Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series Dijual Terbatas di Indonesia
Kawasaki Ninja Anniversary series 40th rilis di Indonesia. Ada tiga unit: Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR. Semua memakai livery retro superbike terinspirasi Kawasaki ZXR750. Dilabur tiga warna: Lime Green, Pearl Crystal White dan Blue. Logo “Kawasaki” besar di fairing samping dan lambang HUT ke-40 juga menjadi salah satu ciri khasnya.
Di tangki bensin terdapat logo 40th Ninja Anniversary. Wujudnya serupa dengan stiker kejuaraan dan mengingatkan balap tahun 1980-an. Logo bertuliskan Kawasaki warna biru dan warna dasar putih yang terdapat di fairing samping diposisikan dengan ukuran dan keseimbangan ideal untuk setiap model.
Rangka dan swingarm Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR dicat perak, mengingatkan bagian aluminium yang digunakan pada 1980 dan 1990-an. Lalu front fork dari Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R di cat warna emas, terinspirasi dari front fork ZXR400/250. Warna emas digunakan seri Anniversary lebih cerah dibanding dengan pendahulunya. Warna Lime Green di roda bagian depan dan belakang juga menjadi ciri khas 40 tahun Ninja.
“Hadir dengan jumlah terbatas. Untuk Ninja ZX-10R sebanyak 5 unit, Ninja ZX-6R sebanyak 10 dan untuk ZX-4RR sebanyak 10 unit. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas antusiasme positif dari Kawasaki Lovers dan masyarakat Indonesia yang telah ikut meramaikan dunia otomotif khususnya sportbike. Ini merupakan salah satu collector’s item untuk penggemar Kawasaki,” ucap Michael C. Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion PT. KMI.
Untuk harga, Kawasaki Ninja ZX-10R 40th Anniversary dijual Rp590,3 juta. Sedangkan Kawasaki Ninja ZX-6R 40th Anniversary Rp399,9 juta. Paling terjangkau adalah Kawasaki Ninja ZX-6R 40th Anniversary yang dibanderol Rp246,3 juta.
Kawasaki Ninja ZX-4RR
Kawasaki Ninja ZX-4RR versi Indonesia menggunakan mesin berkubikasi 399 cc, 4-silinder, DOHC, 16-katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Rancang ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 77 PS atau 75,9 Hp pada 14.500 rpm saat ram air aktif dan torsi puncak 37,6 Nm pada 12.500 rpm.
Sementara untuk racikan bore x strokenya bermain di 57 mm x 39,1 mm. Dan kompresi dari mesin ini cukup tinggi yakni di 12,3:1. Bila mengacu rasio tersebut, maka motor ini disarankan untuk meminum bensin RON 98 atau setara Pertamax Turbo.
Dari segi fitur, ia memiliki kemiripan dengan Ninja ZX-25R. Di mana seluruh lampu sudah mengusung teknologi full LED dan penggunaan panel meter TFT yang informatif.
Suspensi depan upside down SFF-BP with spring preload adjustability and top-out springs. Belakang BFRC lite gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out spring.
Assist & Slipper Clutch, Economical Riding Indicator, Electronic Throttle Valves, Kawasaki Quick Shifter (KQS) up & down, Kawasaki Traction Control (KTRC), Power Modes 4 Opsi, Smartphone Connectivity, dan Anti-lock Braking System (ABS) 2-channel.
Baca Juga: Tawaran Supermoto dari Kawasaki, Pilihannya Beragam Mulai Rp30 Jutaan
Kawasaki Ninja ZX-6R
Untuk dapur pacunya masih mengandalkan enjin 636 cc DOHC, 16 valves, Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four. Sistem suplai bahan bakar tetap fuel injection 38 mm x 4 with oval sub-throttles. Powernya mencapai 129 Hp di 13.000 rpm (with Ram Air) dan torsi maksimum 69 Nm di 11.000 rpm. Disalurkan ke roda belakang melalui rantai dengan 6 tingkat percepatan.
Untuk fiturnya ada Kawasaki Quick Shifter (KQS) standar, Kawasaki Traction Control (KTRC) dan Power Modes (Sport, Road, dan Rain) yang tergabung dalam New Integrated Riding Modes. Pabrikan juga menambahkan Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System yang telah diperbarui, atau disingkat KIBS. Sistem ini mengambil data yang disediakan oleh sensor kecepatan di kedua roda, tekanan hidrolik kaliper rem depan, dan unit kontrol mesin (ECU) untuk memformulasikan bagaimana ABS diterapkan.
Di dasbor, terdapat layar TFT 4,3-inci full color baru dengan fitur konektivitas. Teknologi ini sekarang menjadi standar di setiap produk Kawasaki. Hal itu memungkinkan pengendara dapat menghubungkan ponsel cerdas mereka ke sepeda motor melalui aplikasi Rideology Kawasaki.
Tugas peredaman ditangani oleh Showa Separate Function Fork-Big Piston (SFF-BP). Menawarkan penyetelan preload di tutup garpu kiri, dan redaman kompresi serta rebound di sebelah kanan. Dikombinasikan shock belakang Showa dengan pengaturan penuh juga.
Kawasaki Ninja ZX-10R
Mengandalkan tipe mesin DOHC empat silinder segaris, 16 katup dan kubikasi 998 cc. Output daya mencapai 212 Hp dengan ram air aktif yang dituai pada putaran 13.200 rpm.
Terapan perangkat elektronik adaptif ada Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), IMU-Enhanced Chassis Orientation Awareness, Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), Electronic Throttle Valves, Electronic Cruise Control, Power Modes, Economical Riding Indicator, KIBS, ABS, Horizontal Back-Line Rear Suspension dan Smartphone Connectivity. (Bgx/Odi)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Kawasaki Unggulan
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor Kawasaki dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test