Kawasaki pertama kali merilis KLX230 pada 2020. Dalam banyak aspek ia telah dipercaya oleh sebagian rider tualang untuk melibas berbagi medan jalan. Seperti kita ketahui, keluarga KLX dikenal dengan karakter ramah pengendara, kemampuan luar biasa di jalan, dan keandalan. Tapi satu-satunya pengecualian adalah ketinggian kursinya yang mencapai 855 mm (35 inci).
Model 2022 meluncur dengan beberapa pembaruan. KLX230S 2022 dirancang dengan seat height lebih pendek yang dimaksudkan untuk menggaet pengendara berpengalaman pencari dual-sport ringan atau memikat rider pemula. Indikasi huruf 'S' di belakang nama membuatnya lebih mudah diakses. Tersedia dalam warna Lime Green dengan MSRP $4.799 (Rp67 jutaan), sedangkan ABS tersedia dalam pilihan cat Lime dan Urban Olive Green/Ebony yang dibanderol MSRP $5.099 (Rp71 jutaan).
Model baru berbasis platform KLX230. Tetapi jarak main suspensi diturunkan agar ketinggian kursi menyusut. Berkat pengaturan peredam kejut baru, jauh lebih mudah dijangkau dengan seat height menjadi 830 mm (32,7 inci). Jadi tidak perlu menjadi ‘raksasa’ untuk meraih sepatu bot menapak sempurna di tanah.
Garpu depan teleskopik 230S berdiameter 37 mm memiliki travel 157 mm (6,2 inci). Menurut klaim pabrikan walau mengalami penurunan, saat melakukan pengereman kuat tidak bakal terjadi bottoming. Shock belakang Uni-track juga direvisi, lebih pendek dengan tingkat pegas lebih kaku, memberikan jarak main 167 mm (6,6 inci atau turun dari 8,8 inci). Penyesuaian itu menurut Kawasaki dapat meningkatkan penanganan dan penyerapan benturan.
Baca Juga: Varian Kawasaki KLX 150 BF dan BF SE, Dapat Apa Saja?
Rangka, jok, dan tangki KLX230S dirancang dengan mempertimbangkan kombinasi bentuk dan fungsi. Seperti jajaran motocross KX, desain tangki dan jok yang datar memberikan kebebasan bergerak saat ingin mengubah posisi berkendara dan memudahkan duduk lebih jauh ke depan. Selain berkendara dengan tujuan ganda, kenyamanan juga menjadi pertimbangan saat menentukan bentuk dan ketebalan jok. Antara shroud, jok, dan penutup samping semuanya rata, membuatnya lebih mudah bagi pengendara untuk bergerak di atasnya. Selain itu membuat tubuh bagian tengahnya mudah dipeluk dengan kaki, dan menawarkan kontrol sasis yang lebih unggul.
KLX230S masih mengandalkan mesin injeksi satu silinder, 233 cc SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan. Diameter dan langkah sebesar 67 x 66 mm dengan kompresi rasio 9.4:1. Menjanjikan perawatan hemat biaya dan ketahanan menyeluruh, dengan fokus pada pembangkitan torsi dari pada daya. Powernya diklaim mencapai 19 Hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 19,8 Nm pada 6.100 rpm.
Punya bobot kering hanya 133 kg dan ground clearance 210 mm. Lantas menggunakan ban ‘tahu’ dengan ukuran 2.75-21 depan dan 4.20-18 belakang. Untuk bagian pengereman, motor ini disokong cakram 240 mm di depan yang dicengkeram oleh kaliper piston ganda. Bagian belakang, master silinder belakang tipe KX dengan reservoir yang disatukan dan kaliper piston tunggal mencengkeram cakram 220 mm.
KLX230S mengambil isyarat gaya dari lini sepeda motocross KX. Memiliki tangki bahan bakar 8,6 liter (1,9 galon) dan dasbor instrumentasi yang mudah dibaca. Mencakup tombol ON/OFF, lampu indikator, lampu peringatan bahan bakar rendah, dan lampu peringatan FI.
Menurut Kawasaki, motor ini masih gesit dan bertenaga. Untuk membantu menanamkan kepercayaan ekstra pada pengendara saat di jalan raya, pihaknya juga menawarkan model versi ABS, yang disebut sebagai "sistem pengereman anti-lock dual-purpose pertama." (Bgx/Odi)
Baca Juga: Kawasaki Kenalkan Z650RS 2022, Era Retrovolution Dimulai
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.