuaikan lagi dengan preferensi mobilitas calon pengguna.
Nah, kalau mau mu-X lebih muda, bisa ambil lansiran 2017 sekitar Rp320 juta – Rp330 jutaan. Lalu tahun produksi 2018 dipasarkan Rp350jutaan hingga Rp380 jutaan. Sedangkan Kijang Innova V 2,4 liter diesel 2018 ditawarkan Rp350 jutaan. Harga ini sekadar gambaran, sebab banyak aspek yang mempengaruhi nilai jual barang seken. Dari kondisi mobil itu sendiri, jarak pemakaian hingga rekam jejak perawatan rutin.
Baca Juga: Isuzu Lepas Harga All New D-Max 1.9 Turbo Mulai Rp300 Jutaan
Jantung pacu mu-X lawas mengandalkan diesel Isuzu 4JK1-TC, 2,5 liter Euro 2. Ia didukung Turbocharger Intercooled VGS (Variable Geometry System). Dan sudah berbekal teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Hasil pembakaran solar memberi torsi maksimal 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Kemudian dorongan tenaga puncak 136 PS di 3.400 rpm. Penyaluran output daya pakai transmisi triptonic otomatis 5-percepatan. Sedangkan tipe 4x4 yang kemarin diluncurkan di GIIAS 2021 pakai mesin baru 1,9 turbo.
Fitur keamanan mu-X varian termurah lumayan komplet. Ia dibekali sistem pengereman ABS, EBD, plus Brake Assist. Untuk stabilitas berkendara dibubuhi Electronic Stability Control dan Traction Control System. Kelengkapan lain ada Hill Start Assist, Hill Descent Control, dual SRS Airbags, Immobilizer, lanjut Anti Theft Alarm System. Apa yang dimilikinya lebih dari cukup sebagai sebuah SUV. Sangat layak dimiliki dengan banderol bekas mirip Kijang Innova reborn diesel.
Isuzu mu-X tak bisa dianggap remeh. Pabrikan membekali smart-key (passive entry and start system). Termasuk tombol start-stop untuk kepraktisan konsumen tatkala masuki mobil, juga berkendara. Kenyamanan interior masih bisa dinikmati. Head unit layar sentuh tujuh inci mengusung sistem audio 2-way. Anda bisa mendengar musik dari berbagai sumber. Kemudian nilai tambah mu-X sudah berbekal cruise control. Tinggal set tombol di palang setir, kaki Anda lebih relaks, tak melulu injak pedal gas. Dan bisa bikin putaran mesin terjaga, sehingga asupan solar ke ruang bakar lebih efisien.
Racikan suspensi depan bertipe independent double wishbone. Lalu model 5-link di bagian belakang, dengan coil spring, juga stabilizer bar tiap roda. Ini yang mesti digarisbawahi. Peredam guncangan enak saat melindas jalan tak rata. Namun saat diajak mengilat, terasa limbung. Makanya di generasi terbaru, suspensi diracik ulang agar memberi keseimbangan lebih baik. Tapi unit seken masih tergolong realistis antara harga dan kelengkapan didapat. (Alx)
Baca Juga: Tak Hanya Isuzu mu-X Baru, D-Max 2021 Juga Pakai Mesin Diesel 1,9L Turbo
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.