Line-up Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series yang Dijual di Indonesia

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperluas lineup Ninja 40th Series di pasar domestik. Setelah Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR, kini hadir Ninja ZX-25RR. Model terbaru ini dijual dengan harga Rp138 juta OTR DKI Jakarta.

Ninja 40th Anniversary series dikenal dengan livery retro yang ikonik. Motif ini populer di era 90-an dan sering muncul pada superbike Kawasaki. Livery ini kembali populer ketika Jonathan Rea menggunakannya di WSBK Mandalika tiga tahun yang lalu.

Livery menampilkan tiga warna khas: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Terdapat juga tulisan "Kawasaki" berwarna biru dengan latar belakang putih besar pada fairing samping. Logo Ninja 40th Anniversary terpampang di tangki bensin, mengingatkan kita pada balap tahun 1980-an.

Perbedaan dengan versi standar terlihat pada rangka dan swingarm yang dicat perak. Front fork Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R dicat emas, terinspirasi dari ZXR400/250, sementara ZX-4RR dan ZX-25RR memiliki warna hitam. Roda depan dan belakang berwarna Lime Green, menandai perayaan 40 tahun Ninja.

Meskipun tema sama, spesifikasi dan fitur setiap varian tentunya berbeda. Berikut adalah detailnya.

Ninja ZX-25RR

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Jantung mekanis ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 249,8 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, dan 16 katup. Mesin tersebut memiliki diameter bore x stroke sebesar 50,0 x 31,8 mm, serta rasio kompresi 11,5:1. Jantung mekanis ini dipadukan dengan transmisi 6 kecepatan.

Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 49,5 Hp pada 15.500 rpm dan torsi puncak 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui gearbox enam percepatan. Menurut klaim produsen, kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 187 km/jam. Dengan komponen ram air, tenaga bisa bertambah hingga 1 PS. Sistem ini bekerja optimal ketika kecepatan motor mencapai 100 km/jam.

Fitur-fiturnya termasuk lampu LED di bagian depan dan belakang. Kawasaki Traction Control (KTRC) menawarkan tiga mode berkendara yang dapat diatur off. Terdapat juga pilihan riding mode, yaitu Sport, Road, Rain, dan Rider mode yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara.

Untuk Rider mode, pengaturan power dan KTRC dapat disesuaikan dengan karakteristik rider dan kondisi jalan. Power dapat diatur pada mode full atau low, dengan mode low mengurangi tenaga motor sekitar 35 persen dari mode full. Selain itu, ada KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang memungkinkan upshifts dan downshifts, berfungsi mulai dari 2.500 rpm.

Selanjutnya, terdapat TFT meter dengan Circuit mode dan Rideology The App yang memungkinkan koneksi nirkabel ke motor. Ketika terhubung, notifikasi telepon (panggilan, pesan) ditampilkan pada panel instrumen. Pengendara juga bisa mengubah pengaturan tampilan instrumen (unit pilihan, pengaturan jam dan tanggal) melalui smartphone.

Suspensi depan menggunakan upside down dari Showa dengan pengaturan preload di sisi kanan, sementara bagian belakang sepenuhnya dapat diatur, termasuk preload, rebound, dan kompresi sesuai keinginan. Warna ulir per hijau, menyatu dengan warna bodi.

Ninja ZX-4RR

Ninja ZX-4RR

Versi Indonesia dari Kawasaki Ninja ZX-4RR dilengkapi dengan mesin 399 cc, 4-silinder, DOHC, 16-katup, dengan pendingin cairan dan sistem injeksi. Desain ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 77 PS atau 75,9 Hp pada 14.500 rpm dengan ram air aktif dan torsi maksimum 37,6 Nm pada 12.500 rpm.

Untuk bore x stroke, angkanya adalah 57 mm x 39,1 mm, dengan rasio kompresi yang tinggi yaitu 12,3:1. Berdasarkan rasio tersebut, motor ini idealnya menggunakan bensin dengan RON 98 atau yang setara dengan Pertamax Turbo.

Fiturnya serupa dengan Ninja ZX-25R, termasuk lampu full LED dan panel meter TFT yang informatif.

Suspensi depannya adalah upside down SFF-BP dengan kemampuan penyesuaian preload pegas dan top-out springs. Suspensi belakangnya adalah BFRC lite gas-charged shock dengan piggyback reservoir, penyesuaian damping kompresi dan rebound, preload pegas yang dapat diatur, dan top-out spring.

Fitur lainnya termasuk Assist & Slipper Clutch, Economical Riding Indicator, Electronic Throttle Valves, Kawasaki Quick Shifter (KQS) up & down, Kawasaki Traction Control (KTRC), empat opsi Power Modes, konektivitas smartphone, dan Anti-lock Braking System (ABS) 2-channel. Harga OTR untuk Jakarta adalah Rp246,3 juta.

Ninja ZX-6R

Ninja ZX-6R

Motor ini dilengkapi dengan mesin 636 cc DOHC, 16 katup, berpendingin cairan, 4-tak, In-Line Four. Sistem penyuplai bahan bakar menggunakan injeksi bahan bakar 38 mm x 4 dengan sub-throttle oval. Motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 129 Hp pada 13.000 rpm (dengan Ram Air) dan torsi maksimal 69 Nm pada 11.000 rpm, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi rantai dengan enam percepatan.

Fitur-fiturnya termasuk Kawasaki Quick Shifter (KQS) standar, Kawasaki Traction Control (KTRC), dan Power Modes (Sport, Road, dan Rain) yang terintegrasi dalam New Integrated Riding Modes. Kawasaki juga memperbarui Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System atau KIBS. Sistem ini menggunakan data dari sensor kecepatan pada kedua roda, tekanan hidrolik pada kaliper rem depan, dan unit kontrol mesin (ECU) untuk menentukan penerapan ABS.

Di dasbor, terpasang layar TFT 4,3 inci berwarna penuh dengan fitur konektivitas. Teknologi ini kini menjadi standar pada setiap produk Kawasaki, memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone mereka ke motor melalui aplikasi Rideology Kawasaki.

Sistem suspensi depan menggunakan Showa Separate Function Fork-Big Piston (SFF-BP), yang menawarkan penyesuaian preload pada garpu kiri dan penyesuaian redaman kompresi serta rebound pada garpu kanan. Suspensi belakang juga menggunakan Showa dengan pengaturan lengkap. Harga motor ini ditawarkan sebesar Rp399,9 juta.

Ninja ZX-10R

Ninja ZX-10R

Motor ini dilengkapi dengan mesin DOHC empat silinder segaris, 16 katup berkapasitas 998 cc. Mampu menghasilkan tenaga hingga 212 Hp dengan ram air aktif pada 13.200 rpm, serta torsi 114,9 Nm yang tersedia pada 11.400 rpm.

Fitur elektronik canggih meliputi Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), kesadaran orientasi sasis yang ditingkatkan oleh IMU, Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), katup gas elektronik, kontrol kecepatan elektronik, mode daya, indikator berkendara ekonomis, KIBS, ABS, suspensi belakang Horizontal Back-Line dan konektivitas smartphone.

Konektivitas perangkat melalui aplikasi Kawasaki Rideology tersedia dengan Bluetooth. Semua informasi dasar dan fitur motor dapat diakses melalui layar TFT 4,3 inci. Ketika terhubung dengan smartphone, notifikasi panggilan masuk dan pesan akan ditampilkan pada layar.

Untuk suspensi, motor ini menggunakan Balance Free Front Fork (BFF) dari Showa di bagian depan dan Balance Free Rear Cushion (BFRC) di belakang, yang mendukung kemudahan pengendalian dan penyesuaian beban antara bagian depan dan belakang motor. Harganya saat ini adalah Rp590,3 juta. (Bgx)

Baca Juga: Penuhi Permintaan Konsumen, Kawasaki Rilis Ninja ZX-25RR 40th Anniversary

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Kawasaki dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mirip Honda Vario, Kawasaki Rilis Skuter Matik Brusky 125 Seharga Rp20 Jutaan
    Mirip Honda Vario, Kawasaki Rilis Skuter Matik Brusky 125 Seharga Rp20 Jutaan
    Anjar Leksana . 03 Sep, 2024
  • Kawasaki Indonesia Rilis Ninja ZX-25RR 40th Anniversary, Harganya Rp138 juta
    Kawasaki Indonesia Rilis Ninja ZX-25RR 40th Anniversary, Harganya Rp138 juta
    Zenuar Yoga . 08 Agu, 2024
  • Kawasaki Indonesia Rilis KLX230 Series Terbaru
    Kawasaki Indonesia Rilis KLX230 Series Terbaru
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2024
  • Kawasaki Indonesia Segarkan W175 Series untuk MY2025
    Kawasaki Indonesia Segarkan W175 Series untuk MY2025
    Zenuar Yoga . 05 Jun, 2024
  • Kawasaki Indonesia Rilis Warna dan Grafis Baru Buat KLX150S dan KLX150SM
    Kawasaki Indonesia Rilis Warna dan Grafis Baru Buat KLX150S dan KLX150SM
    Zenuar Yoga . 22 Mei, 2024
  • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
  • Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
    Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2023
  • Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
    Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
    Bangkit Jaya Putra . 08 Feb, 2023
  • Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
    Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
    Bangkit Jaya Putra . 16 Nov, 2021
  • Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
    Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
    Zenuar Yoga . 18 Jun, 2021
  • Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
    Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
    Eka Zulkarnain . 13 Nov, 2020
  • First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
    First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
    Ary Dwinoviansyah . 16 Jul, 2020
  • First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
    First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
    Ary Dwinoviansyah . 13 Des, 2019
  • First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
    First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
    Zenuar Yoga . 26 Jun, 2019