Yamaha YZF-R15 hadir dalam dua varian. All New R15 Connected dan All New R15M Connected-ABS. Masing-masing dijual Rp38,9 juta dan Rp43,5 juta OTR DKI Jakarta. Khusus trim termahal mendapat lebih banyak fitur dan komponen layaknya moge (motor gede), apa saja?
TCS (Traction Control System) mulanya hanya tersedia di motor berkapasitas mesin besar. Namun seiring perkembangan zaman, teknologi TCS mulai tersedia di enjin kecil dengan harga yang cukup terjangkau, termasuk di All New Yamaha R15M.
Buat kelas motor sport 150-155 cc di Indonesia, boleh dibilang ia menjadi pionir yang memakai TCS (Traction Control System). Fungsinya mengurangi kemungkinan terjadi spin roda belakang ketika melintasi jalan yang licin atau berbatu.
Dengan adanya assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan. Keuntungan lainnya bisa dirasakan ketika engine brake. Roda belakang tidak mudah skid atau mengunci. Kemudian dengan adanya slipper clutch, maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling. Efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol.
Fitur ini juga biasa ditemui di mesin-mesin besar, namun sekarang sudah ada motor sport entry level. Komponen ini juga sudah ada dari model sebelumnya.
Umumnya fitur ini tersedia di motor sport full fairing 250 cc ke atas. Tapi sekarang telah dibenamkan ke YZF-R15M. Teknologi ini tentu saja dapat membantu pengendara memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling. Tetapi, fitur Quick Shifter di motor ini hanya untuk menaikkan gigi atau up-shift saja. Untuk menurunkan gigi pengendara masih harus menekan tuas kopling.
Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) saluran ganda melengkapi fitur yang lazim ditemui di moge. Tentu saja pengereman bersensor ini dapat diandalkan dalam hal keamanan dan kenyamanan.
Untuk sistem pengoperasian motor dirinya sudah dipasangkan big bike engine switch off. Maksudnya tombol starter menyatu dengan engine cut off. Tinggal tekan bagian paling bawah. Benar-benar memberikan kesan moge look yang kental.
Di trim tertinggi, ia mengusung triple clamp yang terisnpirasi dari YZR-M1. Komponen ini untuk memberi keseimbangan antara kekakuan dan kekuatan secara optimal. Bagian atas atau fork caps diberikan warna biru, lengkap dengan logo R15M.
Mengingat harganya yang sudah menembus Rp40 jutaan, pabrikan memberi komponen layaknya sebuah motor sport full fairing berkapasitas besar. Ya, terdapat special seat atau jok yang dilapisi dengan kulit bermotif carbon look.
Buat mempertegas ciri khas dari R series, dirinya telah dipasangkan 3D emblem logo di ujung cover tangki bahan bakar. Wujudnya mirip dengan R1M.
Mengusung panel instrumen bergaya racy dan luxury. Lagi-lagi mirip kepunyaan R1M. Sudah full digital dan memberikan informasi lengkap terkait speedometer. Menariknya ia memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode. Penyetelan bisa dilakukan dengan menekan tombol yang berada di konsol stang kanan. Tepatnya di bawah tombol hazard.
Yamaha Indonesia lagi-lagi menjadi pionir dalam hal teknologi konektivitas. Seperti yang telah dilakukan pada All New NMax, kini fitur Y-Connect juga dapat dinikmati oleh pengguna motor sport full fairing dikelas 150-155cc.
Berkat Fitur Y-Connect, pengendara bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone. Informasi yang didapat antara lain; notifikasi telepon dan pesan masuk di dasbor motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan Revs Dashboard.
Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya. Mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna sistem Communication Control Unit / CCU (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Yamaha Indonesia Rilis R15 Connected Series, Harga Naik Tipis
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.