Segmen moge street cruiser bakal semakin ramai di sini. Sebab Kawasaki Motor Indonesia bakal luncurkan Eliminator. Bukan bermesin 400 cc seperti model global, namun 450 cc untuk menghadapi rival terdekat Honda Rebel 500. Dalam situs resmi, mereka sudah menjabarkan spesifikasi teknis sebagai produk baru. Kemudian di akun Instagram juga menampilkan gambar, berikut keterangan: coming soon to Indonesia.
Nah, untuk jantung pacu, Eliminator memiliki kubikasi 451 cc, DOHC 8 katup. Memang agak sedikit kalah dari Honda Rebel 471 cc (45,54 PS). Namun berdasar data pabrikan, tenaga motor Kawasaki ini jauh lebih padat hingga 52 PS. Spesifikasi teknis detail bisa dilihat di tabel berikut.
Power Maksimum |
38,3 kW {52 PS} / 10.000 rpm |
Torsi Maksimum |
42,6 Nm {4,3 kgfm} / 7.500 rpm |
Jenis Mesin |
Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin |
Volume Silinder |
451 cc |
Diameter x Langkah |
70,0 x 58,6 mm |
Perbandingan Kompresi |
11,3:1 |
Sistem Katup |
DOHC, 8 valves |
Sistem Suplai Bahan Bakar |
Fuel injection: ø32 mm x 2 |
Sistem Pengapian |
Digital |
Start |
Electric |
Transmission |
6-speed, return |
Primary Reduction Ratio |
2.029 (69/34) |
Final Reduction Ratio |
3.071 (43/14) |
Kopling |
Wet multi-disc, manual |
System Final Drive Type |
Chain |
Baca Juga: Kawasaki Motors Luncurkan Cruiser Eliminator 2023
Dimensi bodi Kawasaki Eliminator 450 agak sama dari versi global. Ia memiliki panjang 2.250 mm, lebar 785 mm, tinggi 1.140 mm, sumbu roda 1.520 mm, jarak jok ke tanah 735 mm. Kemudian bobot kendaraan 177 kg plus tangki bensin 13 liter. Pelek racing depan berukuran 18 inci dan belakang 16 inci. Seperti saudaranya, ia menggunakan rangka teralis, meskipun unit tidak memiliki banyak kesamaan dengan Ninja 400.
Garpu depan teleskopik atas dan rear twin shock jadi standar. Motor memiliki rem cakram di kedua ujung roda bareng ABS dua channel. Dengan postur semacam ini, seharusnya ia menjadi sepeda motor jenis cruiser menyenangkan. Mudah dikendarai oleh sebagian besar pengendara Asia. Siluet rendah, lampu depan bundar dan kursi tak tinggi. Dalam bagan kendaraan, posisi berkendara lebih tegak dibanding Kawasaki Vulcan S.
Fitur penunjang kelengkapan lain berupa all-digital instrumentation with tachometer plus gear position indicator, smartphone connectivity, assist & slipper clutch demi memudahkan perpindahan gigi tanpa tarik tuas kopling. Belum tersedia informasi harga. Namun kalau berdasar Samsat PKB Jakarta. Eliminator varian tertinggi memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp110,4 juta. Sedangkan ia berposisi di bawah Vulcan 650 cc Rp215 juta. Jadi kemungkinan bisa lebih murah, bahkan dari Honda Rebel Rp201,68 juta. (Alx/Odi)
Baca Juga: Varian Kawasaki KLX Series Makin Banyak, Kenali Satu per Satu
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.