KTM RC 8C Cuma Diproduksi 100 Unit dan Langsung Ludes Terjual

KTM RC 8C

KTM punya cara untuk memuasakan hasrat balap pelanggannya. Dibuatlah motor khusus trek dengan sensasi mirip MotoGP. KTM RC 8C dirancang siap balap tanpa harus repot modifikasi atau mengganti komponen dulu. Saat mulai dibuka sistem pre order pada 22 Juli 2021, langsung dalam kurun waktu kurang dari lima menit. Tepatnya 4 menit 32 detik. Wajar, cuma 100 unit yang dibuat.

Tapi perlu diketahui, RC 8C bukanlah desain yang sepenuhnya baru. Akarnya bersumber dari Kramer GP2-R 890. Dibuat beberapa tahun lalu oleh mantan insinyur KTM dan dijual dalam jumlah kecil sebagai mesin trackday murni. Lalu akhirnya Kramer menggandeng KTM. Hasilnya unit dirakit ulang dengan menambahkan bodi terinspirasi MotoGP RC16.

KTM RC 8C

Sebelum menyelami bagian detail, RC 8C dikatakan mampu menghasilkan power 126,1 hp dengan torsi puncak 74,5 pound-feet. Tenaganya itu berasal dari mesin LC8c yang sama dengan KTM 890 Duke R, berkapasitas 889 cc berpendingin cairan delapan katup. Sehingga memiliki power-to-weight rasio yang mirip Moto2 .

Rangkanya merupakan turunan dari desain Kramer yang terbuat dari baja chromoly. Identik digunakan oleh GP2 890 R, menawarkan sudut kepala kemudi yang dapat disesuaikan, 23,3 derajat sebagai standar. Dan dapat digerakkan 1 derajat di kedua arah untuk stabilitas yang baik atau kemudi lebih cepat. Klem rangkap tiga CNC juga memungkinkan penyetelan offset menjadi 26 mm atau 28 mm. Footpeg, crash bar, tinggi kursi, dan kedua suspensi juga dapat disesuaikan untuk preferensi pengendara.

Baca Juga: KTM 1290 Super Duke RR Gendong Rasio Power to Weight Dahsyat

KTM RC 8C

Di bagian belakang terdapat unit ekor plastik mandiri, juga diambil langsung dari Kramer. Berfungsi sebagai tangki bahan bakar ganda. Karena memiliki dua penampung, bagian depan diberi ruang untuk kotak udara. Airbox yang lebih besar itu, dipadukan dengan knalpot Akrapovic dan perangkat elektronik yang dipetakan ulang. Makanya ia menghasilkan tenaga lebih besar 7 hp di atas Duke R 890. Sementara knalpot versi standar menghasilkan tingkat kebisingan 103 desibel. Tapi KTM juga bakal menawarkan 98 desibel untuk digunakan pada trek dengan batas kebisingan yang lebih ketat.

Seperti layaknya trackbike khusus, suspensinya juga cukup istimewa. Garpu mengandalkan WP Apex Pro 7543 dan shock Apex Pro 7746, menawarkan sejumlah besar opsi penyesuaian. Velg Dymag, rem Brembo Stylema, dan ban slick Pirelli Diablo 120/70R17 dan 180/60R17 sebagai standar dan opsi untuk menaikkan bagian belakang ke 200/55R17.

KTM RC 8C

Di bagian kokpit, ada dasbor balap AIM dengan layar TFT 5 inci. Terdapat pencatatan data berbasis GPS yang memungkinkan waktu putaran, posisi throttle, akselerasi, dan sejumlah informasi lain yang dapat diunduh dan dianalisis, untuk membantu rider melacak dan meningkatkan performa. Sebuah quickshifter atas/bawah juga disertakan, dan bahkan ada lampu hujan jika digunakan saat kondisi trek basah.

Bodinya terbuat dari bahan glass reinforced plastic (GRP) yang diperkuat dengan karbon-Kevlar. Disematkan pula winglet serat karbon aerodinamis untuk kontrol wheelie dan stabilitas kecepatan tinggi. Piranti swingarm scoop pun tak lupa dipasang untuk menambah downforce roda belakang sekaligus membantu pendinginan. Sebagai track bike yang dibuat khusus, panel bodi dirancang menggunakan mekanisme pengunci quick release system. Elemen lain dari desain Kramer yang dibawa ke RC 8C adalah komponen crash bar. Buat pelindung bodi dibaut ke rangka, di lengan ayun dengan material khusus serta di bagian bawah garpu.

KTM RC 8C

Sebagai produk dengan unit terbatas untuk kebutuhan lintasan balap, harga KTM RC 8C dipatok 38.999 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp567 jutaan.

Pihak KTM juga memberikan opsi kepada 25 pelanggan yang beruntung untuk ikut tes di KTM Factory Racing di Jerez bersama Dani Pedrosa dan Mika Kallio pada 7-9 Oktober 2021. Tentunya dengan biaya tambahan. Pembeli itu juga bakal mendapatkan stand paddock depan dan belakang, satu set ekstra velg Dymag dengan ban hujan, rem cakram cadangan, plus satu set penghangat ban, serta keramahan dan hotel selama tiga hari tes. (Bgx/Odi)

Sumber: Bennetts, Cycleword, Ride Apart

Baca Juga: KTM 450 Rally Factory Replica Hanya Dibuat 80 Unit

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan

Artikel Motor KTM dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 22 Okt, 2022
  • KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    Zenuar Yoga . 06 Des, 2021
  • Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2021
  • KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2021
  • Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 12 Mei, 2022
  • Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Zenuar Yoga . 19 Jan, 2021
  • Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Bangkit Jaya Putra . 19 Okt, 2021