Setelah beredar paten mu-X generasi baru, Isuzu Thailand rilis video godaan. Sosoknya masih sangat samar, namun mengusung embel-embel all new. Artinya ubahan bukan semata facelift. Sosoknya terlihat berbeda dari unit eksis. Namun berdasar informasi yang dihimpun, bakal memakai sasis jenis ladder frame seperti unit saat ini dan D-Max paling gres.
Jajaran mesin diesel lama juga punya kans besar digunakan. Di Negeri Siam, unit daya yang ditawarkan berupa mesin penenggak solar berkode RZ4E-TC 1,9 liter plus induksi turbo. Enjin menghasilkan tenaga 150 PS pada 3.600 rpm dan momen puntir 350 Nm, diraih sejak 1.800 rpm -2.600 rpm. Lalu pilihan lebih besar. Tertancap diesel 3,0 liter dengan tenaga 177 PS. Kemudian momen puntir puncak tersedia 380 Nm.
Pilihan penyaluran daya tersedia manual enam percepatan dan 6-speed otomatis. Penggerak tipe 4x4 tersedia di varian atas. Sementara model reguler pakai penyalur roda dua (2WD) di belakang. Kemungkinan konfigurasi ini tak berubah. Tapi bisa jadi output disempurnakan.
Baca Juga: Honda Ridgeline Generasi Baru Meluncur Tahun Depan
Untuk dijadikan pembanding. Di Indonesia, lantaran pakai standar emisi diesel Euro 2. Isuzu Astra Motor Indonesia senantiasa mengandalkan mekanikal pacu 4JK1-TC, 2,5 liter. Disokong Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Ia sudah mengantongi teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya, tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Keluaran tenaga kalah jauh dari tipe 1,9 liter turbo.
Garis Daytime Running Light (DRL) tampak ditonjolkan dalam video. Tampak pula lampu depan kian mengerucut sekaligus menyipit. Pola kisi-kisi pasti berubah bersamaan dengan pahatan bumper. Raut muka disegarkan. Namun pengambilan tarikan garis roman depan niscaya tak jauh-jauh dari D-Max yang duluan mengaspal. Agar mengikuti tren pasar global. Sorot mata depan terlihat memakai proyektor berteknologi LED.
Persis seperti gambar paten. Rumah kaca di pilar C terlihat lebih kohesif dibandingkan dengan mu-X sekarang ini. Kaca samping jadi terpisah dari buritan. Racikan ini yang buat pilar-D menyesuaikan desain samping dan depan. Buritan ditemui lampu belakang dua bagian. Bentuknya lebih ramping menyerupai jajar genjang. Di tengahnya sorot dua garis LED timbul, keren.
Baca Juga: MG Gloster Resmi Dipasarkan di India, Begini Detailnya
Selain itu, pintu mu-X melihatkan garis karakter yang muncul di atas gagang pintu belakang. Tarikan dari atas fender depan mengalir hingga menjumpai rumah lampu belakang. Lalu lokasi pelat nomor berada di tengah pintu belakang. Belum ada detail tentang interior saat ini. Disinyalir tatanan panggung dasbor, lingkar kemudi, konsol tengah dan door trim menyerupai dekorasi D-Max MY 2020.
Harapan kelengkapan pada mu-X 2021, berkaca dari D-Max. Semoga diberi monitor layar sentuh berukuran 9 inci. Lingkar kemudi dibikin lebih modern berupa tiga palang lebar berbalut kulit. Sudah dilengkapi audio switch dan banyak tombol pengaturan. Material soft touch bertebaran di mana-mana. Ada di trim pintu, di atas dasbor dan beberapa panel lain. Lalu semoga kesan mewah kabin ditonjolkan dengan paduan dua warna interior.
Walau fitur keamanan maupun keselamatan generasi sekarang lumayan cukup. Seyogianya kantong udara ditambah menjadi enam titik. Sementara perangkat lain tetap terpasang. Misal sistem pengereman cakram di roda depan dan belakang. Imbuhan Anti-Lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist. Kemudian Electronic Stability Control, Traction Control System, Hill Start Assist, Hill Descent Control, dual SRS Airbags, Immobilizer dan Anti Theft Alarm System. (Alx/Odi)
Sumber: Isuzu Thailand
Baca Juga: Nissan Magnite Berkeliaran dengan Kamuflase Tipis
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.