Suzuki GSX-R1000R mendapat warna baru yang belum pernah ada. Diberi nama Glass Matte Mechanical Grey/Matte Black Metallic. Cat anyar ini menemani skema yang sudah ada sebelumnya; Triton Blue Metallic/Mystic Silver Metallic (GUL) dan Matte Black Metallic (4TX) serta Metallic Mat Black (YKV).
Secara tampilan, eksklusifitasnya kian terpancar karena didominasi balutan warna abu-abu matte. Dipadu pelek warna biru dan sentuhan hitam di beberapa bagian motor. Decals dan grafis yang menempel juga mencerminkan kesan agresif. Terlihat di bodi depan, fairing, tangki dan ekor. Tabung suspensi upside down berkelir emas di depan dan cover knalpot tampak mencolok. Sebab hanya komponen itu yang memakai bahan mengilap.
Sayangnya, Glass Matte Mechanical Grey hanya tersedia di Jepang dan tidak ada kabar apakah dijual secara global. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai harga jual. Beruntung bagi penggemar Suzuki di sana, pabrikan sengaja menyimpan warna terbaik untuk konsumen setia.
Selain warna, Suzuki masih mempertahankan basis mesin dan kaki-kaki dari GSX-R1000R yang dirilis sejak 2017 silam. Mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 silinder segaris, DOHC, berpendingin cairan. Ia sanggup mencatatkan power maksimum sebesar 194 Hp pada putaran mesin 13.200 rpm dan torsi 117 Nm pada 10.800 rpm. Angka yang terbilang sangat fantastis, dan memungkinkan para pengguna untuk bisa mendapatkan top speed hanya dalam hitungan detik.
Suzuki juga membekalinya dengan beragam fitur canggih. Seperti Variable Valve Timing (VVT), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha (SET-A), Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), Motion Track TCS (Traction control system) dan launch control & Bi-directional quick shift system, yang memudahkan para pengguna ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Serta Suzuki Top Feed Injector (S-TFI) yang meningkatkan performa pada putaran rendah maupun tinggi.
Baca Juga: Desain Baru Sangat Futuristik, Intip Spesifikasi Detail Suzuki GSX-S1000 MY 2021
Rangkanya yang kokoh ditopang upside down Showa BBF (Balance Free Front Fork) dan belakang monoshock Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion lite). Untuk pengeremannya memakai kaliper rem radial mount monoblock empat piston ditambah dengan cakram rem dan T-drive floating mount dari Brembo. Tak lupa juga disematkan perangkat ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel.
Meski dijual terbatas, desain tidak berubah. Di bagian depan terpasang single headlamp dengan bentuk unik, lengkap bersama lampu sein berada di sisi samping. Semua sektor pencahayaan itu sudah menggunakan jenis lampu LED, memiliki nyala lebih terang dan hemat daya. Lalu di kedua sisi lampu utama, dibuat lubang yang berfungsi sebagai pendukung pendinginan mesin dengan mengandalkan angin dari depan.
Bagian tengah terpasang tangki bahan bakar aerodinamis dan sanggup menampung BBM 16 liter. Tempat duduk dibuat bertingkat, dan memaksa penggunanya lebih membungkuk saat mengendarainya. Tak ketinggalan tail light menggantung turut serta melengkapinya, untuk meningkatkan fungsionalitas sebagai street racer. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru Sedang Disiapkan, Bakal Turun di WorldSBK?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.