KTM 500 EXC-F Six Days 2022, Varian Khusus Dapat Pemanis Visual

KTM 500 EXC-F Six Days 2022

FIM International Six Days Enduro (ISDE) 2020 memang dibatalkan. Namun tidak menyurutkan niat KTM merilis produk spesial. Disiapkan untuk ISDE 2021 pada 30 Agustus di Lombardy-Piedmont, Italia, mereka mengeluarkan 500 EXC-F Six Days varian khusus. Pihaknya tidak menyebut berapa banyak unit yang dilepas ke pasar, tapi setiap tahun ada seri limited edition.

KTM 500 EXC-F Six Days merupakan jenis motor enduro atau dual sport street legal. Sebab dilengkapi part standar laik jalan raya seperti lampu depan, spion, lampu sein, stoplamp, plat nomor, lampu plat nomor dan kelengkapan surat kendaraan bermotor. Namun saat berada di lintasan enduro, peralatan itu tak lagi digunakan kecuali headlamp untuk pencahayaan malam hari.

Edisi khusus KTM 500 EXC-F Six Days dilepas ke pasar hanya beberapa minggu sebelum hari-H. Tentu saja, 500 EXC-F model standar tetap menjadi andalan para pembalap enduro, tetapi untuk edisi spesial selalu mendapat perhatian lebih. Sesuai dengan namanya, unit yang dijual terbatas itu mendapat tambahan komponen dari sisi visual dan performa.

Hal paling seksi yang yaitu kosmetik. Grafis dan warna yang menempel dibuat beda. Menampilkan stiker warna-warni di bodywork. Motif yang sekarang selaras dengan jajaran motor off-road KTM lain. Mengambil bahasa desain dari livery tim KTM Red Bull dan corak motorcross 1980-an. Jika tulisan Six Days besar yang terpampang di panel depan tidak menarik perhatian, logo Six Days di pelek, setang, dan knalpot mungkin lebih bernilai.

Kemudian perbedaan dengan versi reguler terlihat di Triple clamp CNC warna orange anodized dan sadel biru dengan garis-garis oranye. Tempat duduk rider itu dikatakan lebih lembut dan lebih mencengkram dibanding EXC-F biasa.

Tugas suspensi ditangani oleh fork WP XPLOR 48 mm (1,9 inci) terbalik di depan dan satu peredam kejut WP di belakang. Masing-masing dilengkapi dengan preload adjuster. Sebelum meminum bahan bakar, motor yang kokoh ini memiliki berat hanya 234 pon (106 kg). Penampung bensinnya berkapasitas 8,5 liter.

 

Baca Juga: KTM 450 Rally Factory Replica Hanya Dibuat 80 Unit

Mirip dengan model 2021, Six Days baru dilengkapi piringan cakram depan model floating dan belakang dengan material lebih kuat, serta kabel pengaman tuas rem (brake pedal safety wire). Front axle puller (penarik di bagian as roda depan) memungkinkan pengguna melepas roda depan dengan mudah untuk perbaikan cepat. Sementara Skid plate (pelindung mesin) standar mampu melindungi dari kerusakan lebih lanjut. Sementara model biasa dilengkapi dengan ban Continental TKC 80, model Six Days memamerkan karet dengan spesifikasi lebih tinggi dari jajaran produk Metzeler.

Karakteristik umum EXC-F juga layak disebutkan. Ia tetap membawa mesin silinder tunggal 510cc, SOHC, 4 katup, injeksi bahan bakar Keihin EFI dengan throttle body 42 mm. Rasio kompresinya 12,75:1 yang menghasilkan kinerja mesin luar biasa dan mengurangi risiko knocking mesin. Pihak pabrikan menggambarkan 500 EXC-F sebagai “mesin setengah liter paling ringan dengan performa buas’. Seluruh tenaganya dikirimkan ke roda belakang melalui gearbox enam kecepatan dan rantai penggerak cincin-X.

Pada saat artikel ini dibuat, informasi harga masih menjadi misteri, tetapi bila mengacu pada 500 EXC-F 2022, dihargai $11.799 atau setara Rp169 jutaan.

Sebagai informasi, kisah International Six Days Enduro (ISDE) FIM dimulai sejak 1913. Pertama kali berlangsung di Carlisle, Inggris. Sampai 1981, kompetisi ini dikenal sebagai ISDT (dengan huruf 'T' singkatan dari 'Trial'). Tetapi nama tersebut kemudian diubah untuk lebih mencerminkan sifat dari kontes ini. Maka itu namanya menjadi ISDE.

Sejak pertama kali digelar, ISDE baru dua kali absen. Itu tercatat pada perang dunia kedua dan pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal 2020. Event ini rutin digelar setiap tahun dan lokasinya selalu berpindah-pindah negara. Masing-masing negara boleh mengajukan diri sebagai tuan rumah, karena ini bisa dibilang olimpiade bagi balapan enduro. ISDE merupakan kejuaraan yang berlangsung selama enam hari non-stop. Pertandingan ini mengadu fisik dan skill pembalap enduro untuk menaklukan medan dan kondisi lintasan terberat di dunia.

Hal menarik yang selalu ada di gelaran ISDE, lebih dari 50 persen pesertanya menggunakan motor KTM. Dari situlah pihaknya selalu mengeluarkan motor enduro edisi spesial Six Days setiap tahunnya.

Pemberian nama Six Days di belakang seri motor sebagai tribute, apresiasi atau penghormatan terhadap FIM International Six Days Enduro. Kejuaraan ini sebuah event balap bergengsi off road paling lawas di kalender FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme). (Bgx/Odi)

 

Sumber: Autoevolution, Ride Apart, KTM

Baca Juga: KTM RC 8C Cuma Diproduksi 100 Unit dan Langsung Ludes Terjual

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan

Artikel Motor KTM dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 22 Okt, 2022
  • KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    Zenuar Yoga . 06 Des, 2021
  • Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2021
  • KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2021
  • Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 12 Mei, 2022
  • Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Zenuar Yoga . 19 Jan, 2021
  • Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Bangkit Jaya Putra . 19 Okt, 2021