Mitsubishi Motors Vietnam menyediakan tiga tipe XForce. Sedangkan GLX CVT sebagai unit termurah. Di sana kendaraan dilego 620.000.000 VND atau setara Rp392,8 jutaan. Namun tetap lebih mahal dibandingkan Exceed di RI (Rp379,9 juta). Kalau dilihat dari tampilan luar, ada sejumlah perbedaan. Namun tidak terlalu mencolok. Yang pasti, mesin 1,5 liter Mivec tetap tertancap di balik bonet.
Untuk XForce GLX, gunakan pelek alloy 17 inci dikelir abu-abu gelap. Jadi tampilan enggak terlihat murahan. Dibandingkan tipe lain, ia tampil polosan di depan, tanpa imbuhan fog lamp (lampu kabut). Sisanya sama saja. Tersedia penerangan LED, baik headlamp di depan maupun lampu ekor. Terpasang pula power folding door mirror with side turn signal dengan pengaturan elektrik (body colored).
Baca Juga: Kans Mitsubishi Mendatangkan Xpander Hybrid Series ke Indonesia
Tengok interior XForce GLX. Konsumen sana disuguhi material jok kain (fabric). Kemudian panel instrumen gunakan jarum analog plus MID TFT 4,2 inci seperti Exceed di Indonesia. Lalu kelengkapan lain, head unit mengambang 8 inci berikut multisambungan. Sudah mendukung Android Auto & Apple CarPlay. Suara tersalur melalui empat speaker. Kemudian tombol steering switch terpasang buat pengaturan audio dan telepon.
Sebagai unit termurah, ia belum berbekal cruise control. Ada kamera mundur, tapi belum diberi sensor parkir. Terus pendingin udara kabin sudah digital, tapi bukan dual zone auto climate control. Juga belum diberi sistem Nanoe™ X. Kelengkapan perangkat keamanan XForce GLX berupa 4 airbag, Active Yaw Control, ABS, EBD, Brake Assist, active stability and traction control. Lanjut Hill Start Assist, emergency stop signal, speed sensing auto door lock. Tak ketinggalan sisipan electric parking brake & auto hold. Bikin praktis pengemudi saat berkendara.
Baca Juga: Mitsubishi Xpander HEV dan Cross HEV Meluncur, Harga Sama dengan Varian Bensin!
Dimensi Mitsubishi XForce GLX sama saja. Unit memiliki ukuran tubuh ringkas. Lihat saja, panjang mencapai 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm dan wheelbase 2.650 mm. Kemudian jarak bodi ke tanah 219 mm serta radius putar 5,2 meter. Sebagai penyangga roda depan, mobil menggunakan suspensi MacPherson Strut, serta Torsion Beam di belakang.
Jantung pacu XForce menggunakan kode 4A91. Dengan format empat piston DOHC 16 valve, keluaran tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Lalu pilihan penggerak melalui roda depan (FWD). Ia menggunakan matik jenis CVT, terkenal memiliki penyaluran mulus. Di Vietnam, konsumsi bahan bakar kombinasi diklaim capai 16,18 km/liter, di dalam kota 13,03 km/liter dan luar kota tembus 18,86 km/liter.
Catatan tambahan. Model ini merupakan barang impor utuh (CBU) dari Mitsubishi Indonesia versi setir kiri. Tak hanya itu. Bahkan XForce Ultimate sebagai strata termahal di sana berbekal sistem ADAS, Mitsubishi Motors Safety Sensing. Ya, lebih canggih dibanding model eksis di sini. Namun mereka belum merilis harga resminya berapa. Pertanyaannya, akankah MMKSI merilis tipe termurah dan terkomplet seperti di Vietnam? Tunggu info selanjutnya. (Alx)
Baca Juga: Tertarik Beli Kredit Mitsubishi L100 EV, Cek Dulu Simulasi Cicilannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.