All New Toyota Agya tipe G dan GR Sport memiliki diferensiasi cukup signifikan. Terutama dalam hal performa dan rasa berkendara. Agya GR Sport memang sengaja dijadikan sebagai ‘makhluk’ yang berlainan dibandingkan dengan tipe lainnya. Penyempurnaannya bukan hanya dari segi kosmetik belaka, tapi juga dari mekanis.
Tampang adalah cara yang paling mudah membedakan tipe GR Sport dengan G. Selaku tipe tertinggi yang tak lagi masuk kategori LCGC, penampilan GR Sport dibikin lebih stylish dan sporty dibanding G. Berkat penambahan sejumlah aksesori body kit plus pemasangan emblem GR di bagian fascia depan dan belakang kanan.
TAM memang sengaja membedakan eksistensi kedua tipe itu, untuk menggarab segmen pasar yang berbeda. Tipe G ditujukan untuk konsumen yang menginginkan hatchback yang mengedepankan kenyamanan, sedangkan GR Sport untuk kalangan driving enthusiast dan suka memodifikasi kendaraan. Jadi selain mengedepankan kenyamanan, GR Sport dikompromikan juga untuk performance di kelasnya. Makanya tampang dan karakter GR Sport dibuat lebih ‘agresif’.
Dari sisi dimensi, tipe G punya dimensi lebih pendek yaitu 3.760 mm, sedangkan GR Sport 3.830 mm. Untuk dimensi lebar, tinggi dan wheelbase keduanya sama yaitu 1.665 mm x 1.505 mm dan 2.525 mm. Kenapa tipe GR Sport lebih panjang? Karena faktor aksesoris bodi yang membuat dimensinya lebih melar, padahal ukuran aktualnya sama dengan tipe lain.
Namun, jika dibandingkan dengan Agya sebelumnya (Generasi 1), Agya generasi kedua ini memanjang 100 mm. Wheelbase juga melar 70 mm menjadi 2.525 mm dari 2.455 mm. Membuat ruang kabin menjadi agak lapang sehingga legroom menjadi lebih lega.
GR Sport sudah mendapat tempelan aksesoris dari mulai body kit bumper depan dan belakang sampai pemasangan side skirt. Headlamp LED dan rumah lampu kabutnya mendapat penambahan aksen hitam serta pemasangan fitur Follow Me Home. Perlu diketahui, seluruh tipe All New Agya sudah mendapatkan headlamp LED dan LED Illumination lamp.
Desain bodi semua tipe Agya teranyar sama. Memiliki garis-garis yang lebih tegas dari yang sebelumnya. Berkat desain baru, Agya memiliki performa aerodinamika yang lebih baik dengan coefficient of drag 3% lebih rendah sehingga performa mobil menjadi lebih lincah dan stabil.
Rombakan besar pun dilakukan pada bagian belakang dengan mengubah desain pintu bagasi, lampu belakang dan bumper belakang. Kemudian ditambahi dengan roof spoiler untuk membuat tampilan makin sporty. Kalau dilihat secara sekilas mirip, bagian belakangnya mirip dengan Toyota Raize.
Sektor suspensi mendapat perubahan signifikan. Komponen kaki-kaki mulai dari bushing sampai sokbreker mengadopsi komponen yang baru. Setingan kekenyalan suspensi pun berubah untuk mengejar kenyamanan dan kestabilan mobil.
Menurut PT Toyota-Astra Motor (TAM), bagian suspensi All New Agya dibuat lebih stiff 15 persen dibandingkan sebelumnya. Tapi khusus untuk tipe GR Sport teranyar, komponen suspensi yang dipakai berbeda dengan tipe E dan G. Komponennya dibuat secara khusus untuk varian tersebut dengan setingan kekenyalan yang berbeda.
Suspensi GR Sport dibuat lebih stiff lagi dari E dan G, tapi tetap mengedepankan kenyamanan. Mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid, diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering agar handling lebih responsif. Untuk mengetahui bagaimana level kekenyalan kaki-kaki GR Sport, Anda bisa membacanya di sini All New Agya GR Sport Lebih Stabil, Suspensinya Dibikin Lebih Stiff.
Pabrikan juga menerapkan pembeda ukuran ban untuk kedua tipe. Pada G memiliki dimensi R14, sedangkan GR Sport dibungkus karet R15.
Baca Juga: Rahasia Suspensi Toyota Agya GR Sport Lebih Stabil dan Gesit
Desain layout kabin G dan GR Sport sangat identik. Lebih dinamis dibandingkan yang sebelumnya. Strukturnya dibangun agar driving oriented. Terlihat dari rekayasa dashboard yang lebih bulky bergaris desain tajam. Desain konsol tengah dibuat menjadi gemuk dengan dudukan tuas transmisi model stick shifter yang kekinian.
Layout dashboard terkesan seperti tiga layer, di mana pada bagian tengah dashboard terpampang display layar sentuh model floating ukuran 7 inci untuk tipe G. Sedangkan pada tipe GR Sport mengadopsi layar sentuh 8 inci. Keduanya sudah dilengkapi fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB.
Tipe G dan GR Sport sudah tilt steering dan head rest terpisah baik untuk jok belakang dan depan. Keduanya sudah mengaplikasi sistem Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button. Tersedia juga paddle shifter dan Power mode untuk memaksimalkan distribusi. Tapi untuk tipe G, fitur ini hanya ditemukan di varian G CVT.
Electric Mirror juga menjadi fitur standar di G dan GR Sport, plus fitur Smart Entry System. Khusus untuk lingkar setir GR Sport sudah dilapisi dengan material kulit dengan aksen jahitan merah. Bagian interior lain yang membedakan adalah, jok pengemudi dan penumpang depan pada GR Sport memiliki desain semi bucket berbahan suede, untuk G berbahan fabric. Pada tipe tertinggi, terdapat pemasangan emblem GR di kursi depan, pijakan pintu depan dan belakang, di dashboard dan lingkar kemudi. Sedangkan jahitan aksen merah dapat ditemukan di rumah tuas transmisi, trim pintu dan jok depan.
Sarana infotainment tipe G dan GR Sport terpusat pada layar sentuh model floating di bagian tengah dashboard. Untuk tipe G berdimensi 7 inci, sedangkan GR Sport lebih lebar yaitu 8 inci. Di dalam display terdapat fitur T intouch yang melingkupi ragam fitur seperti Find My Car, Geofencing, Road Assistance dan lain-lain.
Khusus untuk tipe GR Sport, layar sentuh tersebut juga berfungsi sebagai kamera parkir. Untuk membaca segala informasi kendaraan, seperti jarak, rpm dan kecepatan dapat dilihat di layar MID TFT 7 inci yang berada di belakang kemudi. Segala informasi dapat dioperasikan melalui tombol-tombol yang berada di lingkar kemudi.
Dual airbag, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) menjadi fitur standar pada tipe G dan GR Sport. Rear Parking Sensor juga menjadi peranti standar, namun untuk rear parking camera hanya tersedia pada tipe GR Sport saja.
Semua tipe juga sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti Locking Braking (ABS) dan Electronic Braking Distribution + System Brake Assist .
Mesin yang dipakai sama yakni 3-silinder 1.2 liter dual VVT-i. Menghasilkan tenaga 86 hp (88 PS) dan torsi 113 Nm ke roda depan. Mesin Agya 2023 ini sama seperti dipakai oleh Toyota Raize dengan menyandang kode WA-VE.
PT TAM selaku APM mengklaim bahwa GR Sport memiliki karakter pengendaraan yang lebih stabil, cepat dan dinamis. Tendangan tenaganya pun lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Karakter setir tilt power steeringnya pun lebih padat dan responsif dalam membaca feedback.
OTO Group telah membuktikan sendiri karakter tersebut saat melakukan test drive All New Agya GR Sport di Pulau Dewata Bali selama tiga hari. Level fun-to-drive pada GR Sport memang lebih mengasyikkan dibandingkan tipe yang sama generasi sebelumnya. Untuk konsumsi bahan bakar, pabrikan mengklaim Agya generasi kedua lebih irit dibandingkan generasi pertama. Yakni pada 21 km/liter, sedangkan terdahulu 20 km/liter.
Harga All New Toyota Agya:
(Eka/Odi)
Baca Juga: Mau Beli Toyota Agya 2023 Terbaru, Cek Dulu Sejumlah Kekurangannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.