JAKARTA – Selang 9 hari setelah menghadirkan Ninja ZX-25R yang menghebohkan itu, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali melansir model baru yang diumumkan resmi hari ini, Jumat (24/7/2020). Sebenarnya ini bukan model yang benar-benar anyar. Lebih pada sentuhan baru kepada salah satu varian andalannya, yaitu Versys-X 250 Tourer.
Motor tualang ini mendapat warna abu-abu plus Color & Graphic (C&G) baru. KMI menyebut C&G baru ini sangat berbeda dari warna abu-abu yang sebelumnya juga pernah dihadirkan di Indonesia. Terdapat logo bertuliskan Versys-X 250 pada bagian kiri dan kanan tangki yang membuat tampilan semakin sporty.
“Versys-X 250 dengan C&G baru ini dibanderol dengan harga Rp 67,9 juta,” tulis KMI dalam keterangan resminya.
Sayangnya ada beberapa fitu yang hilang dari model baru ini. Disebutkan jika motor ini tak lagi memilliki fog lamp dan juga tanpa dilengkapi rem ABS. Padahal harganya lebih mahal dibandingkan edisi sebelumnya yang dijual Rp 63,7 juta.
Spesifikasi
Secara spesifikasi, Versys-X 250 yang pertama kali hadir di Indonesia pada 2017 lalu, masih sama tidak ada ubahan. Motor dual purpose ini ditenagai dengan mesin berkapasitas 250cc yang menghasilkan tenaga 34 PS pada putaran mesin 11.500 rpm, serta torsi maksimum 21.7 Nm di kitiran mesin 10 ribu rpm. Sistem transmisinya menggunakan manual enam percepatan.
Tampilannya juga tak ada ubahan. Motor ini memiliki dimensi panjang 2.170 milimeter, lebar 940 mm, serta tinggi 860mm. Jarak terendahnya 180 mm, sementara ukuran tinggi jok 815 mm. Cukup pas untuk ukuran kebanyakan orang Indonesia. Motor Versys ini memiliki bobot 184 kilogram, dengan kapasitas tangki bensin 17 liter.
Perangkat lain adalah rangka backbone, suspensi depan panjang dan kombinasi velg 19 inci di depan dan 17 ini di belakang. Kawasaki Versys-X 250 hadir dengan paket performa “any road – any time”. Menawarkan kenikmatan berkendara tingkat tinggi dan percaya diri di segala situasi. (Raju)
Spesifikasi Kawasaki Versys-X 250: | |
MESIN | |
Type | : Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin |
Displacement | : 249 cm3 |
Bore and Stoke | : 62.0 x 41.2 mm |
Compression ratio | : 11.3:1 |
Valve system | : DOHC, 8 valves |
Fuel system | : Fuel injection: ø28 mm x 2 with dual throttle valves |
Ignition | : Digital |
Starting | : Electric |
Lubrication | : Forced lubrication, wet sump |
Max Power | : 34 PS / 11.500 rpm |
Max Torque | : 21.7 N.m / 10.000 rpm |
Transmisi | : 6 Percepatan |
RANGKA | |
Tipe rangka | : Backbone |
Ban Depan | : 100/90-19 M/C 57S |
Ban Belakang | : 130/80-17 M/C 65S |
Suspensi Belakang | : dia.41mm Telescopic |
Suspensi Depan | : Bottom-link Unitrak |
Rem Depan | : Cakram tunggal dia.290 mm |
Rem Belakang | : Cakram tunggal dia.220 mm |
Kapasitas tangki | : 17 Liter |
DIMENSI | |
Dimensi (PxLxT) | : 2,170 x 940 x 860 mm |
Sumbu Roda | : 1,450 mm |
Jarak Terendah | : 180 mm |
Tinggi Jok | : 815 mm |
Berat (Tourer) | : 184kg |
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.