Lexus memperbarui LX 700h yang kini dilengkapi dengan teknologi hibrid. Menandai pertama kalinya SUV unggulan ini mengadopsi teknologi dua powertrain. Model LX sebelumnya berubah total pada tahun 2021. Namun, pada waktu itu, LX belum dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi yang diperlukan oleh Lexus untuk mendukung inisiatif netralitas karbon.
Takami Yooko, Lexus International Chief Engineer, mengatakan bahwa selama pengembangan LX 700h, Lexus tetap berkomitmen untuk tidak mengorbankan keandalan, ketahanan, dan kemampuan off-road yang telah menjadi karakteristik LX. Solusi yang ditemukan adalah pengembangan sistem hibrida paralel terbaru dan peningkatan pada platform GA-F.
“Tujuan kami adalah untuk memastikan pengoperasian yang aman dan andal, yang memungkinkan pelanggan pulang dengan aman, sambil mempertahankan pengalaman berkendara Lexus yang sesungguhnya. Tiga tahun kemudian kami telah menyempurnakan Lexus Driving Signature, sekaligus meningkatkan fitur keselamatan dan kenyamanan,” uca Takami dalam keterangannya.
Lexus mengintegrasikan motor generator dengan kopling yang terletak di antara mesin V6 twin-turbo 3.5L dan transmisi otomatis 10-percepatan. Konfigurasi ini mempertahankan fitur kunci seperti penggerak 4WD, transfer case jarak rendah, dan transmisi otomatis dengan torque converter. Sistem hybrid terbaru ini mengatur transisi antara mode operasi mesin dan motor listrik, serta mengoptimalkan performa berdasarkan kondisi jalan.
Lexus juga memasang komponen alternator dan starter sebagai standar, yang merupakan perbedaan dari model hybrid Lexus sebelumnya. Dalam kasus kegagalan sistem hybrid, starter memungkinkan mesin untuk dihidupkan, sementara alternator mengisi daya baterai tambahan 12 V yang memungkinkan kendaraan beroperasi menggunakan mesin.
Mengenai penyempurnaan platform GA-F, Lexus menambahkan cross member tambahan pada rangka, yang dikenal sebagai cross member No.3. Desain ini mengoptimalkan penampang dan ketebalan pelat untuk menciptakan profil yang lebih rendah dan memastikan ground clearance yang sama dengan model bermesin konvensional.
Untuk kenyamanan, Lexus meningkatkan fitur dengan menyertakan layar LCD 12,3 inci yang menampilkan informasi tentang kendaraan, termasuk voltase baterai tambahan dan tekanan oli mesin. Animasi yang menunjukkan perpindahan mode berkendara dan pemilihan multi-terrain juga telah diperbarui untuk menjadi lebih interaktif.
Lexus juga memperkenalkan fitur Electro-Shiftmatic yang memudahkan pengoperasian saat bermanuver di medan off-road. Lexus menyertakan tombol perpindahan gigi dengan desain baru yang menawarkan sentuhan taktil yang nyaman. Selain itu, tersedia jok dengan fungsi pemijat, layar hiburan di area tengah, serta kemudahan pengisian daya wireless charger di dalam kabin.
LX 700h juga dilengkapi dengan Lexus Safety System +, fitur ADAS terbaru untuk keselamatan berkendara yang mencakup Pre-collision Safety, Radar cruise control, lane departure alert, dan driver abnormality response system. Fitur tambahan meliputi traffic jam assist dan advanced park untuk kemudahan berkendara di jalan raya dan saat parkir.
Untuk beberapa pasar, Lexus menawarkan Lexus Overtrail Project, varian yang dirancang khusus untuk berkendara off-road. Pada eksterior, terdapat grille berwarna gelap yang dilengkapi dengan foglamp, roof rail, wheel arch, door handle, side garnish, dan bumper belakang yang serasi. LX 700h juga menampilkan warna bodi Moon Desert yang memberikan kesan premium. (Sta)
Baca Juga: Lexus LM Generasi Baru Sajikan Tingkat Kemewahan Lebih Tinggi
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.