Teknologi Enhanced Smart Power (eSP) telah menjadi bagian dari seluruh lini produk skuter matik Honda, pertama kali diperkenalkan pada 2013 di skutik Beat. Sistem ini, menurut pabrikan, dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi energi terbuang, sehingga motor menjadi lebih irit bahan bakar, mesin lebih halus, dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal. Kini, terdapat perkembangan terbaru yaitu eSP+ yang dipasang pada New PCX160. Apa saja perbedaannya?
Dibandingkan dengan generasi eSP sebelumnya, eSP+ mampu meningkatkan kinerja mesin motor matic secara signifikan karena adanya perubahan pada komponen internal mesin.
Ada dua tujuan utama dalam pengembangan teknologi eSP+: meningkatkan performa mesin dan mengurangi gesekan saat pembakaran internal terjadi.
Perubahan besar pada eSP+ di mesin PCX160 meliputi penggunaan empat katup (valve), rasio kompresi tinggi, optimalisasi saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet, dan crankshaft yang lebih rigid. Di ruang filter, terdapat rectifier atau penyearah yang mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar dan mengurangi turbulensi udara.
Berikut adalah komponen-komponen yang terdapat dalam teknologi eSP:
ACG Starter: Mengurangi gesekan untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta mendukung fitur ISS (Idling Stop System).
Offset Cylinder: Mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.
Roller Type Rocker Arm: Menggunakan shell type needle bearing sebagai poros, mengurangi gesekan dan beban pegas katup.
Spinny Sleeve: Tekstur berduri pada dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna, mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lain.
Squish: Meningkatkan pengapian dan mempercepat pembakaran.
Tumble: Meratakan penyebaran bahan bakar untuk pembakaran yang lebih sempurna.
Teknologi eSP+ pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX160 dan kemudian pada Honda Vario 160. Menurut pabrikan, teknologi eSP+ memberikan akselerasi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dan menghilangkan gejala gredek pada putaran awal, bahkan saat menanjak dengan kecepatan rendah.
Ada tiga fitur lain yang mengoptimalkan Enhanced Smart Power:
PGM-FI: Sistem suplai bahan bakar dengan penyemprotan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
Pengereman CBS: Dengan menarik tuas rem kiri, rem belakang dan depan berfungsi bersamaan.
Idling Stop System (ISS): Mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS mematikan dan menyalakan mesin kembali secara otomatis hanya dengan memutar sedikit tuas gas, sehingga menghemat bahan bakar.
(Alx)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.