Komparasi LCGC 5-Seater: Honda Brio Satya Vs Daihatsu Ayla Vs Toyota Agya

komparasi LCGC

 

KEY TAKEAWAYS

  • Paling pas disandingkan dengan mesin 1,2-liter semua, meski Agya-Ayla hanya 3-silinder

    Soal fitur keselamatan, Brio Satya harus mengakui kekurangannya
  • Market kendaraan LCGC di Tanah Air kian ramai. Sepanjang tahun lalu Honda Brio series merajai market nasional. Kini ia tak sendiri. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berbenah diri. Banyak sekali ubahan terjadi sebagai generasi anyar, demi memikat konsumen muda perkotaan. Di kelas ini, semua produk dilego tidak sampai Rp200 juta. Kelengkapannya pun bersaing antar-rival. Komparasi data teknis bisa dilihat di masing-masing tabel. 

    Spesifikasi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Mesin

    1.189 cc / 3 silinder

    1.189 cc / 3 silinder

    1.197cc / 4 silinder

    Tenaga

    88 PS

    88 PS

    90 PS

    Torsi

    113 Nm

    113 Nm

    110 Nm

    Transmisi

    D-CVT

    D-CVT

    CVT

    Harga OTR Jakarta

    Rp191,4 juta

    Rp189,9 juta

    Rp189,7 juta

    Performa berkendara tiga produk LCGC ini boleh dibilang setara. Semua menggunakan mesin berkapasitas 1,2 liter. Walau ada perbedaan jumlah silinder. Kalau dibandingkan di atas kertas. Brio Satya paling kuat. Namun torsinya kalah dibanding duo Agya dan Ayla. Kemudian sistem transmisi semua pakai CVT. Tapi produk Astra Group sudah lebih canggih dengan tambahan fix gear, bernama Dual Mode CVT.

    Brio Satya

    Yang jadi catatan sebelum membeli unit. Baik Toyota Agya maupun Ayla menggunakan mesin 3-silinder berikut sistem balancer. Namun saat mencoba tes jalan, getaran masih terasa sedikit. Tepatnya saat mobil dipakai di jalanan macet (padat) dan ketika mesin langsam. Honda Brio dengan empat piston malah terasa lebih mulus tanpa vibrasi enjin.

    Dimensi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Panjang

    3.760 mm

    3.760 mm

    3.800 mm

    Lebar

    1.665 mm

    1.665 mm

    1.680 mm

    Tinggi

    1.505 mm

    1.505 mm

    1.485 mm

    Wheelbase

    2.525 mm

    2.525 mm

    2.405 mm

    Ban

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    Selanjutnya mengenai kelapangan. Sebagai LCGC lima penumpang, dimensi Agya, Ayla dan Brio Satya saling bersaing. Tetap kompak sebagai mobil perkotaan. Jarak sumbu roda produk Toyota dan Daihatsu lebih panjang, menjadi 2.525 mm. Ketiga model itu menggunakan suspensi sama. MacPherson Strut terpasang di depan dan Torsion Beam sebagai penyokong belakang. Sedikit perbedaan tiap produk.

    Baca Juga: Rivalitas Abadi, Toyota Vios G TSS vs Honda City

    Daihatsu ayla 2023

    Dalam sudut pandang pribadi penguji. Karakter dan rasa berkendara Agya dan Ayla sangat mirip. Maklum, mereka diproduksi di tempat sama: Astra Daihatsu Motor. Untuk melindas jalan tak rata, generasi anyar ini terasa lebih luwes. Sedangkan bantingan Honda Brio relatif agak keras, namun masih dalam batas toleransi. Untuk melesat kencang, ketiganya cukup stabil. Dan memang mobil perkotaan bukan dipakai buat kebut-kebutan.

    Fitur

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    ABS

    Ya

    Ya

    Ya

    EBD

    Ya

    Ya

    Ya

    BA

    Ya

    Ya

    Ya

    VSC

    Ya

    Ya

    Tidak

    HSA

    Ya

    Ya

    Tidak

    Dual Air Bag

    Ya

    Ya

    Ya

    Kendaraan jenis LCGC 5-seater zaman sekarang semakin aman. Kelengkapan fitur safety tambah komplet seiring kesadaran keselamatan berkendara. Walau harga besaing dengan Brio Satya. Duo kembar Agya dan Ayla paling komplet. Produk Honda belum memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Selebihnya sama. 

    Toyota Agya GR Sport

    Kelengkapan

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Head Unit

    7-Inci+Konektivitas

    9-Inci+Konektivitas

    2Din Non-Layar

    Engine Start/Stop

    Ada / Keyless

    Ada / Keyless

    Anak Kunci

    Paddle Shift

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Lampu Depan

    LED + DRL

    LED + DRL

    Halogen

    AC

    Digital

    Digital

    Digital

    Lalu mengenai peranti tambahan. Dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya terlihat paling minimalis. Baik dari segi penggunaan layar hiburan, sistem kunci maupun lampu penerangan utama yang bertipe halogen. Meter cluster terpasang di ketiga model, sama menggunakan jarum analog. Penyejuk kabin sudah digital semua. Jadi ambil merek mana?

    Inferensi

    Jika mengambil sudut pandang mengenai fungsi serta kegunaan. Harga dan kelengkapan Daihatsu Ayla 1.2 CVT paling rasional. Sedangkan Toyota Agya G terpasang paddle shift, tapi Anda harus membayar lebih mahal. Kalau Honda Brio Satya, harganya mirip Ayla tapi fitur minim. Ia dijadikan opsi terakhir kalau konsumen terganggu dengan karakter mesin tiga silinder. Paling penting cek dana dan wajib test drive. Langsung rasakan sensasi berkendara ketiganya. Jadi bisa mengetahui unit mana paling sesuai kebutuhan mobilitas calon konsumen. (Alx/Odi) 

     

    Baca Juga: Komparasi Honda WR-V RS vs Toyota Raize GR Sport, Adu Lawan Terdekat

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
      OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2025
    • MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
      MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
      Alvando Noya . 17 Jan, 2025
    • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
      Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
      IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
      Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
      Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
      Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
      Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
      Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
    • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
      Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
      Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
      IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Alvando Noya . 31 Des, 2024
    • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Alvando Noya . 30 Des, 2024
    • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
    • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
      Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
      Alvando Noya . 30 Des, 2024
    • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
      5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
      Anjar Leksana . 27 Des, 2024
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
    • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      Anjar Leksana . 19 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2024
    • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024