Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah meluncurkan KLX150S dan KLX150SM dengan warna dan grafis baru untuk Model Year 2025. KLX150S kini tersedia dalam warna Battle Gray yang baru. Sementara itu, seri Supermoto KLX150SM ditawarkan dalam satu warna, dan KLX150SM SE hadir dalam empat pilihan warna.
Sayangnya, tidak ada perubahan signifikan antara KLX150S dan KLX150SM. Kedua model hanya mengalami perubahan visual, terutama pada desain dan grafis. Performa, fitur, dan spesifikasi tetap sama dengan model sebelumnya.
KLX150S adalah model termurah dalam seri KLX, dengan bodi yang masih mengadopsi MX Styling. Fitur-fiturnya termasuk lampu utama LED dan panel instrumen LCD. Teknologi baru ini diklaim mampu merevitalisasi pasar motor trail yang tengah menurun.
Tersedia dalam dua warna baru, Lime Green dan Battle Gray (menggantikan Ebony), yang kini hadir dengan desain dan grafis yang lebih menarik. Model terbaru ini dijual dengan harga Rp33,7 juta OTR DKI Jakarta.
Dari segi dimensi, ia lebih kecil dibandingkan varian lain karena menggunakan roda berukuran 70/100-19 inci di depan dan 90/100-16 inci di belakang.
Suspensi depan masih menggunakan tipe teleskopik dengan diameter 33 mm, sementara suspensi belakang adalah model unitrack dengan pengaturan preload. Secara keseluruhan, KLX150S memiliki berat kosong 115 kg, ground clearance 265 mm, tinggi tempat duduk 830 mm, dan jarak sumbu roda 1.345 mm. Kapasitas tangki bensinnya adalah 6,9 liter.
Mesinnya berkapasitas 144 cc SOHC satu silinder dengan pendinginan udara. Mampu menghasilkan tenaga hingga 11,8 hp pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan. Desain bodinya yang ramping memberikan posisi berkendara yang nyaman, menjadikannya cocok untuk rider pemula.
KLX150SM kini hadir dengan warna Ebony yang menggantikan Firecracker Red. Sementara itu, KLX150SM SE tersedia dalam warna Ebony, Bright White yang menggantikan Aquarius Green, Battle Gray, dan Neon Green.
Dengan konsep supermoto, perbedaan yang mencolok dari KLX150 versi trail adalah pada rodanya. Motor ini dilengkapi dengan pelek jari-jari 17 inci yang dibalut ban on-road berukuran 100/80 di depan dan 120/70 di belakang, serta wheel travel sepanjang 175 mm.
Fitur-fiturnya termasuk headlamp LED dan panel meter digital yang minimalis. Informasi yang ditampilkan cukup sederhana, hanya terdiri dari odometer, trip A, trip B, indikator bahan bakar, jam, indikator gigi netral, dan lampu penanda sein. Namun, belum dilengkapi dengan indikator pergantian gigi.
Untuk suspensi, Kawasaki KLX150SM dilengkapi dengan suspensi depan jenis upside down berdiameter 35 mm dan suspensi belakang model Unitrack dengan single shock yang dapat diatur pre-load pegasnya.
Performanya setara dengan seri KLX150. Motor ini masih menggunakan mesin 144 cc, SOHC, dengan pendingin udara, dan karburator. Secara teoritis, mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 11,8 Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Semua output ini disalurkan melalui transmisi manual 5-kecepatan.
Untuk menunjang performa, pelek depan dilengkapi dengan cakram semi floating tunggal 300 mm, dan pelek belakang dengan cakram tunggal 220 mm.
Varian SE berbeda dari model standar dalam hal warna suspensi, pelek, dan aksesori. Edisi Khusus menggunakan tabung suspensi depan warna emas. Untuk warna Ebony, pelek dicat emas, sedangkan warna lainnya hitam.
Aksesori tambahan meliputi skid plate, frame cover, dan hand guard. Sementara itu, versi Standar lebih simpel dengan pelek warna silver dan tanpa komponen pelindung mesin atau tangan. Untuk KLX150SM Model Year 2025 dibanderol dengan harga Rp37,7 juta dan KLX150SM SE Rp40,3 juta OTR DKI Jakarta. (Bgx)
Baca Juga: Ingin Pakai Supermoto Buat Harian? Ini Pilihannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.