Di Instagram resmi Kawasaki Motor Indonesia (KMI), terpampang video teaser mengenai produk baru. Tepatnya ZX series. Tertera waktu peluncuran pada pukul 08.00 WIB 1 Oktober 2022 di kantor pusat Jakarta. Kemungkinan perusahaan bakal segarkan Ninja ZX-25R bersama livery baru. Alasannya, siklus penyegaran untuk sepeda motor lazimnya terjadi dua tahunan. Sedangkan ia kali pertama mengaspal di sini pada 10 Juli 2020.
Enjin terpasang di balik rangka trellis frame ZX-25R berupa 249.8 cc liquid-cooled DOHC empat piston. Bila ubahan hanya bersifat kosmetik, bagian mekanis ini pasti dipertahankan. Sehingga olah pembakaran silinder genap memberikan kinerja terbuas di kelasnya yaitu 36.8 kW (50 PS) di 15.500 rpm. Kemudian besaran torsi puncak tersedia 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Tak ayal, power dapat terasa linear di segala rentang. Bahkan klaim pabrikan, ia dapat digeber melebihi 17.000 rpm, untuk sport riding di dalam trek. Rasanya bagian ini layak dipertahankan KMI.
Fitur lain juga tetap tersedia di ZX-25R 2022. Isinya meliputi meter cluster full digital, Kawasaki Traction Control, Power Mode selection, Dual-direction Kawasaki Quick Shifter (SE). Terus sistem pengereman ABS tersedia di cakram depan maupun belakang. Jenisnya semi-floating disc demi memberi penghelaan laju terbaik. Dengan format enjin empat piston 250 cc dan sederet perangkat terpasang. Ia belum punya lawan sepadan di Indonesia.
Baca Juga: Motor Listrik Kawasaki Tampil Perdana dan Langsung Mengejutkan
Jadi, sudah waktunya Kawasaki sedikit memberi penyegaran tubuh bagi Ninja ZX-25R. Sehingga turut menjaga eksistensi produk di pasar. Sekadar prediksi. Tampilan tubuh sang supersport 250 cc versi anyar bakal tampil tetap sporty dengan tarikan dan garis bodi tajam nan runcing. Seolah sanggup membelah udara saat diajak bercengkrama di sirkuit atau mengilat kencang. Handling di model lama terbilang jempolan. Penyegaran versi 2022 niscaya tetap mempertahankan bentuk tubuh seperti itu. Paling bentuk grafis diperbarui, supaya kesan anyar begitu kentara. Atau opsi warna dibikin semakin variatif.
Masih mengenai rancang bangun ZX-25R. Rumah lampu sepertinya tetap dibiarkan menukik ke bawah, seolah mengintimidasi lawan. Lalu, sebatas usul saja. Penataan knalpot underbelly alias bawah kolong mestinya diganti. Memang betul, posisi silincer di bawah kerap dinilai bikin torsi dapat diraih dengan enteng, walau rpm rendah. Tapi apa iya, Kawasaki tak mampu bikin knalpot posisi side muffler tapi tetap bertenaga? Zigwheels yakin, format pipa gas buang berubah. KMI sekarang menjual tipe termurah non-ABS mulai Rp102,6 juta OTR Jakarta. Kalaupun ada kenaikan, boleh jadi berkisar Rp1-2 jutaan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Banyak Pilihannya, Ini Line-up Supermoto dari Kawasaki
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.