Komparasi LSUV Transmisi Matik: Suzuki XL7 Vs Daihatsu Terios Vs Toyota Rush

Komparasi LSUV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Tersisa ketiga LSUV ini yang masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed

    Harga semuanya berbeda sangat tipis hanya ratusan ribu rupiah saja
  • Proporsi market LSUV di Indonesia sangat tipis dengan LMPV. Harga dua segmen ini saling beririsan, plus jumlah peminat besar. Penyegaran paling baru datang dari Suzuki XL7 Smart Hybrid yang kemarin dirilis. Lalu ada Daihatsu Terios facelift berikut segenap ubahan. Kemudian Toyota Rush GR Sport sebagai lawan terakhir. Seluruh model menggunakan transmisi jenis AT 4-speed konvensional. 

    Harga masing-masing model juga kacek sedikit hanya ratusan ribu. Spesifikasi teknis, fitur keamanan, dimensi, hingga kelengkapan saling beradu. Untuk lebih detail, Anda dapat simak di tiap tabel berikut. Setidaknya dapat membantu membandingkan value, sebelum menjatuhkan keputusan beli. 

    Performa

    Suzuki XL7 Alpha

    Model

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Tipe

    Alpha Smart Hybrid

    R Custom

    GR Sport

    Mesin

    1.462 cc VVT

    1.497 Dual VVT-i

    1.497 Dual VVT-i

    Tenaga

    105 PS

    104 PS

    104 PS

    Torsi

    138 Nm

    136 Nm

    136 Nm

    Transmisi

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    Harga

    Rp304,9 Juta

    Rp303,25 Juta

    Rp303,6 Juta

    Untuk kemampuan enjin. Baik Suzuki XL7, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush sama-sama bervolume 1,5 liter (pembulatan). Dilihat dari keluaran tenaga (dari mesin terpasang), XL7 unggul 1 PS dari yang lain. Lalu torsinya 2 Nm lebih kuat. 

    Yang membedakan, Terios dan Rush menggunakan penggerak belakang (RWD). Banyak konsumen percaya kalau sistem ini kian mantap saat diajak mengarungi jalan menanjak seperti di pegunungan. Sedangkan XL7 pakai gerak depan dan diyakini punya efisiensi lebih baik, karena energi tidak terbuang untuk memuntir gardan belakang. Ini kembali soal selera dan medan yang kerap dilalui konsumen.  

    Ukuran

    Terios R Custom

    Dimensi

    Suzuki XL7

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Panjang

    4.450 mm

    4.445 mm

    4.445 mm

    Lebar

    1.775 mm

    1.698 mm

    1.698 mm

    Tinggi

    1.710 mm

    1.705 mm

    1.705 mm

    Jarak Sumbu Roda

    2.740 mm

    2.685 mm

    2.685 mm

    Ground Clearance

    200 mm

    220 mm

    220 mm

    Ban

    195/60 R16

    215/60 R17

    215/60 R17

    Dimensi ketiga mobil juga sangat mirip. Tapi produk Suzuki berukuran agak besar dan punya jarak sumbu roda paling lebar (2.740 mm) sehingga memiliki center of gravity semakin baik. Terus urusan suspensi. Bagian depan Terios maupun Rush pakai MacPherson Strut dan belakang bertipe 5-link with coil spring. XL7 sama, namun penyangga roda belakang menggunakan Torsion Beam. Dalam sudut pandang pribadi, lebih pilih saudaranya Ertiga.

    Perangkat Keamanan

    toyota rush GR Sport

    Fitur

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Bantalan Udara

    2 Airbag

    6 Airbag

    6 Airbag

    ABS

    Ada

    Ada

    Ada

    EBD

    Ada

    Ada

    Ada

    Brake Assist

    Ada

    Ada

    Ada

    VSC

    Ada

    Ada

    Ada

    HSA

    Ada

    Ada

    Ada

    Rem Depan

    Cakram

    Cakram

    Cakram

    Rem Belakang

    Tromol

    Tromol

    Tromol

    Fitur keamanan juga hampir mirip. Seluruh model dibekali Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist. Kemudian rem depan cakram dan belakang tromol. Terios dan Rush varian tertinggi sudah tersedia enam bantalan udara. Sedangkan XL7 cuma dua di depan. Sayang sekali, mereka semua tidak berbekal ADAS.

    Fitur Pendukung

    Daihatsu Terios interior

    Kelengkapan

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Head Unit

    8 inci + Konektivitas

    7 inci Android + Apple CarPlay

    7 inci Android + Apple CarPlay

    Idle Stop System

    Ada

    Ada

    Ada

    Jok

    Kain

    Kain + Kulit

    Kain

    AC

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Wireless Charger

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Cruise Control

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Around View Monitor

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Bagian fitur pendukung kenyamanan berkendara. Di sini XL7 Smart Hybrid unggul karena tersedia cruise control. Selain bikin kaki rileks, perangkat ini dapat menjaga putaran mesin yang berujung efisiensi bensin. Rush dan Terios tidak tersedia. Kemudian Idle Stop System juga ada semua. 

    Sebagai inferensi. Dengan bantuan Smart Hybrid, maka dalam komparasi ini XL7 layak dapat prioritas. Memang tidak punya around view monitor, tapi Smart E-mirror cukup membantu. Kenyamanan berkendara juga bisa diandalkan. Suspensi luwes tapi stabil. Kalau Anda suka produk Astra, Terios facelift lebih komplet dibanding Rush GR Sport. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Komparasi Kompak SUV: Hyundai Creta Vs Honda HR-V Vs Wuling Alvez

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
      OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2025
    • MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
      MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
      Alvando Noya . 17 Jan, 2025
    • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
      Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
      IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
      Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
      Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
      Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
      Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
      Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
    • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
      Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
      Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
      Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
    • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
      IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
      Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
    • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Alvando Noya . 31 Des, 2024
    • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Alvando Noya . 30 Des, 2024
    • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
    • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
      Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
      Alvando Noya . 30 Des, 2024
    • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
      5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
      Anjar Leksana . 27 Des, 2024
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
    • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      Anjar Leksana . 19 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2024
    • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024