Kawasaki KLX 150 Off-Road Resmi Diperkenalkan
TANGERANG SELATAN, 5 Juni 2016 - PT Kawasaki Motor Indonesia hari ini, Minggu (5/6) resmi memperkenalkan varian terbaru dari Kawasaki yaitu The New KLX150. Kawasaki KLX hadir tanpa lampu penerangan di bagian depan dan belakang. Yap, penggunaan KLX150 SE ini memang hanya diperuntukkan di sirkuit off-road saja.
Ini model kedua KLX yang dikenalkan Kawasaki. Sebelumnya, Kawasaki memperkenalkan KLX 150 edisi Big Foot atau lebih dikenal dengan sebutan BF. Melihat penampilan KLX 150 SE sedikit mengingatkan kita pada sosok Kawasaki KX namun dengan dimensi yang lebih kecil dan ringan.
Kawasaki KLX yang diperkenalkan di kawasan BSD track dan langsung dipresentasikan oleh Michael Tjandra, Marketing Manager PT Kawasaki Motor Indonesia. Mengusung tagline "Easy, Lightweight and Reliable" menegaskan jika motor dengan genre trail ini murni didesain bagi pemula.
"Ini merupakan KLX terbaru dengan kenaikan sekitar 20% di sektor mesin untuk performanya dibanding seri sebelumnya, ini berstatus CBU karena dibuat di Thailand. Di Amerika sudah lebih dulu hadir dengan nama KLX 140G, disini kita berikan nama yang sama tapi tanpa ada embel-embel BF atau new KLX."
Berbagai fitur dihilangkan untuk menunjukkan jika motor ini hanya khusus untuk lintasan off-road. Pertama motor ini cukup ringan yaitu hanya 99 kilogram, sedangkan versi lama sekitar 115 kilogram.
Selain tidak menggunakan lampu di bagian depan dan lampu rem di bagian belakang, KLX ini ternyata sudah dilengkapi dengan swingarm kompetisi sama seperti milik KLX 250. Swingarm ini berbahan Allumunium Billet. Selain terlihat lebih kokoh, arm model seperti ini diklaim lebih mantap dipakai manuver, dan stabil.
Minusnya model ini sudah tidak lagi dilengkapi dengan kickstarter alias "selahan pedal kaki" yang umumnya ditemukan pada motor trail kompetisi. Selain itu, desain gas buang alias knalpot masih menggunakan knalpot model lama sama seperti kepunyaan KLX 150L standar.
Selebihnya KLX ini jauh lebih gagah dengan diameter ban depan 80/100-21 dan 100/100-18 di bagian belakang. Ground clearence sekitar 315 mm dan tempat duduk rendah 860 mm. Hal ini memudahkan kaki pengendara untuk memapak tanah saat di depan off-road atau saat bermanuver.
Kedua velg jari-jarinya dibungkus dengan karet bundar kembang pacul milik IRC. Untuk mesin, KLX menggunakan mesin berkapasitas 144 cc dengan aircooled 4 stroke, monosilinder. Bore X Stroke sebesar 58.0 X 54.4 mm dengan perbandingan rasio sebesar 9.5:1. Mesin dengan 5 percepatan ini mampu menghasilkan besaran tenaga maksimal di angka 8.3 kW per 8000 Rpm dan torsi sebesar 12 N.m per 6.500 rpm.
Bagaimana dengan harga? KLX 150 ini dibanderol Rp 35,9 juta.
Berikut Spesifikasi Resmi Kawasaki KLX:
Mesin
Tipe: aircooled, 4 stroke single silinder.
Valve system: SOHC, 2 valve
Fuel System: Carburator PB20
Ignition: Digital DC, CDI
Starting: Electric
Transmision: 5 speed return
Final Drive: Chain
Suspension
Front: 33 mm Teleskopik fork
Rear: Unitrack with allumunium single shock, piggyback reservoir, adjustablepreload, adjustable compression and rebound damping.
Brakes
Front: tipe, single 220 mm petal disc with dual piston
Rear: single 190 mm petal disc, single piston.
Dimension
Overall length: 2.005 mm
Overall width: 790 mm
Overall height: 1.135 mm
Wheelbase: 1.330 mm
Ground clearence: 315 mm
Bobot: 99 kg
Seat height: 860 mm
Fuel tank: 5.8 litres
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test