KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

KTM patent

Akses terhadap teknologi semakin mudah. Fitur-fitur canggih beberapa tahun lalu tak lagi hanya ditempatkan pada kendaraan mewah. Seperti yang dilakukan KTM, dalam rilisan paten baru mereka menanamkan radar untuk cruise control. Menariknya hal ini dipasang ke motor segmen pemula.

Dari gambaran, sosok itu diduga Duke 390. Yang pasti padanan blok mesin merupakan silinder tunggal. Serta memakai tangki dan lampu layaknya naked sport medium jagoan grup oranye. Rangka teralis sampai subframe pun begitu. Tampak identik dengan Duke, meski bisa saja merupakan spesies baru nantinya. Sebab, KTM sedang dalam pengembangan juga untuk melahirkan sosok Supermoto dalam rentang mesin 125-390 cc.

Sesungguhnya, KTM tak hanya merilis satu kombinasi peletakkan radar. Pertama merupakan wujud lampu utama mirip Duke 1290, dengan bentuk sensor vertikal di tengah-tengah headlight. Sementara yang kedua, diletakkan pada dahi batok lampu Duke 390. Bukan vertikal, tepiannya benar-benar persegi dan berdimensi lebih besar. Sementara ketiga, dipasang pada separator lampu bulat. Di mana hal ini sedikit memberi teka-teki bahwa Husqvarna – merek segrupnya – ikut kebagian radar untuk kelas entry level.

Dalam sketsa paten dijelaskan pula radar dibuat oleh Bosch. Kita tahu, sudah banyak dan terbukti bekerja baik di merek lain. Semisal Ducati Multistrada V4, BMW R1250RT, mereka berdua sudah menerapkan sistem sama. Dan disuplai dari perusahaan sama. Menjadi langkah menarik ketika KTM tak hanya berencana memasukkan ke 1290, melainkan kelas bawahnya ikut kebagian.

Manfaat dari radar cruise control tentu tak cuma soal kenyamanan saat touring. Adanya sensor pembaca gerak ke kendaraan depan, membuatnya bisa menyesuaikan kecepatan. Atau biasa disebut adaptif. Alhasil tak perlu lagi repot menyeting cruise control ketika perjalanan dinamis. Pengendara tinggal ikut kendaraan di depan saat perjalanan jauh. Praktis.

Baca Juga: Kelebihan KTM 790 Adventure yang Perlu Anda Ketahui

Atas itu pula, jika benar ditanamkan ke Duke 390, akan menjadi naked sport paling canggih dengan harga ekonomis di pasaran. Ya, nilai jualnya boleh dibilang tak seberapa dibandingkan motor sekelas. Apalagi bawaannya pun sudah memukau.

Seperti layar TFT berwarna, telah ada sejak generasi lama. Isinya super lengkap dan informatif. Malah data-data tambahan sampai hiburan hadir. Karena layar dapat terkoneksi Bluetooth ke gawai. ABS, serta perangkat pengaman lain pun lebih dari cukup. Ditambah karakteristik suspensi buatan WP yang dikenal mumpuni menjadi paket dalam segala lini KTM.

KTM Duke 390

KTM 390 Adventure Berikutnya Disinyalir Ikut Dapat Sensor Canggih

Dari sketsa paten dan pengumuman soal radar ini, bukan tidak mungkin KTM 390 Adventure - sang bintang tahun 2020 – ikut kebagian fitur terkait di generasi berikutnya. Pasalnya secara konsep bahkan ia lebih berhak mendapat radar. Lantaran dipakai berpetualang yang notabene pasti jalan jauh.

Kalau benar begitu, entah apa lagi yang harus dilakukan kompetitor. Dalam keadaan standar saja, 390 Adventure mampu menarik perhatian atas segala yang dimiliki. Dari segi harga jual kompetitif, cuma Rp 119 juta OTR Jakarta karena sudah rakitan lokal. Performa, handling dan Fitur? Lebih lagi.

Mesin satu piston 373,2 cc DOHC empat katup punya ekstraksi daya besar. Kompresi pun dipadatkan hingga 12,6:1, mencatat tenaga maksimal 43 Hp di 9.000 rpm serta torsi 37 Nm memuncak pada 7.500 rpm. Dipadukan girboks enam percepatan dengan sistem assist dan slipper clutch. Berfungsi meringankan feedback tuas kopling, sekaligus menjaga risiko ban mengunci saat downshift agak keras. Menariknya lagi, waktu membawa motor ke medan berat tak perlu pusing dengan momentum tarik kopling. Karena sudah ada quick shifter yang bisa berfungsi untuk naik dan turun gigi.

Baca Juga: Gara-gara Las di Tangki Bahan Bakar, Honda CFR1100L Africe Twin di-Recall

Bagian menarik lain ada di area suspensi. Pabrikan Austria tak pelit memasang komponen peredam kejut papan atas. Fork upside down WP Apex 43 mm menopang bagian depan. Sekaligus dilengkapi empat tingkat pengaturan: Comfort, Standard, Sport, serta Full Payload. Mengubahnya tinggal memutar kuncian di atas shock. Spesifikasi yang hampir sama dengan milik kakaknya, 790 Adventure. Jarak mainnya sendiri mencapai 170 mm, alias menunjang untuk kebutuhan lintas alam.

Peredam belakang mengenakan monoshock bermerek sama. Jarak mainnya lebih panjang lagi, menyentuh 177 mm. Dan disertai pula pengaturan preload, damping, serta rebound yang dapat diatur secara manual. KTM meracik seluruh komponen bodi dengan material ringan. Sehingga bobotnya hanya 158 kg. Harusnya handling begitu presisi.

Ia sudah menerapkan sistem ride-by-wire. Mekanisme buka tutup katup gas elektronik ini tentu memberi dampak pada suplai bahan bakar presisi, sesuai kebutuhan. Momentumnya pun mestinya lebih akurat ketimbang jenis konvensional. KTM 390 Adventure pula memiliki beberapa seting penjaga traksi, sekaligus dapat dimatikan. Sehingga jika merasa belum professional menjinakkan tenaga sebesar itu, gejala spinning terminimalisir dengan baik.

Layar instrumennya pun lengkap. Dapat dikoneksikan ke gawai melalui Bluetooth, alhasil rider tak perlu repot berhenti untuk melakukan panggilan telepon. Semua bisa terintegrasi. Sistem hiburan, untuk mendengarkan music pun disediakan. Lengkap dengan tambahan navigasi turn-to-turn.

Informasi soal kondisi motor jelas komplet. Dari mulai dua trip meter, waktu perjalanan, tanggal, penghitung jarak dari sisa bensin, hingga penghitung konsumsi bahan bakar tercatat. Terus dikalkulasi seiring Anda melakukan perjalanan.

Menu di home screen bisa juga diset sesuai keinginan. Tinggal pilih, data apa yang dikehendaki. Menyoal info fundamental rasanya tak perlu dibahas lagi. Sensor-sensor penting tertera semua di layar digital. Terakhir, sistem pencahayaan 390 tak lagi diisi bohlam. Melainkan sudah full LED. (Hlm/Odi)

Sumber: Bennetts

Baca Juga: KTM 250 Adventure Tak Lama Lagi Rilis, Honda CRF250 Rally Punya Rival Kuat

Jelajahi KTM Duke 390

  • Samping kanan KTM Duke 390
  • Tangki BBM KTM Duke 390
  • Mesin KTM Duke 390
  • Stang KTM Duke 390
  • Suspensi belakang KTM Duke 390
  • Jok KTM Duke 390
  • sandaran jok KTM Duke 390
  • Rem depan KTM Duke 390
  • Rem belakang KTM Duke 390
  • Ban depan KTM Duke 390
  • ban belakang KTM Duke 390
KTM Duke 390
Rp 99,9 Juta Cicilan : Rp 2,28 Juta

Model Motor KTM

Motor KTM
  • KTM 250 Adventure
    KTM 250 Adventure
  • KTM 250 SX-F Troy Lee Designs
    KTM 250 SX-F Troy Lee Designs
  • KTM 300 EXC Hardenduro
    KTM 300 EXC Hardenduro
  • KTM 300 XC-W Hardenduro
    KTM 300 XC-W Hardenduro
  • KTM 390 Adventure
    KTM 390 Adventure
  • KTM 450 SX-F Factory Edition
    KTM 450 SX-F Factory Edition
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor KTM Duke 390 dari Oto

  • Berita
  • KTM 390 Adventure Meluncur, Bergaya Rally Dakar
    KTM 390 Adventure Meluncur, Bergaya Rally Dakar
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2019
  • Adu Ganteng, KTM Duke 390 vs BMW G310R
    Adu Ganteng, KTM Duke 390 vs BMW G310R
    Baghendra Lodra . 21 Jun, 2017
  • KTM Duke 690R Dikemas dengan Berbagai Fitur Menarik
    KTM Duke 690R Dikemas dengan Berbagai Fitur Menarik
    Preeti Khelani . 10 Des, 2015
  • KTM Menyingkap Sosok Duke 690 2016 Dengan Mesin Baru
    KTM Menyingkap Sosok Duke 690 2016 Dengan Mesin Baru
    Preeti Khelani . 23 Nov, 2015
  • KTM Super Duke 1290 GT Dipamerkan di EICMA 2015
    KTM Super Duke 1290 GT Dipamerkan di EICMA 2015
    Preeti Khelani . 19 Nov, 2015