Daihatsu Sigra hingga kini masih merajai pasaran LCGC tujuh penumpang (5+2). Posisi penjualan belum tergoyahkan dari tahun ke tahun. Pada awal Juli 2022, ADM memberi penyegaran muka, yang diluncurkan di pusat perbelanjaan Bekasi. Usianya kini hampir satu tahun. Nah, kapan generasi paling anyar muncul? Sebab saudaranya (Ayla) sudah berubah menjadi All New, dengan platform DNGA dan opsi transmisi jenis CVT.
Beberapa petinggi Daihatsu memberi respons mengenai kabar kemunculan All New Sigra. “Untuk pertanyaan ini pasti nanti akan kami infokan. Nanti kalau sudah waktunya, teman-teman pasti diundang (peluncuran). Tapi yang jelas tidak tahun ini,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di acara Urban Fest di Bekasi (19/5).
Baca Juga: Ada Dua Opsi Mesin, Pilih Daihatsu Xenia 1.3L atau 1.5L?
Mengenai generasi baru, sebetulnya ADM sudah memiliki itu semua. Tinggal bagaimana mereka meracik menjadi MPV LCGC baru. Untuk platform, DNGA sudah dipastikan menjadi papan kontruksi utama. Contoh, suksesor Xenia, Ayla dan Rocky menggunakannya. Tidak mungkin Sigra tak pakai sasis serupa.
Kemudian pilihan transmisi. Untuk opsi manual sudah pasti ada. Nah, menyesuaikan sofistikasi terbaru, Daihatsu juga memiliki Dual Mode atau D-CVT. Punya peluang besar dipasang di Sigra. Cara kerjanya sama seperti milik Xenia. Saat kecepatan di atas 60 km/jam maka pergerakan bakal dipindah, dari CVT belt ke planetary gear. Tujuannya guna menghindari dampak energy-loss dan mengejar efisiensi. Rotasi belt di pulley pun berkurang signifikan.
Apalagi, Daihatsu pernah mengklaim, penggunaan transmisi D-CVT tetap aman dan responsif dibanding jenis AT (matik konvensional 4-speed). Lalu prediksi lain soal penggunaan enjin. Diyakini mereka tetap menawarkan dua opsi seperti All New Ayla. Pertama, jantung pacu dengan VVT-i memiliki ruang bakar mencapai 998 cc, 3 silinder segaris serta 12 katup. Ukuran diameter langkah 71 x 84 mm. Olah piston ganjil menyuplai tenaga 67 Hp (68 PS) di 6.000 rpm. Lalu torsi maksimal diraih 89 Nm pada 4.400 rpm. Distribusi power ke roda depan.
Untuk tipe menengah ke atas, kemungkinan Sigra baru pakai enjin 1,2 liter seperti miliki Ayla dan Rocky. Ekstraksi piston dari mesin berkode WA-VE ini sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Dorongan torsi maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Penyaluran tenaga sama melalui penggerak roda depan.
Platform DNGA merupakan satu kesatuan. Jadi kalau bicara ruang kabin, niscaya tak akan jauh-jauh dari tatanan interior Xenia, Rocky dan Ayla. Bentuk lingkar kemudi, layar meter cluster, posisi head unit mengambang dan penggunaan AC digital di trim tertentu. Soal keselamatan, kemungkinan bakal dibenahi. Penghela laju kendaraan ada Anti-lock Braking System (ABS), kemudian diimbuhi Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control serta Hill Start Assist, Dual SRS Airbag.
“Mengenai Daihatsu Sigra (generasi baru) saya belum bisa menjawab atau memberi komentar lebih. Kami akan terus melakukan studi,” imbuh Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor. (Alx)
Baca Juga: Banyak Kegiatan Seru, Daihatsu Urban Fest Digelar di Summarecon Mall Bekasi
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.