Kemunculan generasi terbaru Lexus LM mengulang peluncuran perdana di tempat yang sama 2020 lalu. LM masih menawarkan konfigurasi bangku empat hingga tujuh penumpang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam terhadap "Luxury Mover". Sekaligus penanda dimulainya ekspansi ke 60 negara secara global. Termasuk untuk pertama kalinya di Eropa dan pasar Jepang.
Sisi eksterior memang tidak terlalu banyak bisa dibahas. Bentuknya masih memperlihatkan MPV berukuran besar yang berbagi basis juga dengan Toyota Alphard ini. Lexus sendiri berkonsentrasi kepada ubahan di sisi kenyamanan berkendara juga kesenyapan kabin.
Lexus meningkatkan kekakuan platform sebesar 50 persen dengan cara menguatkan bagian radiator support dan underfloor bagian belakang serta pilar di bagian belakang. Dasar pengembangannya adalah desain MPV sliding door sehingga mau tidak mau penguatan platform ini dilakukan untuk peningkatan sensasi berkendara.
Kursi didesain ulang. Ini untuk kenyamanan penumpang terutama dalam menerima gaya G saat berkendara. Tujuannya juga untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Penilaian kenyamanan ini juga dihadirkan pada baris kedua serta baris ketiga pada model 7 penumpang dimana penumpang dewasa masih bisa duduk dengan nyaman.
Lexus menggunakan teknologi AVS Suspension with Frequency Sensitive Piston Valve. Suspensi ini mengkombinasikan actuator dan super sensitif piston pada kolom peredam kejut. Ini membuat pengalaman berkendara yang lebih nyaman dengan peredaman vibrasi di semua frekuensi.
Baca Juga: Lexus LS 500h F Sport Hybrid Melantai di Indonesia, Harganya Fantastis!
Peningkatan pada kesenyapan kabin dilakukan dengan teknologi noise reduction tiga tahapan. Ini terdiri dari mengurangi sumber kebisingan, mencegah suara masuk ke kabin dan mengurangi suara di bagian dalam kendaraan. Lexus menggunakan beberapa cara seperti penggunaan kaca akustrik, tuning khusus pada mesin untuk mengurangi suara dan vibrasi serta penggunaan bahan insulasi suara yang lebih tebal di seluruh kabin.
Di baris pertama, Lexus menggunakan konsep Tazuna Cockpit. Desainnya sederhana untuk menciptakan lingkungan agar pengemudi lebih berkonsentrasi dalam berkendara. Varian 6 dan 7 kursi berkonsentrasi menggunakan trim berbahan ekslusif yang nyaman. Paling menarik adalah desain untuk varian 4 penumpang. Lexus meningkatkan level kemewahan dengan menghadirkan layar berukuran 48 inci antara baris pertama dan kabin belakang. Ada partisi untuk ruang privasi antara kedua bagian kendaraan.
Tambahan kenyamanan diberikan lewat pencahayaan kabin dengan total 64 pilihan warna. Termasuk di dalamnya 14 tema warna dan 50 tema yang bisa disesuaikan dengan keinginian penumpang.
MPV ini juga dijejali dengan fitur Lexus Safety System+ terbaru. Fitur keselamatan berkendara terdiri dari pre-crash safety, dynamic radar cruise control, lane departure alert, abnormal driver response system, dan proactive driving assist.
Dalam perkenalan perdana, Lexus masih belum memberitahukan detail mesin yang digunakan. Namun ada beberapa perkiraan mesin yang digunakan pada sistem penggerak berteknologi hybrid ini. Pertama ada mesin 2.4 liter dan 2.5 liter. Soal harga juga Lexus masih menutup rapat informasi. Pastinya pembaruannya menjawab kebutuhan kaum miliuner Asia yang berkendara dengan sopir pribadi. (Sta/Odi)
Baca Juga: Lexus RX Generasi Terbaru Meluncur dengan 3 Jenis Mesin
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.