Komponen YECVT Yamaha Nmax Turbo Dapat Garansi 2 Tahun

Yamaha Nmax Turbo

Yamaha Nmax Turbo membawa teknologi canggih. Salah satunya adalah YECVT atau Yamaha Electric Continuously Variable Transmission. Teknologi terdepan yang dikembangkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Teknologi ini menggunakan CVT Primary Sheave Assembly tanpa roller yang telah terintegrasi dengan komponen elektrik pada motor.

YECVT dikenal dengan pemeliharaan gratis, berbeda dengan CVT konvensional yang memerlukan pemeriksaan dan perawatan rutin saat servis berkala. Karena Nmax Turbo tidak memakai komponen roller, ini meningkatkan efisiensi baik dalam hal waktu maupun biaya perawatan.

Namun, Yamaha memberikan garansi untuk komponen YECVT Nmax Turbo selama dua tahun yang mencakup Motor Assembly, Sensor Primary, Speed Sensor (Secondary), dan Transmission Control Unit Assembly.

Garansi kedua adalah Garansi Mesin selama tiga tahun, yang mencakup Camp Comp, Fixed Screw Assembly, Sliding Screw Assembly, dan Primary Sheave Assembly.

Sejak peluncurannya pada Juni 2024, Nmax Turbo mengusung konsep dan teknologi baru. Keunggulan dan kecanggihan ini dibuktikan melalui Nmax Tour Boemi Nusantara (NTBN), sebuah kegiatan untuk menguji ketangguhan teknologi YECVT.

Touring NTBN melintasi Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi dengan total perjalanan lebih dari 6.000 Km. YECVT tidak hanya unggul dalam teknologi, tetapi juga menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pada CVT konvensional, perubahan rasio harus selaras dengan RPM, namun YECVT membebaskan aturan ini. Pengendara bisa mengatur rasio CVT pada berbagai RPM secara mandiri melalui fitur Y-Shift. Ini memungkinkan bikers untuk menyesuaikan rasio putaran mesin dengan pilihan Y-Shift yang mereka inginkan, sehingga performa akselerasi dan deselerasi dapat ditingkatkan dengan cepat.

Cara Pakai Y-Shift

Untuk mengaktifkan Y-Shift pada Yamaha Nmax Turbo, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, putaran mesin minimal harus berada di kisaran 3.000-3.500 rpm dan fitur ini tidak akan berfungsi jika putaran mesin melebihi 8.500 rpm.

Fitur Y-Shift level 1 akan aktif secara otomatis ketika tuas gas diputar penuh. Setelah itu, tekan tombol shift secara manual untuk beralih ke level 2 dan 3 dengan cepat. Putaran mesin akan meningkat hingga 8.500 rpm, memberikan akselerasi yang instan. Penting untuk tidak menunda terlalu lama saat menekan tombol shift dari 1 ke 3, karena jika rpm sudah terlalu tinggi, sensasi akselerasi instan tidak akan terasa.

Sebagai opsi kedua, setelah membuka gas secara konstan, tekan tombol shift sekali, lalu buka gas dengan cepat. Komputer akan langsung beralih ke shift level 2. Pengendara dapat segera menekan tombol shift secara manual untuk beralih ke level 3. Jika pengendara belum merasakan akselerasi, bisa memilih mode S melalui tombol Mode.

Contoh penggunaan Y-Shift dalam kondisi akselerasi adalah saat motor sudah bergerak. Yamaha menyebutkan skenario ini ketika pengendara ingin mendahului atau saat keluar dari tikungan.

Pengendara dapat menutup gas, kemudian menekan tombol shift 1 hingga 3 kali sesuai kebutuhan, lalu membuka gas sedikit atau konstan dengan rpm mesin yang ditahan. Setelah itu, buka gas sepenuhnya untuk merasakan dorongan instan pada motor.

Untuk deselerasi, Y-Shift diatur dengan menekan tombol shift saat memasuki tikungan atau saat melewati jalan menurun yang curam. Tingkat deselerasi atau sensasi engine brake akan meningkat sesuai dengan level yang dipilih.

Untuk merasakan efek ini, tutup gas dan tekan tombol shift 1 hingga 3 kali sesuai dengan kebutuhan deselerasi yang diinginkan. Efek engine brake dari Y-Shift saat deselerasi tidak akan menyebabkan ban belakang terkunci dan motor akan tetap stabil saat dikendarai.

Terdapat tiga metode untuk mematikan mode Y-Shift. Pertama, dengan membuka throttle secara tiba-tiba, ECU akan menonaktifkan fungsi Y-Shift. Kedua, dengan menekan tombol Mode satu kali. Ketiga, dengan menjaga throttle dalam posisi tertutup secara konsisten. (Bgx)

Baca Juga: Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M Makin Aerodinamis dengan Winglet

Jelajahi Yamaha Nmax Turbo

  • Tampak depan serong Yamaha Nmax Turbo
  • Samping kanan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang serong Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak depan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Samping Kiri Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang kanan serong Yamaha Nmax Turbo
Yamaha Nmax Turbo
Rp 32,7 - 45,25 Juta Cicilan : Rp 746.098

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Zenuar Yoga . 18 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Zenuar Yoga . 13 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Zenuar Yoga . 03 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 6: Eksplorasi Ranah Minang Lewat Tanjakan Viral
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 6: Eksplorasi Ranah Minang Lewat Tanjakan Viral
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024