Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan seri KLX230 terbaru di JFK 2024. Tidak hanya warna dan grafis, produsen juga memberikan pembaruan dari sektor performa, rangka, dan desain. Dengan pembaruan ini, model baru diklaim menawarkan performa mesin yang lebih unggul dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Seri KLX230 yang diperbarui meliputi KLX230SE, KLX230SM, dan KLX230SM SE.
Ketiga varian memiliki port intake yang telah diubah. Model terbaru memiliki port lebih sempit dan katup intake lebih kecil (dari ø37 mm menjadi ø33 mm), keduanya meningkatkan performa pada putaran mesin rendah hingga menengah.
Box filter udara kini dirancang lebih kecil untuk menyesuaikan dengan subframe belakang yang lebih rendah. Namun masih memastikan ruang cukup untuk aliran udara. Selain itu, pengaturan ECU telah diperbarui untuk mendukung peningkatan torsi pada rentang putaran rendah hingga menengah.
Subframe KLX230 SE didesain ulang untuk memberikan berbagai keuntungan, termasuk peningkatan travel roda saat berkendara offroad dan posisi jok yang lebih rendah. Kontur kursi model baru lebih tebal dan ketinggian jok kini adalah 875 mm, turun dari 885 mm, yang meningkatkan kenyamanan dan handling saat berkendara.
KLX230SM dan KLX230SM SE juga mendapat perubahan di subframe. Hasilnya membuat travel roda belakang menjadi lebih panjang dan ubahan suspensi menambah kenyamanan berkendara. Jok juga lebih rendah menjadi 840 mm.
Sudut putar dibuat lebih kecil, berkontribusi dalam hal handling. Lalu jarak sumbu roda lebih pendek (1.375 mm menjadi 1.365 mm), berkontribusi pada pengendalian motor yang mudah pada saat bermanuver.
Pabrikan memberi ubahan tampilan KLX230 Series di bagian Front cowl depan. Sekarang mirip New KLX300 dengan desain tipis dan kental dengan aura motor enduro. Fuel tank, shroud dan cover samping KLX230 juga telah diperbarui. Desainnya mirip dengan KX450 dan KX250 terbaru, tampak lebih segar lincah dan agresif.
Semua varian punya jok dengan shape datar dan modelnya two-tone, menciptakan tampilan slim, clean, serta racing-look kuat. Revisi pada subframe membuat ketebalan jok pada KLX230SE bertambah (+6 mm) jika dibandingkan versi standar, namun seat height lebih rendah dibandingkan versi MY 2023.
Panel instrumen seri KLX230 MY 2024 telah dilengkapi dengan Bluetooth. Pengendara dapat menghubungkan smartphone mereka ke motor melalui aplikasi RIDEOLOGY untuk menampilkan informasi seperti Vehicle Info, Riding Log, Communication, dan Maintenance Log.
Tuas rem dan kopling kini hadir dengan desain baru yang lebih pendek, memberikan tampilan yang lebih modern. Master rem belakang juga telah diperbarui dengan tabung reservoir terintegrasi yang serupa dengan KLX230R, menghasilkan penghematan sekitar 100 gram.
Suspensi belakang New Uni Trak yang ditingkatkan dengan wheel travel yang lebih panjang memungkinkan bagian belakang motor untuk tenggelam lebih dalam ketika pengendara duduk, meningkatkan jangkauan ke tanah.
Meskipun ada perubahan pada port intake, filter udara, dan revisi ECU, tenaga dan akselerasi tetap tidak berubah. Mesin masih mengandalkan mesin injeksi satu silinder 233 cc SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dengan sistem transmisi 6-percepatan. Kini, klaim powernya mencapai 19 Hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 19,8 Nm pada 6.100 rpm.
Warna terbaru untuk KLX230SE adalah Neon Green, sementara KLX230SM menawarkan Battle Gray dan KLX230SM SE tersedia dalam warna Ebony.
Mengenai harga, KLX230SE ditawarkan Rp56,8 juta, KLX230SM Rp56,3 juta, dan KLX230SM SE seharga Rp58,6 juta OTR DKI Jakarta. (Bgx)
Baca Juga: Kawasaki Indonesia Segarkan W175 Series dengan Warna dan Grafis Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.