Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023 merupakan duo kembar, namun beda. Memang betul menggunakan konfigurasi platform sama: DNGA. Namun langkah strategi pemasaran semakin dibuat berlainan. Mereka punya tugas masing-masing dalam menjaring tiap lapis kebutuhan masyarakat. Produk ADM tetap mempertahankan mesin lawas 1,0 liter dan pakai 1.2 WA-VE dengan opsi transmisi D-CVT anyar.
Mesin generasi anyar Daihatsu Ayla varian menengah ke atas diambil dari Rocky. Enjin berkapasitas 1,2 liter WA-VE tiga silinder. Hasil ekstraksi piston sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Dorongan torsi maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui transmisi manual 5-speed dan D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Sama dengan kepunyaan Agya baru. Semua varian tetap di pasar LCGC. Mereka siap gempur Brio Satya yang jadi mobil terlaris nasional sepanjang 2022.
Daihatsu sengaja menanamkan pemacu 3-silinder 1,2 liter buat Ayla. Karena dibilang memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar. Konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat didapatkan sejak putaran mesin rendah. Diklaim sanggup menyuguhkan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model lama. Penggunaan transmisi baru turut menyumbang penghematan bensin kala berkendara.
Baca Juga: Beda dari Toyota Agya, Generasi Baru Daihatsu Ayla 2023 Punya Dua Mesin
Sedangkan buat trim bawah bawah. Ayla 2023 mempertahankan jantung mekanis 1KR-VE, tiga silinder 998 cc VVT-i 12 katup. Daya dihasilkan hanya 68 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm. Opsi transmisi sama. Ada manual maupun D-CVT. Ia bertugas menyasar pasar pembeli pertama segmen LCGC, dengan harga lebih murah. Tapi lebih mantap ambil varian 1.2L sekalian.
Fitur keamanan lumayan cukup sebagai penghela laju kendaraan. Ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control serta Hill Start Assist, Dual SRS Airbag. Namun sayang, masih kalah canggih dibanding Perodua Axia. Alya di Indonesia tidak diberi teknologi ASA atau Advanced Safety Assist.
"Kami selalu memberikan inovasi terbaru bagi produk Daihatsu. Februari lalu kami membawa All New Ayla yang dibangun dengan platform DNGA. Kendaraan ini dibuat oleh R&D kami dengan 1.700 supliers. Semuanya serba baru. Ada mesin 1.0L dan 1.2L. Kami menyediakan tiga varian: M, X dan R," terang Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director ADM.
Harga All New Daihatsu Ayla OTR Jakarta:
(Alx/Odi)
Baca Juga: Keunggulan Platform DNGA yang Dipakai Daihatsu Rocky, Xenia dan Ayla
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.