Kontrol Maksimal Yamaha All New NMax dengan Dual Channel ABS di Touring Oase Pasundan

Yamaha Maxi Oase Pasundan

Fitur Antilock-Braking System (ABS) saat ini sudah jadi kebutuhan di motor skutik. Pada sepeda motor jenis ini, pengereman murni mengandalkan peranti yang tersemat di roda. Soalnya tak ada rasio gigi yang bisa diganti untuk mendapatkan efek engine brake dan membantu deselerasi. Rem pun harus berada dalam standar tertinggi demi menjaga handling yang maksimal.

Perjalanan Touring OTO ExploRIDEtion x Yamaha dari Jakarta menuju destinasi-destinasi menarik di Jawa Barat dirancang untuk menguji salah satunya performa pengereman dari Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS Version.

Rute yang kami pilih memang tak biasa. Dari perkotaan Jakarta menuju Pantai Selatan, Cianjur Jawa Barat. Medan yang tersaji seolah dibuat khusus untuk motor dengan pengereman yang maksimal.

Menuju destinasi pertama, Curug Panjang, di bilangan Megamendung Puncak, kami harus melewati jalan makadam. Jalur bebatuan lepas ini memang tak panjang, tak lebih dari 2 km sejak masuk perkampungan Megamendung. Namun medannya naik turun, karena kami akan mengunjungi air terjun yang indah.

Yamaha Nmax touring

Kecepatan kami relatif rendah, tak lebih dari 20 km/jam, namun ternyata memang butuh pengereman yang maksimal di sini. Bebatuan lepas dari jalan, jadi licin karena iklim hutan dan pegunungan yang dingin. Ketika harus melewati turunan panjang, kami tinggal menarik tuas rem semaksimal yang kami bisa. Tak perlu takut kehilangan traksi atau terpeleset karena rem terkunci, soalnya ABS selalu memainkan pompa hidrolisnya secara otomatis dan konsisten dengan putaran roda yang dibaca oleh sensor. Motor pun selalu dalam kondisi #KontrolMaksimal.

Tibalah kami di Curug Panjang yang indah. Air terjun ini, merupakan aliran sungai Cirangrang yang membentuk empat air terjun, Curug Panjang, Curug Blao, Curug Bunder dan Curug Barong. Air terjun ini memang bukan yang tertinggi di kawasan Puncak. Namun, alirannya yang unik, membentuk jeram layaknya seluncuran dengan visualisasi yang menarik. Air yang jatuh membuat danau kecil sedalam 7 meter. Di sekitarnya berdiri kokoh bebatuan besar yang bisa dijadikan lokasi bermain air. Suasana puncak yang sejuk, berpadu rindangnya pepohonan pinus menjadi sajian yang tak terlupakan.

Yamaha Maxi touring

Usai menikmati keindahan dari destinasi pertama, rombongan beralih ke kawasan Cianjur Selatan. Di sini, lagi-lagi performa peredaman laju All New Nmax 155 Connected/ABS diuji. Pada tengah hari, kabut tebal turun dengan sangat cepat. Membuat jarak pandang kami amat terbatas. Bukan 100 meter, bukan 50 meter, namun 20 meter pun ke depan sudah sangat sulit terlihat. Aspal hitam di jalan pun kian mengilap, terlapis kondensasi kabut yang membuatnya sangat licin. Sementara, jalanan masih dipenuhi medan menanjak dan menurun yang terjal.

Dual-Channel ABS pada Yamaha All New Nmax pun piawai menjaga roda dalam traksi maksimalnya saat pengereman kami lakukan. Kami pun tak perlu ragu meremas tuas rem baik tuas rem depan maupun tuas rem belakang, karena sistem selalu siaga menjaga cakram agar tidak mengunci.

 

Tentang Antilock Braking System

NMax adalah skutik pertama produksi Yamaha Indonesia yang dilengkapi dengan rem ABS. Sistem pemandu penurun laju ini selalu disajikan pada roda NMax sejak generasi pertama meluncur di tahun 2015. Dan saat generasi terbarunya diperkenalkan di akhir tahun 2019, All New NMAX, kembali menjadi pelopor sebagai yang pertama menerapkan teknologi dual channel ABS di kelas skutik 150-160 cc tanah air.

ABS punya beberapa komponen utama yang bekerja terus menerus secara simultan. Rem cakram dengan kaliper hidrolis, sistem pompa hidrolis, dan sensor kecepatan di roda. Saat tuas rem ditarik, sistem ABS akan memompa rem sesuai dengan kecepatan roda. Jika sensor mendeteksi ban selip, maka pompa akan membuka dan menutup rem agar roda tetap mendapatkan grip untuk deselerasi yang maksimal. (ADV)

 

Baca Juga: Nyamannya Perjalanan Oase Pasundan Berkat Fitur Yamaha Y-Connect

Jelajahi Yamaha Nmax

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax (2018-2019) dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2024
  • IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2024
  • Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ardiantomi . 12 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024