Lancia Bakal Terjun Lagi ke WRC
Rumor kembalinya Lancia ke arena motorsport reli tampaknya akan menjadi kenyataan. Lancia, produsen mobil Italia yang pemegang sepuluh gelar juara konstruktor dalam Kejuaraan Rally Dunia (WRC) antara tahun 1974 hingga 1992, telah mengumumkan rencana pengembangan mobil untuk kembali berkompetisi.
Baru-baru ini, Lancia telah menghidupkan kembali merek legendaris HF (High Fidelity) mereka pada bulan Maret. Merek ini berfokus pada kendaraan berkinerja tinggi, dengan Ypsilon HF sebagai model terbaru yang memiliki tenaga mekanis elektrifikasi dan dijadwalkan untuk debut pada tahun 2025.
Pabrikan ini juga telah memastikan pengembangan mobil berbasis Ypsilon versi Rally4, yang akan menggunakan mesin pembakaran konvensional. Versi Rally4 ini akan menggunakan mesin turbocharged tiga silinder 1.2 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 212 horsepower.
Berdasarkan laporan sebelumnya, langkah menuju kelas Rally4 yang merupakan kategori produksi dengan penggerak dua roda, tampaknya menjadi pilihan yang paling logis bagi Lancia untuk kembali ke ajang kompetisi. Selain itu, mobil ini akan dilengkapi dengan transmisi manual 5 kecepatan dan differential terbatas mekanis.
Meskipun demikian, masih belum jelas kapan Ypsilon Rally4 akan melakukan debutnya di dunia reli. Diharapkan, Ypsilon Rally 4 HF tidak hanya akan menghidupkan kembali semangat penggemar rally dan melahirkan generasi juara baru, tetapi juga menunjukkan bahwa Lancia masih relevan dalam dunia motorsport.
"Lancia telah memutuskan untuk kembali ke arena reli, memulai dari kategori Rally4 yang merupakan inti dari kompetisi. Kategori ini melambangkan semangat reli yang autentik, dengan pembalap muda sebagai tokoh utama yang memulai karier mereka dengan ambisi menjadi profesional," ungkap Lancia dalam siaran persnya.
Untuk diketahui, Lancia adalah merek yang dimiliki oleh Stellantis Group. Grup induk ini sudah memiliki dua wakil di Rally4, yaitu Peugeot 208 Rally4 dan Opel Corsa Rally4, yang keduanya dibangun dengan platform dan komponen yang sama (mesin, gearbox, dan suspensi).
Lancia dikenal berkat Delta dan Delta Integrale yang membawa Juha Kankkunen dan Miki Biasion meraih empat gelar antara tahun 1987 dan 1991. Lancia juga memenangkan gelar konstruktor selama era keemasan Grup B WRC dengan 037 pada tahun 1983, dan sebelum itu, meraih tiga gelar konstruktor berturut-turut dengan Stratos dari tahun 1974 hingga 1976. (Hfd)
Baca Juga: Honda Pamer NSX GT3 Evo di Sirkuit Nürburgring Bersama Pembalap F1
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test