Mengisi segmen SUV premium di Tanah Air, Lexus Indonesia luncurkan NX terbaru pada 14 Maret 2022. Sepertinya bukan sebatas model konvensional bermesin bensin. Namun juga jenis hybrid dan PHEV. Sebab dalam undangan resmi tertera pernyataan ‘The Future is Electrified’ sebagai bagian dari komitmen elektrifikasi. Saat cek data di Kementerian terkait, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) paling rendah Rp663 juta. Lalu varian tertinggi NX450H+ F-SPORT 4X4 A/T (AAZH26R-AWXLB) Rp742 juta.
NX series berpijak di atas platform GA-K. Semua dilakukan Lexus demi bobot ringan, bodi kaku, ditambah pusat gravitasi rendah. Lanjut dari situ, performa mendasar NX ditingkatkan. Berbagai dudukan penguat ditambah ke komponen suspensi. Belum lagi didukung oleh pemanfaatan material, teknik pengelasan, serta sambungan rangka mutakhir. Semua dikerjakan agar menyuguhkan mobil terbaik di kelasnya.
Yang menjadi sorotan utama, selain rancang bangun. NX450H+ dibekali teknologi Plug-in Hybrid (PHEV). Teknologinya erat dengan Toyota RAV4. Jantung pacu menyuguhkan sinergi antara mesin konvensional empat silinder 2.500 cc naturally aspirated berikut sistem penggerak empat roda E-Four. Tersedia dua motor listrik untuk memutar poros roda depan. Mesin bensin sanggup berdenyut sampai 185 Hp ditambah putaran tenaga setrum poros depan sebesar 182 Hp dan 55 Hp di roda belakang. Kombinasi ini diklaim bikin mobil dapat mengilat 100 kpj dalam tempo sekitar 6 detik.
Baca Juga: Lexus LF-30, Gambaran Elektrifikasi Masa Depan Pabrikan
Lantas yang menjadi poin paling penting adalah efektifitas daya tempuh sistem elektris. Bukan sekadar penyokong tenaga ekstra. Dua motor listrik dan baterai 18,1 kWh diklaim dapat berkelana hingga 64 km tanpa mengeluarkan gas buang. Ia juga sanggup dipacu sampai 135 kpj dengan kondisi enjin mati. Jika baterai habis, sistemnya beroperasi sebagaimana ‘self-charging’ hybrid Lexus. Dibilang 20 persen lebih efisien dari rival lain.
Seperti model global. Lexus Indonesia juga diperkirakan turut menawarkan opsi HEV dalam format NX 350h. Menurut pabrikan, ia 22 persen ekstra bertenaga, keluarkan CO2 10 persen lebih rendah. Kemudian 15 persen semakin lincah dari model lawas. Di samping itu, unit pacu konvensional tak lantas ditanggalkan. Malah dikenalkan jantung hasil kembangan terbaru yakni empat silinder 2.400 cc turbo. Pengembangannya jelas tidak terpaku pada teknologi elektrifikasi. Eksterior dirancang sedemikian rupa demi mengoptimalkan aliran udara dan stabilitas handling. Masuk kabin, ia tampak mengadopsi desain kokpit Tazuna yang kali pertama ditampilkan oleh konsep LF-30.
Penyempurnaan terjadi juga di sisi ruang kabin, kenyamanan, dan kualitas ketimbang model lama. Semua itu, kata Lexus global, berkat penggunaan material berkualitas tinggi dan fitur mutakhir. Termasuk di dalamnya bukaan pengait pintu elektrik guna mencegah kecelakaan saat mau keluar. Terus konektivitas smartphone, hingga sistem ADAS macam Toyota Safety Sense. Fitur yang bikin semakin awas terhadap kondisi sekitar mobil. Tunggu detailnya sebentar lagi di Indonesia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Lexus NX 2022 Debut Global, Kenalkan PHEV Pertama Pabrikan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.