Kymco Rilis K Rider 400 Facelift, Naked Bike Bermesin Kawasaki
KEY TAKEAWAYS
Kymco K Rider 400 sudah mengisi lini naked bike sejak 2016
Sekarang model facelift diluncurkan, masih tetap memakai mesin milik KawasakiKymco punya lini baru mengisi segmen motor gede (moge). Kymco K Rider 400 namanya, sebenarnya sudah mengisi segmen motor sport naked di Taiwan sejak 2016. Nah, di kuartal pertama tahun ini pabrikan memberikan sentuhan baru agar terlihat lebih segar dan bersaing di pasar.
Naked bike ber-DNA streetfighter ini ditawarkan sebesar 155.480 Dolar Taiwan atau setara Rp76,9 juta. Di pasar global Kymco K Rider 400 bersinggungan langsung dengan para kompetitor kelas kakap seperti Honda CB500F, Kawasaki Z400, KTM Duke 390, atau bahkan jadi alternatif dari Ducati 400 Sixty.
Bersaing di segmen moge entry level, Kymco K Rider 400 memiliki bentuk tubuh ideal. Mengacu laman resmi Kymco Global, ia memiliki panjang 2.115 mm, lebar 825 mm, dan tinggi 1.410 mm. Untuk spesifikasi roda menggunakan velg racing berukuran 17 inci dengan profil ban 120/70 di depan dan 160/60 di belakang.
Desain Kymco K Rider sedikit mirip Kawasaki Z400. Namun layout-nya terlihat lebih sport dengan bentuk fascia meruncing. Desain tangki bensin juga menarik dengan pemanis komponen shroud di sisi samping. Sementara di belakang punya gaya khas sebuah motor sport modern. Lampunya mengusung tampilan minimalis dengan garis LED yang atraktif. Oh iya, penempatan behelnya juga cukup menarik, diposisikan seperti tanduk.
Baca Juga: Kymco Hadirkan Saingan Yamaha Aerox di Cina, Lebih Kencang dan Canggih
Menyoal fitur, Kymco K Rider 400 sudah dibekali sistem penerangan lampu full LED. Baik di lampu depan, penanda sein, dan juga lampu belakang. Tak cuma itu, untuk mengikuti tren masa kini, peredam kejut (suspensi) depan sudah pakai upside down dengan pengaturan kekerasan yang diklaim menawarkan sensasi lebih rigid ketimbang tipe teleskopik.
Sementara panel meter sudah menggunakan model LCD full digital yang menampilkan ragam informasi penting dari sepeda motor, Misalnya keterangan kecepatan, RPM, indikator bensin, suhu, check enjin, jam, dan yang lainnya.
Untuk pengereman, pada roda depan sudah pakai model cakram ganda dengan kaliper radial plus peranti ABS (Anti-lock Braking System) 2 kanal dari BOSCH. Nah guna mendukung aktivitas pengendaranya sudah tersedia juga dermaga pengisian gawai model USB di balik batang suspensi depan.
K Rider 400 dipersenjatai mesin DOHC berkubikasi 399,1, 2-silinder (parallel twin), 4-tak, berpendingin cairan, dan sudah injeksi. Dengan layout mesin itu, Kymco K Rider 400 mampu menghempaskan tenaga maksimal 43,5 daya kuda dan torsi puncak hingga 37 Nm.
Sekadar informasi, mesin yang diusung K Rider 400 ternyata berbagi platform dengan jantung pacu kepunyaan Kawasaki Z400 dan Ninja 400. Untuk berat totalnya, motor ini memiliki bobot kering (tanpa oli dan bensin) 205 kilogram.
Rasanya menarik jika motor ini menjadi salah satu rencana produk yang bakal dijual oleh Kymco Indonesia. Mengingat sampai saat ini mereka hanya bermain di segmen skuter dan ATV saja. Bagaimana, Anda tertarik? (Kit/Odi)
Baca Juga: Kymco Ionex Diperkenalkan, Skuter Listrik Perkotaan Berdaya Jelajah 200 Km
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Kymco Unggulan
- Populer
Artikel Motor Kymco dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test