Komparasi LSUV Transmisi Matik: Suzuki XL7 Vs Daihatsu Terios Vs Toyota Rush

Komparasi LSUV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Tersisa ketiga LSUV ini yang masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed

    Harga semuanya berbeda sangat tipis hanya ratusan ribu rupiah saja
  • Proporsi market LSUV di Indonesia sangat tipis dengan LMPV. Harga dua segmen ini saling beririsan, plus jumlah peminat besar. Penyegaran paling baru datang dari Suzuki XL7 Smart Hybrid yang kemarin dirilis. Lalu ada Daihatsu Terios facelift berikut segenap ubahan. Kemudian Toyota Rush GR Sport sebagai lawan terakhir. Seluruh model menggunakan transmisi jenis AT 4-speed konvensional. 

    Harga masing-masing model juga kacek sedikit hanya ratusan ribu. Spesifikasi teknis, fitur keamanan, dimensi, hingga kelengkapan saling beradu. Untuk lebih detail, Anda dapat simak di tiap tabel berikut. Setidaknya dapat membantu membandingkan value, sebelum menjatuhkan keputusan beli. 

    Performa

    Suzuki XL7 Alpha

    Model

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Tipe

    Alpha Smart Hybrid

    R Custom

    GR Sport

    Mesin

    1.462 cc VVT

    1.497 Dual VVT-i

    1.497 Dual VVT-i

    Tenaga

    105 PS

    104 PS

    104 PS

    Torsi

    138 Nm

    136 Nm

    136 Nm

    Transmisi

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    4-Speed AT

    Harga

    Rp304,9 Juta

    Rp303,25 Juta

    Rp303,6 Juta

    Untuk kemampuan enjin. Baik Suzuki XL7, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush sama-sama bervolume 1,5 liter (pembulatan). Dilihat dari keluaran tenaga (dari mesin terpasang), XL7 unggul 1 PS dari yang lain. Lalu torsinya 2 Nm lebih kuat. 

    Yang membedakan, Terios dan Rush menggunakan penggerak belakang (RWD). Banyak konsumen percaya kalau sistem ini kian mantap saat diajak mengarungi jalan menanjak seperti di pegunungan. Sedangkan XL7 pakai gerak depan dan diyakini punya efisiensi lebih baik, karena energi tidak terbuang untuk memuntir gardan belakang. Ini kembali soal selera dan medan yang kerap dilalui konsumen.  

    Ukuran

    Terios R Custom

    Dimensi

    Suzuki XL7

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Panjang

    4.450 mm

    4.445 mm

    4.445 mm

    Lebar

    1.775 mm

    1.698 mm

    1.698 mm

    Tinggi

    1.710 mm

    1.705 mm

    1.705 mm

    Jarak Sumbu Roda

    2.740 mm

    2.685 mm

    2.685 mm

    Ground Clearance

    200 mm

    220 mm

    220 mm

    Ban

    195/60 R16

    215/60 R17

    215/60 R17

    Dimensi ketiga mobil juga sangat mirip. Tapi produk Suzuki berukuran agak besar dan punya jarak sumbu roda paling lebar (2.740 mm) sehingga memiliki center of gravity semakin baik. Terus urusan suspensi. Bagian depan Terios maupun Rush pakai MacPherson Strut dan belakang bertipe 5-link with coil spring. XL7 sama, namun penyangga roda belakang menggunakan Torsion Beam. Dalam sudut pandang pribadi, lebih pilih saudaranya Ertiga.

    Perangkat Keamanan

    toyota rush GR Sport

    Fitur

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Bantalan Udara

    2 Airbag

    6 Airbag

    6 Airbag

    ABS

    Ada

    Ada

    Ada

    EBD

    Ada

    Ada

    Ada

    Brake Assist

    Ada

    Ada

    Ada

    VSC

    Ada

    Ada

    Ada

    HSA

    Ada

    Ada

    Ada

    Rem Depan

    Cakram

    Cakram

    Cakram

    Rem Belakang

    Tromol

    Tromol

    Tromol

    Fitur keamanan juga hampir mirip. Seluruh model dibekali Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist. Kemudian rem depan cakram dan belakang tromol. Terios dan Rush varian tertinggi sudah tersedia enam bantalan udara. Sedangkan XL7 cuma dua di depan. Sayang sekali, mereka semua tidak berbekal ADAS.

    Fitur Pendukung

    Daihatsu Terios interior

    Kelengkapan

    Suzuki XL7 

    Daihatsu Terios

    Toyota Rush

    Head Unit

    8 inci + Konektivitas

    7 inci Android + Apple CarPlay

    7 inci Android + Apple CarPlay

    Idle Stop System

    Ada

    Ada

    Ada

    Jok

    Kain

    Kain + Kulit

    Kain

    AC

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Digital (Auto)

    Wireless Charger

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Cruise Control

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Around View Monitor

    Tidak

    Ada

    Tidak

    Bagian fitur pendukung kenyamanan berkendara. Di sini XL7 Smart Hybrid unggul karena tersedia cruise control. Selain bikin kaki rileks, perangkat ini dapat menjaga putaran mesin yang berujung efisiensi bensin. Rush dan Terios tidak tersedia. Kemudian Idle Stop System juga ada semua. 

    Sebagai inferensi. Dengan bantuan Smart Hybrid, maka dalam komparasi ini XL7 layak dapat prioritas. Memang tidak punya around view monitor, tapi Smart E-mirror cukup membantu. Kenyamanan berkendara juga bisa diandalkan. Suspensi luwes tapi stabil. Kalau Anda suka produk Astra, Terios facelift lebih komplet dibanding Rush GR Sport. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Komparasi Kompak SUV: Hyundai Creta Vs Honda HR-V Vs Wuling Alvez

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Lanjutkan Sukses Pameran, Ford RMA Gelar Promo Akhir Tahun
      Lanjutkan Sukses Pameran, Ford RMA Gelar Promo Akhir Tahun
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Mitsubishi Gelar Rainy Campaign, Promo Aftersales di Musim Hujan
      Mitsubishi Gelar Rainy Campaign, Promo Aftersales di Musim Hujan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • TEST DRIVE: Evolusi Kemewahan Rolls-Royce Cullinan Series II Beri Pengalaman Menyenangkan
      TEST DRIVE: Evolusi Kemewahan Rolls-Royce Cullinan Series II Beri Pengalaman Menyenangkan
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Toyota Sambut Positif Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Hybrid
      Toyota Sambut Positif Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Hybrid
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Mobil Lebih dari Sekadar Mobil: Kampanye Baru dari Mobil Lubricants
      Mobil Lebih dari Sekadar Mobil: Kampanye Baru dari Mobil Lubricants
      Zenuar Yoga . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Pakai VinFast VF e34, Taksi Xanh SM Resmi Beroperasi di Jakarta
      Pakai VinFast VF e34, Taksi Xanh SM Resmi Beroperasi di Jakarta
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Komunitas GR Enthusiast Rayakan Puncak HUT Perdana di Sirkuit Mandalika
      Komunitas GR Enthusiast Rayakan Puncak HUT Perdana di Sirkuit Mandalika
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Tawaran Oli Mobil Eneos untuk Kendaraan Berteknologi Modern dan Hybrid
      Tawaran Oli Mobil Eneos untuk Kendaraan Berteknologi Modern dan Hybrid
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Forwot Gelar Touring Sekaligus Bikin Diskusi Soal Tren dan Sinergi Masa Depan Industri Otomotif
      Forwot Gelar Touring Sekaligus Bikin Diskusi Soal Tren dan Sinergi Masa Depan Industri Otomotif
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Diler Resmi ke-7 BAIC Hadir di PIK 2, Gandeng Prestige Milik Rudy Salim
      Diler Resmi ke-7 BAIC Hadir di PIK 2, Gandeng Prestige Milik Rudy Salim
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
      Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
      Alvando Noya . 17 Des, 2024
    • 10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
      10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
      Setyo Adi Nugroho . 17 Des, 2024
    • Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
      Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
      Anjar Leksana . 16 Des, 2024
    • Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
      Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
      Ardiantomi . 09 Des, 2024
    • La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
      La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
      Eka Zulkarnain . 04 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
    • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
      Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
      Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
    • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
      Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
      Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2024
    • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
    • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
      First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
      Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024
    • First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
      First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
      Bangkit Jaya Putra . 28 Nov, 2024