Penyegaran lini Jaguar sampai juga ke F-Pace versi SVR. Banyak sektor tersentuh demi membuatnya tampil semakin percaya diri di tengah fenomena SUV performa tinggi. Bukan sebatas gaya mengikuti penyegaran rutin Jag, segala potensi diulik lagi baik itu dari segi kekuatan memacu hingga dinamika handling.
Alasan paling kuat memang agar F-Pace tidak terlihat usang di antara pesaing. Sebut saja BMW X3M dan Mercedes-AMG GLC 63. Di antara mereka, F-Pace SVR menawarkan potensi memacu hebat hanya saja tidak dibarengi nuansa interior berkelas. Tapi yang jelas, kini ia bawa banyak penyempurnaan untuk menghujam para rival.
Baca Juga: Prototipe Mini John Cooper Works GPE Sedang Diuji, Hot Hatch Hardcore Bertenaga Listrik
Sorotan utama terletak di sektor pencipta velositas. Tidak mengganti mesin, tetap memanfaatkan unit V8 berkapasitas 5,0 liter dengan pemadat udara berbasis putaran mesin alias supercharger. Output tenaga 550 PS mungkin mengisyaratkan figur di model sebelum. Namun, kemampuannya mengolah torsi bertambah 20 Nm sehingga mencatatkan angka 700 Nm. Semua itu dibarengi pemanfaatan torque converter dari model terkuat dalam sejarah, Jaguar XE SV Project 8.
Hasilnya, F-Pace SVR model 2021 terlahir lebih cekatan ketika diajak berlari. Akselerasi ke 100 kpj dituntaskan dalam tempo 4 detik, memangkas 0,3 detik dari versi lama. Dibejek habis, ada ekstra 3,2 kpj pada batas velositas maksimum sekencang 286 kpj. Menariknya, meski power output bertambah, tingkat emisi justru berkurang dari 281 g/km menjadi 275 g/km. Dibarengi pula konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih irit.
Di balik tambahan tenaga, Jaguar menyempurnakan rasa berkendara. Software transmisi dan sistem dinamika kendaraan diotak-atik sedemikian rupa sehingga semakin mendukung keinginan pengemudi. Misal pada mode berkendara Dynamic, teknisi Jaguar SV mengkalibrasi ulang demi menghadirkan respons gas lebih tajam, suspensi lebih kaku, bobot setir optimal, dan penyempurnaan exhaust mapping. Lalu, fitur Dynamic Launch anyar memanfaatkan momentum pergerakan driveline agar menahan limpahan tenaga ke roda saat pergantian gigi. Hal ini berkontribusi pada akselerasi cekatan SVR.
Sistem kemudi dibikin semakin nikmat lewat sistem power steering elektronik baru. Semakin sigap, meningkatkan koneksi antara kendaraan dan pengemudi. Perbedaan rasa juga dibuat lebih kentara pada tiap mode berkendara. Kehebatan di atas aspal lantas disokong peranti pengereman Integrated Power Booster anyar yang sudah dikalibrasi ulang. Settingan spesifik bagi SVR dengan pijakan pedal rem lebih sporty dan pendek.
Baca Juga: Mazda Rencanakan Hatchback Hybrid Berbasis Toyota Yaris di Eropa
Bukan sekadar membuatnya lebih mumpuni saat menjejak aspal, faktor kenyamanan handling ikut direvisi. Ada penekanan dualitas fungsi sehingga kenyamanan dan kemampuan memacu tidak saling terkompromi satu sama lain. Diklaim semakin nyaman dan nikmat dikendalikan di kecepatan rendah berkat setelan adaptive damping serta penyesuaian bantalan di sasis. Pun berkat ubahan ini, ia sanggup mendefinisikan mode Comfort dan Dynamic lebih baik.
Fungsionalitas pada berbagai jenis kondisi jalan didukung JaguarDrive Control termutakhir. Mode pada JaguarDrive Control sendiri meliputi Comfort, Eco, Rain-Ice-Snow, dan Dynamic. Settingan ini bakal mengoptimalkan karakter setir, transmisi, gas, dan sistem Adaptive Dynamics. Sementara itu Auto Vehicle Hold menggantikan fungsi Automatic Hill Hold yang bakal menambah kemudahan pemakaian.
Ubahan eksterior melengkapi segala revisi di balik tubuh. Dilancarkan untuk menghadirkan ‘estetika yang lebih bermanfaat’. Mungkin benar adanya sebab terdapat perbaikan aerodinamika. Diklaim gaya angkat tereduksi 35 persen dengan koefisien hambat udara menurun dari 0,37 Cd menjadi 0,36 Cd. Semakin tertanam ke aspal sekaligus tajam untuk menghujam udara dalam bungkusan gahar rongga serbabesar.
Mengadaptasikan dari versi standar, interior SVR ikut dirombak habis. Tampil lebih mewah dan tertata dengan dominasi garis horizontal. Termasuk di dalamnya pemanfaatan material dan detail trim berkelas, finishing unik, dan kenop rotary anyar untuk mengatur mode berkendara. Untuk menegaskan kecanggihan teknologi tertanam sistem Pivi Pro dengan layar 11,4 inci, dan panel instrumen digital 12,3 inci.
Sang SUV terkencang Jaguar mengaspal sebagai F-Pace SVR model 2021. Dibanderol mulai dari 77.795 Poundsterling atau setara Rp 1,46 miliar. Naik 2000 Poundsterling, sekitar Rp 37,6 juta, dari model lama. (Krm/Odi)
Baca Juga: Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Dua Varian GLE Coupe
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.