Kawasaki Kenalkan Z650RS 2022, Era Retrovolution Dimulai
Kawasaki membuka selubung Z650RS 2022. Ia disebut sebagai Retrovolution atau evolusi motor retro. Sekaligus menambah deretan motor berpenampilan klasik dan melengkapi trio moge motor kelas menengah Kawasaki. Dijadwalkan mulai tersedia di Eropa pada November 2021.
Kawasaki menyebut 2022 adalah tahun “Retrovolution”. Melalui Z650RS ini, bakal menjadi pelopor moge kelas menengah berperawakan retro. Banyak keunggulan unik, terutama tampilannya. Ia mewarisi keluarga Z yang eksis sejak 50 tahun silam. Desainnya pun didasari dari “son of Z1” Z650-B1 1977.
Z650RS baru mengadopsi detail retro dari Z900RS. Memadukan kesan klasik ke dalam model naked bike yang mudah diakses. Secara dimensi ditargetkan untuk pengendara muda. Ukurannya 2.065 x 800 x 1.115 mm (PxLxT), wheelbase 1.405 mm, ground clearance 125 mm. Mengingat kesamaan antara Z650 dan Z650RS. Tidak mengherankan kalau keduanya memiliki bobot hampir sama, 187 kg untuk RS dan 188 kg untuk Z650 reguler.
Tentu ada perbedaan antara Z650RS 2022 dengan Z650, terutama sasis. Ia gunakan rangka dengan tipe teralis tubular baru, memberikan respons ringan, gesit dan handling yang meyakinkan. Kemudian kapasitas bahan bakar sedikit lebih rendah dari Z650, Z650RS hanya membawa 12 liter. Sedang saudaranya 15 liter. Desain ramping juga memungkinkan kaki pengendara dengan mudah menapak tanah. Untuk versi Eropa memiliki tinggi jok 820 mm dengan opsi lowering kit menjadi 800 mm.
Kesan retro sangat terasa mulai dari desain headlamp hingga bagian buritan. Kian terpancar dari penggunaan lampu LED bulat. Dan tidak ketinggalan dioda horizontal pada bagian tengah lampu utama, buat berikan kesan modern. Ia datang dengan model tangki teardrop yang sangat ikonik dan juga bodi bagian belakang minimalis.
Sementara panel meter berbentuk “artilery shell” dengan gaya analog ganda dan tetap menghadirkan layar digital di tengah. Sektor penampilan juga semakin menarik berkat mengadopsi pelek multi-spoke keemasan. Serta spion bulat dan sepatbor mungil di belakang.
Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-10R MY 2021 Mengaspal, Paling Murah di Kelasnya
Salah satu warna spesialnya membangkitkan banyak kenangan Z650-B1. Cat dan grafis memakai hijau Kawasaki yang ikonik. Warna bagian ekor belakang kursi dan panel samping dibuat selaras untuk memberi penghormatan kepada seri Z yang lahir pada 1977. Bahkan jok dan pola jahitan dirancang cermat dan detail oleh desainer Kawasaki.
Selaras dengan jenis naked bike, bagian mesin benar-benar terekspos. Di situ bersemayam jantung mekanis berkapasitas 649 cc dua silinder DOHC, 8 katup berpendingin cairan. Mesin yang sama dengan Z650 dan Ninja 650 saat ini. Racikan diameter dan langkah pistonnya pun serupa yakni 83 x 60 mm, dengan rasion kompresi 10,8:1.
Ia disetel untuk mendapat respons maksimal di putaran rendah dan menengah, ditambah karakteristik kinerja putaran tinggi yang menyegarkan. Secara angka dirinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 64 Nm di 6.700 rpm. Gearbox juga identik dengan Z650, dengan enam kecepatan dan penggerak akhir rantai.
Spesifikasi untuk pengereman dan suspensi sebetulnya belum dikonfirmasi. Tetapi kami berasumsi kalua Z650RS masih membawa beberapa komponen sama seperti saudaranya. Itu berarti peredam kejut mengandalkan garpu konvensional berdiameter 41 mm dan suspensi belakang backlink horizontal yang bekerja maksimal terhadap guncangan serta preload dapat disesuaikan.
Sedang sektor pengereman dilengkapi cakram ganda 300 mm bergaya retro (bukan wave disc). Buat belakang cakram 200 mm dan semuanya sudah menggunakan sistem ABS dari Bosch. Kemudian silincer knalpot tetap menggunakan underbelly exhaust layaknya Kawasaki Z650 2022.
Kawasaki Motors menghadirkan tiga varian warna. Buat cat andalan ada Candy Emerald Green yang muncul dengan hijau ikonik dan sentuhan emas pada bagian velg. Sisanya tersedia Metallic Spark Black yang serbahitam dengan dibubuhi striping khusus dan juga Metallic Moondust Gray/Ebony. Untuk harga Kawasaki Z650RS 2022 paling murah dijual sebesar 7.549 Pounds atau sekitar Rp147,64 jutaan. Namun sejauh ini belum ada indikasi apakah ia diboyong ke Indonesia. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Kawasaki Vulcan S Model 2022 Bercorak Warna Gradasi
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Kawasaki Unggulan
- Populer
Artikel Motor Kawasaki dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test