Kawasaki Z H2, Motor Bertenaga Lebih Besar dari Jazz dan Yaris

JAKARTA, Motovaganza.com – Sejak diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 lalu, Kawasaki Z H2 menjadi figur idaman. Sesosok bengis Pabrikan Hijau, berbekal supercharger. Mulai awal April kemarin, versi naked Ninja H2 ini mulai mengaspal di Jepang, serta beberapa belahan Eropa. Dan dijual seharga GBP 15.149 – GBP 15.799, atau sekitar Rp 276 juta sampai Rp 288 jutaan di Inggris. Beginilah spesifikasi buasnya. Diperkuat mesin 998 cc empat silinder segaris DOHC 16-valve. Mendengar itu saja sudah bikin bergidik. Ini ditambah lagi supercharger, sistem induksi paksa yang diprakarsai gerakan piston, atau tenaga mesin. Otomatis, spontanitas tenaga makin terasa ketimbang turbocharger. Karena telah berfungsi sejak awal mesin menyala. Daya maksimal diklaim mencapai 197 hp dan torsi 137 Nm. Bukan tenaga main-main untuk motor seberat 239 kg. Tenaganya, bahkan lebih besar ketimbang hatchback terkemuka di Indonesia Yaris (105 hp) dan Jazz RS CVT (118 hp). Soal ukuran diameter dan langkahnya sendiri tentu dibuat overbore, sesuai karakter motor (76 x 55 mm). Makanya tenaga baru optimal di 11.000 rpm, sementara momen puntir pada angka 8.500 rpm. Penyalur ekstraksi daya pun dibuat layaknya motor balap. Girboks enam percepatan disematkan fitur quick shifter. Perangkat yang mampu membuat proses perpindahan gear tanpa kopling (setelah gigi satu), baik naik maupun turun. Tak luput, Assist dan Slipper Clutch memperhalus shifting. Sekaligus menunaikan tugas, agar tak terjadi selip dan terkunci pada roda. Tenaga raksasa sepertinya memang butuh pengamanan semacam ini. Baca juga: REVIEW: Kawasaki D-Tracker X, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Struktur

Mekanisme tadi juga terbungkus rangka teralis, high tensile steel. Serta turut diperbantukan fork upside down Showa, serta monoshock bermerek sama. Tentunya dengan berbagai pengaturan. Kompresi, rebound damping, preload, dapat diset dalam banyak level. Tinggal sesuaikan kebutuhan pengendara. Peranti keselamatan jelas optimal, mengingat ia berada di kasta atas. Dua piringan cakram 320 mm semi-floating buatan Brembo tangkas menghentikan laju. Berkat kaliper empat piston masing-masing. Di roda belakang menempel disc brake 260 mm kaliper dua piston. Lengkap bersama sensor ABS Bosch dua kanal, yang kinerjanya tetap terjaga saat menikung tajam sekalipun. Perangkat elektronik canggih ikut disertakan, memaksimalkan kemampuan Z H2. Semisal launch kontrol, bisa diaktifkan sewaktu-waktu pengendara ingin mencetak waktu akselerasi sempurna. Dari sensor yang sama, ia juga terjaga dari gejala wheelie. Jadi proporsi tenaga buas disalurkan pada momentum tepat. Tak terbuang sia-sia. Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R, Apa Kabar?

Fitur

Ada perangkat yang juga jempol. Kawasaki Traction Control (KTRC) turut tersedia dan bisa disesuaikan. Berpadu dengan tiga mode mengendara. Kemudian ada cruise control yang juga tersedia. Cukup menjelaskan bahwa ia tak hanya bisa menaklukkan track, tapi juga dapat dibawa berkelana jauh. Berikutnya konektivitas gawai. Cukup sinkronisasi dengan Bluetooth, segala informasi soal motor diterjemahkan ke genggaman tangan. Bahkan, mengatur riding mode saja bisa dilakukan dari situ. Panel instrumen pun sudah canggih. Selain memiliki layar full TFT, datanya lengkap. Tak perlu disebutkan satu per satu, namun kami rasa apa yang dibutuhkan lengkap tersaji. Terakhir mengenai bentuk, diferensiasi dengan Ninja H2 biasa tentu terletak pada ditanggalkannya fairing. Kawasaki Z H2 tetap mewariskan desain sang pendahulu, tak kehilangan identitas. Mungkin, karena gurat cover lampu yang seakan menyatu ke bagian sisi. Tak seperti naked bike pada umumnya. Secara bersamaan, kesan sporty berpadu dengan posisi duduk lebih tegak dan relevan jika diajak berjalan jauh, berkat handlebar tinggi dan lebar. Tak begitu merunduk. Baca Juga: Mengenal Kawasaki Z H2, Sosok Bengis Pabrikan Hijau Berbekal Supercharger HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Harga Masih Terjangkau, New Honda CB150 Verza 2025 Punya Warna Baru
    Harga Masih Terjangkau, New Honda CB150 Verza 2025 Punya Warna Baru
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2025
  • Mirip Honda Dream, Lihat Spesifikasi Solar Proud CBS 2025
    Mirip Honda Dream, Lihat Spesifikasi Solar Proud CBS 2025
    Anjar Leksana . 14 Apr, 2025
  • Ducati dan Lamborghini Hadirkan Panigale V4 Lamborghini, Superbike Kolektor Edisi Terbatas
    Ducati dan Lamborghini Hadirkan Panigale V4 Lamborghini, Superbike Kolektor Edisi Terbatas
    Muhammad Hafid . 11 Apr, 2025
  • Royal Enfield Catat Penjualan Tertinggi Sepanjang Masa, Tembus 1 juta Unit
    Royal Enfield Catat Penjualan Tertinggi Sepanjang Masa, Tembus 1 juta Unit
    Zenuar Yoga . 11 Apr, 2025
  • Solar Groove Urban 125 CBS 2025, Moped Lebih Murah dari Honda Super Cub
    Solar Groove Urban 125 CBS 2025, Moped Lebih Murah dari Honda Super Cub
    Anjar Leksana . 11 Apr, 2025
  • Praktis Bawa Banyak Barang Pakai Yamaha Gear Ultima Hybrid!
    Praktis Bawa Banyak Barang Pakai Yamaha Gear Ultima Hybrid!
    Bangkit Jaya Putra . 14 Apr, 2025
  • Tiga Naked Bike Terbaru, Cocok Dipinang Pascalebaran 2025
    Tiga Naked Bike Terbaru, Cocok Dipinang Pascalebaran 2025
    Zenuar Yoga . 14 Apr, 2025
  • Irit! Konsumsi BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid Tembus di 74 Km/Liter
    Irit! Konsumsi BBM Yamaha Gear Ultima Hybrid Tembus di 74 Km/Liter
    Bangkit Jaya Putra . 12 Apr, 2025
  • Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
    Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
    Zenuar Yoga . 10 Apr, 2025
  • Punya Mesin Baru dan Fitur Canggih, Siapa Saja Lawan Yamaha Gear Ultima?
    Punya Mesin Baru dan Fitur Canggih, Siapa Saja Lawan Yamaha Gear Ultima?
    Zenuar Yoga . 09 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025