Masih bagian dari road test Mitsubishi Xpander Cross CVT akhir tahun lalu. Mobil seharga Rp338,75 juta ini sebetulnya memiliki pengendalian unggul di kelas LSUV. Desain juga menarik. Kelengkapannya termasuk cukup, walau tanpa bantuan ADAS. Apakah layak dibeli? Mari bedah lagi apa saja kelengkapan maupun peranti pendukung kepraktisan berkendara di dalamnya.
Ia sudah keyless. Saat masuk ke mobil terasa mudah. Tinggal tekan tombol di gagang pintu. Syaratnya remot di dekat kendaraan. Begitu duduk di kabin Xpander Cross facelift terbaru. Suasana sporty, seakan siap mengajak untuk melancong dan menyatu dengan alam. Material pembungkus bangku pakai kulit sintetis. Duduk di balik lingkar kemudi pas. Jok depan memangku sempurna ujung paha secara optimal. Padahal biasanya mobil Jepang punya kursi pendek. Namun ini tidak. Benefitnya adalah, kaki tak mudah pegal saat berkelana jauh.
Baca Juga: Begini Perubahan Rasa Berkendara New Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT
Pandangan ke depan dan area sekeliling mudah dijangkau. Dengan tinggi penguji 172 cm dan jok diatur nyaman. Rasanya duduk di dalam Xpander Cross tidak terlalu tenggelam. Yang menyenangkan lagi, ia mengadopsi new steering wheel design seperti milik Mitsubishi Pajero Sport. Jadi, tumbuh kesan kekar di luar, gahar di dalam. Ada lagi penambahan fitur saat Anda menengok ke dalam.
Beberapa di antaranya wireless charger, camera 360 derajat untuk memudahkan parkir. Lalu 8 inch LCD meter cluster kayak Pajero Sport. Ia juga telah dilengkapi dengan micron air filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam interior. Bisa membunuh bakteri. Sehingga turut meningkatkan kenyamanan seluruh penghuni kabin. Sebagai pusat hiburan dan pemanja telinga. Terpasang floating head unit 9 inci berikut sistem speaker 2-way. Kualitas suara cukup, tidak istimewa. Padahal preset audio sudah dimaksimalkan. Sedangkan untuk frekuensi bawah (low) mesti ditingkatkan.
Head unit sudah disertai Android Auto dan Apple CarPlay. Tinggal colok ponsel pintar menggunakan kabel USB dan sambungkan di bawah dasbor. Kita bisa mengakses aplikasi tersedia di dalam. Tak hanya melakukan panggilan telepon. Tapi juga streaming musik favorit memakai sambungan internet. Bisa berinteraksi dengan seseorang lewat layanan pesan singkat. Dan guna membantu bertualang, ia sanggup menayangkan navigasi yang tersimpan dalam smartphone. Jadi, tidak repot lihat peta dari gadget langsung.
Lalu ada fitur cruise control yang memudahkan berselancar mulus di jalan bebas hambatan. Caranya, tekan tombol itu di bagian kanan setir, atur (set) kecepatan sesuai kebutuhan berkendara. Saad mode itu aktif. Laju mobil juga diturunkan atau dinaikkan lewat tombol. Kaki kanan tetap berjaga di pedal rem. Alangkah makin menyenangkan bila Xpander Cross punya Adaptive Cruise Control. Semoga Mitsubishi segera merevisi, agar menyusul ketinggalan dari pabrikan lain.
Fitur keselamatan dan keamanan lain, terbilang cukup. Kelak harus ditambah jika mau memenangkan kompetisi. Tersedia rem Anti-lock Braking System (ABS) Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist, Active Stability Control (ASC), Active Yaw Control (AYC) dan Pedestrian Protection. Tak ketinggalan, hanya sepasang SRS airbag di depan, lanjut Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold. Jika harga segitu dirasa kemahalan, Xpander Sport CVT atau Ultimate jadi alternatif. (Alx)
Baca Juga: Perbedaan Varian Mitsubishi Xpander Cross dengan Xpander Ultimate CVT
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.