Dalam kriteria mobil 7-seater yang kami rekomendasikan, masuk All New Daihatsu Xenia. Apalagi generasi terbaru ini, perubahan drastisnya menambah banyak value dibanding model lawas. Tak hanya fitur dan akomodasi, tapi juga performa, efisiensi hingga kenyamanan.
Namun ada yang menarik dari unit Xenia yang kami pinjam. Ini adalah Xenia tipe X bermesin 1,3-liter. Berarti trim terendah kedua di atas tipe M paling murah. Ya, bagi kami bukan sembarang varian bawah. Ia bisa dinilai sebagai LMPV paling affordable di pasaran sekarang. Harganya cuma Rp221,35 juta. Pantas, populasinya sering terlihat di jalan. Menandakan penerimaan konsumen sangatlah bagus. Meski bukan terlengkap, tentu banyak hal bisa dikorek dari mobil termurah dalam line-up Lebaran Drive 2023.
Tampilan Xenia X memang tergolong sederhana dibanding tipe R. Tapi lebih proper daripada tipe M yang terlalu spartan. Tanpa hiasan kromium atau riasan kosmetik berlebih, Xenia X bisa dibilang tampak sangar. Apalagi kelir hitam ini, hampir semuanya serba gelap begitu pula warna pelek alloy gun metal. Sorot lampu depan sudah LED, namun konsumen tak diberi fog lamp atau lampu kabut.
Mudah membedakan antara Xenia atau Avanza generasi terbaru sekarang. Mukanya punya ciri tersendiri. Xenia punya dua area grille terbagi dengan imbang. Sehingga tidak ada bagian yang terlalu berlebih. Sekilas lebih menarik, tapi balik lagi ke selera masing-masing. Profil tubuh masih khas MPV. Bodi memanjang, dan berkat sasis monokok tongkrongan pun jadi rendah.
Mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), akomodasi dan kenyamanan penumpang jadi prioritas utama. Layout berubah total dari sebelumnya gerak roda belakang (RWD), beralih ke gerak roda depan (FWD). Sasis monokok membuat seluruh dimensi membesar. Alhasil bisa menciptakan kepraktisan tinggi dalam konfigurasi penumpang maupun barang.
Dibanding model lawas, semua sisi membesar. Sekarang berukuran 4.395 x 1.730 x 1.690 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.750 mm. Sehingga sanggup menciptakan ergonomi tinggi dalam konfigurasi tujuh penumpang. Paling menarik ragam pengaturan kursi. Baris kedua dan ketiga bisa dibuat ala sofa.
Desain dasbor mengambil pendekatan ergonomis. Semua serba fungsional dan memudahkan pengoperasian. Fiturnya modern. Head unit monitorpunya fungsi Android Auto dan Apple CarPlay. Sekaligus menampilkan pemandangan 360 derajat sekeliling mobil yang bakal disukai para kaum Hawa. Kualitas kabin tak terasa murahan. Pengaturan AC pun sudah digital. Kompartemen depan cukup banyak untuk menyimpan barang-barang ringan. Lalu jok masih pakai material fabric, semua dalam balutan kelir hitam.
Standar kelengkapan Xenia X memang tak banyak. Namun dari daftar yang ada, semuanya sudah sesuai kebutuhan berkendara sehari-hari. Untuk varian manual ini, memang tidak diberikan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Namun sudah ada ABS+EBD plus dual airbag, serta sensor parkir. Sektor pengereman mengandalkan cakram berventilasi di depan plus drum di belakang.
Xenia 1.3 X mengusung mesin 1NR-VE 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Daya dihasilkan sebesar 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm. Perubahan format penggerak ke roda depan (FWD) menambah responsif dan efisiensi bahan bakar. Apalagi ditunjang transmisi manual 5-percepatan yang cekatan. Kenyamanan juga menjadi nilai tambah bagi Xenia terbaru. Untuk varian 1.3L ditopang pelek 15-inci yang berarti ban lebih tebal. Cukup mempengaruhi bantingan suspensi depan MacPherson Strut dan Torsion Beam jadi semakin nyaman. (Odi)
Baca Juga: Cari LMPV Bertransmisi CVT Termurah, Daihatsu Xenia 1.3 X Jawabannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.