KOMPARASI: Yamaha Mio M3 Vs Suzuki Nex II

JAKARTA, Motovaganza.com – Banyak pilihan skutik entry level yang ditawarkan pabrikan di Tanah Air. Ada dua jenis motor yang bisa disandingkan, yaitu Suzuki Nex II dengan Mio M3. Keduanya merupakan skutik berbanderol murah dari masing-masing pabrikan. Mana yang lebih menguntungkan untuk dipilih? Yamaha Mio M3 ditawarkan dalam dua varian, tipe standar yang dijual Rp 16,350 juta dan varian tertinggi dengan tambahan fitur AKS dan SSS dibanderol Rp 17,270 juta OTR Jakarta. Sementara Suzuki Nex II tersedia dalam tiga varian, yakni Fancy Dynamic, Elegan Premium dan Cross. Ketiganya dilepas Rp 16,1 juta OTR Jakarta. Dari desain, Mio M3 terlihat lebih sporty ketimbang lawannya. Banyak garis tegas dan tajam di sekujur tubuhnya. Striping di bodinya lebih berkarakter, berkat warna mencolok dan didukung grafis beraura sport. Khususnya buat tipe tertinggi dengan pelek bewarna emas. Dimensinya sangat cocok untuk postur tubuh orang Indonesia. Ukurannya 1.870 x 685 x 1.035 mm (PxLxT) dengan jarak terendah ke tanah cuma 135 mm dan bobot keringnya hanya 94 kg. Spesifikasi rancang bangunnya itu mampu memberikan stabilitas yang mantap saat bermanuver di jalanan berliku. Tangki bahan bakar Mio M3 berkapasitas 4,2 liter dan bagasinya cukup luas dan lega untuk ukuran skutik entry level. Bisa buat menaruh jaket, sarung tangan ataupun benda kecil lainnya, sayangnya tidak muat untuk helm. Joknya empuk dan didukung pijakan kaki luas, memberikan kenyamanan maksimal saat mengendara.

Desain

Suzuki Nex II meski tak sporty sepert lawannya, tapi punya tampang lebih agresif. Diwujudkan dengan bentuk bodi depan serbatajam dan tubuh yang kompak serta ramping. Memiliki panjang 1.890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1.045 mm. Sangat cocok buat masyarakat Indonesia yang memiliki tubuh kecil. Bobotnya lebih ringan dari pesaingnya, yakni 93 kg. Berkat dimensinya yang kecil, dia sangat mudah dikendarai dan asyik diajak meliuk-liuk. Selain itu, bobot yang ringan berkontribusi terhadap konsumsi bahan bakar, lebih efisien. Agresifitas lainnya bisa dilihat dari bentuk headlamp yang dipadukan dengan cover depan melancip, khas motor sport Suzuki. Kapasitas tangkinya leboh kecil dari lawannya, hanya 3,6 liter dan bagasi juga tidak muat helm.

Mesin

Unuk mesin, Yamaha membekali Mio M3 dengan 125 cc SOHC silinder tunggal, 4 langkah berteknologi Fuel Injection Blue Core. Jantung pacunya mampu memuntahkan tenaga maksimal 9,5 hp di 8.000 rpm dan torsi sebesar 9,6 Nm di 5.500 rpm. Pabrikan mengklaim bahwa Mio M3 50 persen lebih irit dibanding Mio karburator keluaran 2008. Sehingga cocok dijadikan sebagai kendaraan dalam menemani aktivitas setiap harinya. Nex II menggendong mesin lebih kecil, cuma 113 cc SOHC dan berteknologi Fuel Injection. Jantung mekanisnya dapat menyemburkan daya sebesar 9,3 hp di 8.000 rpm dan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm. Teknologi pengabutan injeksinya di kombinasikan dengan SEP (Suzuki Eco Performance), mampu membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Fitur

Khusus untuk varian tertinggi sudah disematkan AKS (Advance Key System) dan SSS (Start Stop System). AKS sebuah kunci canggih berbasis remote yang di dalamnya terdapat teknologi Answer Back System. Bisa memudahkan pemilik mencari motornya di parkiran dengan menekan tombol satu kali. Fungsi lainnya adalah Auto Open Key Shutter yang bisa aktif saat ditekan selama dua detik untuk membuka lubang kunci otomatis, dan menyalakan lampu pada lubang kunci. Untuk rumah kuncinya dilengkapi dengan multifunction key, yaitu sistem 1 kunci dengan 3 fungsi. Bisa mengunci motor, menyalakan mesin, dan membuka bagasi. Sedangkan SSS merupakan sistem otomatis yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Untuk menyalakan kembali cukup putar tuas gas. Lainnya ada smart stand side switch, mesin tidak menyala ketika standar samping masih posisi turun. Sistem ini akan menambah keamanan saat hendak berkendara. Kemudian ada Smart lock yang dapat menjaga posisi motor saat berada di tanjakan. Karena dikenal irit, tersedia indikator khusus yaitu Eco Indikator. Spidometer dengan gaya trendi yang berbentuk hexagon atau segi enam. Meski masih berupa analog, informasi kondisi motor dapat dicaba dengan mudah.

Pencahayaan

Nex II memiliki LED headlight, sorot cahayanya lebih terang dibanding jenis bohlam. Lalu disediakan port USB untuk mengisi daya smartphone di kompartemen kiri. Salah satu variannya ada yang diberikan stiker berkelir cerah di bagian bibir. Dipasangkan pula Cover Muffler, yaitu penutup bagian knalpot sehingga pengendara atau orang lain terhindar dari panas. Keunggulan yang tidak dimiliki lawannya yakni pijakan kaki yang luas dan nyaman. Ukurannya mencapai 168 mm x 413 mm. Untuk memastikan motor mudah dihidupkan, disematkan Suzuki Easy Start System. Harga yang ditawarkan oleh Yamaha memang lebih mahal, itu karena kubikasi mesinnya lebih besar. Sementara Suzuki punya harga lebih terjangkau dan dilengkapi fitur modern, macam LED headlight dan port USB charger. Mana yang lebih layak dipinang? Tergantung kebutuhan dan selera Anda. Baca juga: Yamaha Mio M3 vs Suzuki Nex II Mana yang Layak Dipinang? ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024