Misal Anda punya bujet Rp400 jutaan lebih dan tertarik beli kompak urban SUV. Tak ada salahnya melihat perbandingan antara KIA Seltos lawan All New Honda HR-V. Keduanya berada di segmen setara. Harga terpaut tipis bila kita bandingkan di tipe menengah. Banyak perbedaan ditemukan. Mulai dari kelengkapan fitur, hingga penggunaan jenis mesin yang tak sama. Satu pakai turbo, satunya lagi mengusung naturally aspirated.
Siapkan dana Rp405,1 juta untuk membeli All New HR-V E CVT. Sedangkan KIA menawarkan Seltos 1.4 Turbo GT Line Rp433 juta. Kacek lumayan, Rp27,9 juta. Sebetulnya Honda juga punya varian RS Turbo. Namun kalau ditandingkan, harganya kelewat mahal yakni Rp515,9 juta. Nah, kalau bicara soal layanan purnajual. Jaringan bengkel resmi Honda memang jauh lebih banyak ketimbang KIA yang kini dipegang Indomobil Group. Tapi kalau di Jabodetabek harusnya tak terlalu susah.
Di balik bonet Seltos, tertanam mekanikal pacu 1,4 liter turbo DOHC. Embusan tenaga mesin bensin itu mencapai 140 PS pada 6.000 rpm dengan momen puntir 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Transmisi mengandalkan tipe otomatis 7 speed DCT (kopling ganda). Sementara Honda HR-V dibekali mesin naturally aspirated 1,5 liter yang juga sudah DOHC.
Formatnya empat silinder segaris i-VTEC + DBW (drive-by-wire). Berkat formulasi baru, enjin menyuplai daya 121 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi maksimal 145 Nm di 4.500 rpm. Output disalurkan ke roda depan pakai transmisi CVT. Wajar saja bila Seltos jauh lebih unggul dari HR-V. Dorongan turbo sangat membantu memadatkan tenaga dan momen puntir.
Kia Seltos memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Ban berukuran 215/60 dengan pelek 17 inci. Sementara All New HR-V mempunyai ukuran panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm plus jarak sumbu roda 2.610 mm. Ia pakai pelek 18 inci bercat gelap. Bicara kelapangan sebetulnya sangat imbang. Anda bisa lihat itu pada angka sumbu roda yang sama.
Jika dilihat dari segi bahasa desain, keduanya punya karakter urban SUV. Honda menukangi All New HR-V hingga berparas menawan dan aerodinamis. Tampilannya seolah menyiratkan kendaraan premium. Bolehlah kita acungi jempol untuk eksterior maupun tatanan dasbor. Sayang, panoramic glass roof harus buka tutup secara manual. Bikin penghuni mobil kerepotan.
Sementara Seltos yang ada di Indonesia belum model facelift seperti di mancanegara. Rancangannya tak bisa dibilang jelek. Ia tetap menarik. Lihat, sudut-sudut mobil dibuat tegak. Grille depan terpisah dua bagian ditemani bingkai kromium. Semua pencahayaan berteknologi LED pada semua tipe. Termasuk fog lamp dan lampu siang hari. Side skirt serta fender hitam tebal dijadikan aksentuasi kendaraan berkarakter tualang. Sebuah kemasan produk yang menarik.
Baca Juga: Harga Mirip, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Wuling Almaz Ex?
Bila Anda masuk kabin Seltos, tercium atmosfer premium juga. Setir menggunakan model tilt and telescopic plus audio control. Tipe tertinggi pakai pembungkus jok kulit sintetis. Wireless Charging, USB slot juga power outlet jadi standar pabrik. Kemudian sistem audionya keren. Tertanam head unit mengambang 8 inci. Ia bisa terkoneksi Bluetooth voice recognition, USB and Auxiliary connection, Apple Carplay, Android Auto dan rear view monitor. Itu semua bisa dinikmati sambil dengan auto climate control. Tak ketinggalan ada head up display.
HR-V juga tak kalah. Ia memiliki layar mengambang berukuran dan fungsi sama. Material kabin pakai kulit sintetis, auto AC with smart touch, audio switch. Namun belum tersedia wireless charging dan head up display. Lalu sentuhan material soft touch di beberapa panel dan gaya dasbor tampak menawan.
Fitur tertanam di Seltos cukup saja. Isinya berupa enam airbag (driver, passenger, side and curtain), pengereman ABS+EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist serta Cruise Control. Namun tidak berbekal teknologi ADAS. Sedangkan HR-V memiliki ABS + EBD, Brake Assist (BA), Auto Hold Brake, i-SRS airbag, Vehicle Stability Assist (VSA). Termasuk Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Motion Adaptive EPS.
All New HR-V makin menarik berkat sisipan Honda Sensing, meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM). Lalu Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).
Nah, bila dilihat dari value for money dan fungsi mobilitas di dalam sebuah kompak SUV. All New Honda HR-V jelas memiliki harga lebih murah dan kelengkapan unggul. Berkendara kian aman dan praktis lantaran Honda Sensing. Layak jadi prioritas. Tapi kalau Anda lebih suka kekuatan enjin Seltos yang kuat. Tak salah juga. Bila Kreta Indo Artha kelak membawa model facelift plus ADAS, maka mereka semakin lantang melawan rival sekelas. (Alx/Odi)
Baca Juga: Harga Sama Rp307,1 Juta, Adu Kemampuan Hyundai Stargazer Vs Mitsubishi Xpander
…Memuat Lebih Banyak