KTM pertama kali memasarkan RC 390 pada 2013. Sudah delapan tahun tidak mendapat perubahan signifikan. Hanya beberapa penyegaran kecil dan tampilan keseluruhan tidak berubah sama sekali. Tapi model 2020 akan sangat berbeda. Desainnya diracik ulang dan wujudnya sebagian besar berbeda jauh dari sebelumnya.
Tak dipungkiri gaya KTM RC 390 model 2022 masih menganut seperti dulu. Tapi terlihat sekali terinspirasi MotoGP. Hampir setiap panel didesain ulang, dengan garis-garis tegas yang secara jelas mendefinisikan karakter sporty. Itu sengaja dilakukan pabrikan untuk meningkatkan ukuran keseluruhan rentang RC, tidak hanya memberikan tampilan visual yang mencolok tetapi juga buat mengoptimalkan aerodinamika. Sebagian juga dikerjakan berkat proses dinamika fluida komputasi.
Desain baru ini juga telah mengoptimalkan perlindungan angin dan cuaca. Seperti RC 390 asli, bagian hidung hampir seluruhnya terbuat dari plastik bening. Lampu depan dipasang rata, dan dikombinasikan sepasang lampu sein berbentuk bumerang di siap sisi.
Pabrikan memakai kombinasi panel bodi berlapis ganda, untuk mengarahkan aliran hawa panas menjauh dari pengendara. Dan KTM telah mengambil langkah yang tidak biasa untuk membuat sepeda motor lebih besar dari sebelumnya, mendapatkan manfaat aero dalam prosesnya.
Bodi belakang berkurang mungkin untuk profil yang lebih agresif. Di lain sisi, juga buat memamerkan sebanyak mungkin subframe teralis baja yang didesain ulang. Di atasnya terdapat ekor ramping dengan bantalan kursi pembonceng lebih tebal, menambah kenyamanan sekaligus mengurangi massa. KTM mengatakan bahwa rangkanya baru, 1,4 kg lebih ringan dari pendahulunya.
Panel bodi baru mudah dilepas, dengan pengurangan jumlah sekrup yang digunakan, serta sistem quick release. Hal ini membuatnya jadi lebih praktis. Namun, pembaruan paling menonjol untuknya bukan dari situ. KTM RC 2022 dikembangkan dengan fokus pada pengurangan bobot, dengan penghematan ekstensif yang dilakukan di seluruh sasis.
Baca Juga: KTM RC 8C Cuma Diproduksi 100 Unit dan Langsung Ludes Terjual
Sebagai motor sport sejati, perhatian khusus diberikan dalam meningkatkan ergonomi secara keseluruhan. Area lutut sekarang dikembangkan secara ergonomis, untuk memungkinkan gerakan pengendara lebih mudah dan lancar. Dibuat menjadi sesempit mungkin dengan area kontak seluas mungkin.
Kokpit dua bagian dengan dasbor TFT warna baru, menggantikan LCD yang tampak kuno dari model sebelumnya. Penahan kaca depan juga dirancang ulang, memanfaatkan area atas dengan aluminium cor dan komposit bagian bawah yang menahan lampu depan. Sementara tangki bahan bakar kini lebih besar. Sekarang dapat menampung 13,6 liter bahan bakar, sebelumnya 12 liter. Volumenya tambah banyak lantaran pihaknya ingin meningkatkan pengendaraan, kenyamanan, dan jangkauan.
Desain roda yang serbabaru menghasilkan penghematan berat 3,4 kg dibandingkan generasi sebelumnya. Sedangkan sistem pengereman ByBre anyar menghemat 960 gram yang mengesankan.
Suspensi juga telah mengalami penyegaran besar, dengan garpu depan upside-down 43 mm WP APEX yang dapat disesuaikan. Menampilkan 30 klik penyesuaian kompresi di sebelah kiri, dan 30 klik untuk rebound di kanan. Belakangnya dilengkapi dengan shock absorber WP APEX yang menawarkan penyesuaian preload dan pengaturan rebound 5 klik.
KTM RC 390 ditenagai oleh mesin satu silinder, 4-tak, DOHC, 373 cc, berpendingin cairan, dan injeksi bahan bakar elektronik. Saat ini dia sudah lolos uji emisi Euro 5. Untuk MY2022 punya desain kotak udara 40 persen lebih luas yang terletak di bawah tangki. Klaimnya menghasilkan torsi yang lebih tinggi dan respons throttle yang lebih baik. Dirinya juga menerima pemetaan yang lebih presisi buat meningkatkan akselerasi dan kemampuan berkendara secara keseluruhan. Di sisi lain, sistem pembuangan baru dengan pipa header stainless dan knalpot aluminium mengurangi berat badan dan mengeluarkan suara balap.
Dari sudut pandang elektronik, ia sudah dipasangkan Cornering ABS dan Cornering MTC yang sensitif terhadap lean, Quickshifter+ opsional, serta mode Supermoto ABS. Semuanya dipantau melalui layar TFT baru dan tentu saja dapat terhubung ke ponsel melalui aplikasi KTM My Ride. Memungkinkan pengendara untuk mengakses informasi penting secara sekilas, dengan tambahan fleksibilitas untuk menyesuaikan tampilan. Layar juga secara otomatis bisa menyesuaikan kecerahannya dengan cahaya sekitar.
Sebagai satu paket, KTM berjanji kalau jajaran RC model 2022 membawa lebih banyak ‘READY TO RACE’ ke dunia Supersport dengan kemampuan dan teknologi yang nyata. Unit barunya itu mulai tersedia di dealer pada Maret 2022. (Bgx/Odi)
Baca Juga: KTM 500 EXC-F Six Days 2022, Varian Khusus Dapat Pemanis Visual
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.