JAKARTA – Hingga saat ini memang belum ada kabar pasti soal launching resmi Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia. Beberapa kali rencana yang diungkap batal atau diundur. Toh rumors tak berhenti. Yang terbaru, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) disebut-sebut bakal meluncurkan model barunya itu pada Juni ini. Kabar baik.
Tapi bagaimana sebenarnya spesifikasi teknis yang dipunyai Ninja 250 cc 4-silinder ini. Hal umum mengenai perbekalan utamanya sudah terungkap di Tokyo Motor Show 2019. ZX-25R dituliskan menggendong mesin DOHC dengan 16 katup. Sementara data lainnya, masih tertutup rapat.
Kami mencoba menerka, seberapa besar performa yang dikeluarkan jantung mekanik tersebut. Akhirnya kini terjawab dari sumber terpercaya. Informasinya, terungkap bahwa model ini menggunakan mesin 4-silinder segaris memiliki kubikasi total 249,8 cc. Berjenis overbore, identik dengan Ninja yang sudah ada (versi 2-silinder). Tapi Ninja ZX-25R punya bore x stroke: 50 x 31,8 mm.
Berbeda dengan penghitungan Ninja 250 2-silinder. Dengan rancangan 8 katup, enjinnya dimodali diameter dan langkah piston: 62 x 41,2 mm. Artinya, output yang dihasilkan juga berbeda. Data yang kami dapat menuliskan, Ninja ZX-25R sanggup mengail daya 49,3 Hp @15.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya mencapai 22,9 Nm @14.500 rpm.
Baca juga: Mengenal Kawasaki Z H2, Sosok Bengis Pabrikan Hijau Berbekal Supercharger
Berkat mesin itu, ZX-25R bahkan sanggup menjangkau top speed hingga 187 km/jam. Di atas kertas, lebih kencang dari Honda CBR250RR yang diklaim mentok di kecepatan 170 km/jam. Padahal Ninja 4-silinder tergolong berat dengan bobot mencapai 182 kg. Secara keseluruhan, dimensinya memang lebih lebar ketimbang Ninja 250 versi dua silinder maupun CBR250RR.
Berikut data dimensi Ninja ZX-25R: 1.980 x 750 x 1.110 mm (P x L x T). Sedangkan Ninja 250 (1.990 x 710 x 1.125 mm) dan CBR250RR adalah 2.060 x 724 x 1.098 mm.
Tapi bisa dilihat kalau ZX-25R bahkan tak lebih panjang dari mereka. Bahkan bila disandingkan dengan Yamaha R25 (2.090 x 720 x 1.135 mm), rasanya ZX-25 masih cukup kompak. Jarak terendah ke tanah dari Ninja seperempat liter paling baru itupun hanya 125 mm. Coba tilik lagi dengan model sekelasnya. Ninja 250 2-silinder dan CBR250RR sama-sama punya ground clearance 145 mm. Sementara ketinggian R25 adalah 160 mm.
Baca juga: Kawasaki ZX-10R Terkena Recall Akibat Kesalahan Program ECU
Walau jadi yang paling berat dan lebar, Kawasaki Ninja ZX-25R sepertinya cukup familiar ditunggangi motoris Tanah Air. Apalagi dengan kelengkapan roda ukuran 110/70-17 dan 150/60-17 (depan-belakang). Impresi berkendaranya pun makin istimewa. Itu karena pabrikan mengaplikasi perangkat elektronik baru berupa KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter) dan Power Mode.
Untuk kapasitas, Ninja ZX-25R dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter. Ideal dengan output di atas yang butuh semburan bensin lebih banyak. Untuk catatan ruang penyimpanan bensin milik ZX-25R inipun lebih banyak dari Yamaha R25 dan Ninja 250 2-silinder yang masing-masing punya daya tampung 14 liter. Begitu juga dari CBR250RR yang bermuatan 14,5 liter.
Pertanyaannya kemudian, berapa harga yang pantas untuk Kawasaki Ninja ZX-25R? Tentu saja pertanyaan itu bakal terjawab kala KMI merilisnya secara resmi nanti. Termasuk pula mengenai probabilitas varian beserta ketersediaan part performance, semisal knalpot atau body kit seperti yang sudah mereka aplikasikan beberapa waktu lalu. Oke, kita tunggu saja. (Ano/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.