Mau Beli New Honda Vario 125, Lihat Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

kelebihan vario 125

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda mempertahankan mesin 125 cc irit dengan klaim 51,7 km/liter

    Tapi sayang belum mau memberikan teknologi baru 4 katup seperti di PCX 160 dan ADV 160
  • Pasar skuter matik di kelas 125 cc memiliki banyak peminat. Untuk menjaga eksistensi produk di lahan itu, Astra Honda Motor luncurkan penyegaran Vario 125. Harga mulai Rp22,35 juta hingga Rp24,25 juta on the road Jakarta. Ia memiliki sedikit imbuhan fitur guna menunjang kenyamanan berkendara. Namun jantung pacu tertanam tidak ikut dirombak. Bila Anda minat membeli barang anyar ini. Simak dulu segala kelebihan dan kekurangannya.

    Dimulai dari kelebihan. Mesin Vario 125 cc dari dulu terkenal sangat irit. Berdasar catatan AHM, konsumsi bensin bisa tembus 51,7 km/liter. Ini mengacu dari metode perhitungan WMTC (Euro 3 dan fitur ISS menyala). Keunggulan lain berupa dimensi kompak, mudah untuk menyelinap di kemacetan jalanan. Motor punya dimensi 1.918 mm x 679 mm x 1.066 mm. Tinggi tempat duduk 769 mm. Jarak sumbu roda 1.280 mm, ground clearance 131 mm dan bobot total 112 kg. Kapasitas bagasi New Vario 125 memiliki volume 18 liter. Sedangkan Yamaha Lexi cuma 12,8 liter.

    Ubahan utama New Vario 125 berupa Honda Smart Key System untuk tipe ISS. Lalu sudah full digital panel meter dengan informasi yang lengkap. Antara lain pengukur kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam digital, level tegangan baterai, penggantian oli, trip meter, serta indikator ISS. USB charger di console box pun tersedia.

    Baca Juga: Bukan Mesin Baru 4 Katup, Ini Harga dan Deret Ubahan New Honda Vario 125 cc

     

    harga vario 125

    Lantas apa saja kekurangan New Vario 125? Agak disayangkan, ia tidak menggunakan mesin baru dengan sistem empat katup. Jadi teknologi masih bertahan pakai eSP, bukan eSP+ seperti di PCX dan ADV 160. Padahal sistem ini sangat membantu mendongkrak performa berkendara. Lantaran enjin sama, artinya ia masih kalah kuat dibanding Yamaha Lexi.

    New Vario hanya memberi tenaga 8,2 kW (11,1 PS) dan torsi maksimal 10,8 Nm. Sedangkan Yamaha Lexi sedikit lebih unggul, 8,75 kW (11,89 PS) plus momen puntir 11,3 Nm. Sistem penyaluran pakai CVT. Ini yang kerap menjangkit skuter matik Honda. Rumah mangkok kadang terasa gredek alias getar pada putaran rendah atau awal setelah pemakaian lama. Untuk produk baru AHM ini, harus dicermati dan diuji lebih lanjut.

    Sebelumnya beredar rumor kalau rangka Vario 125 bakal berubah pakai (enhanced Smart Architecture Frame). Namun motor baru ini tetap mempertahankan sasis tubular. Bukan kekurangan memang. Tapi bikin sedikit kecewa. Padahal Honda Genio saja sudah pakai eSAF. Yang terakhir, varian paling mahal tidak diberi opsi pengereman ABS. Mungkin demi menjaga nilai jual tetap kompetitif. Bandingkan, Yamaha berani menyodorkan opsi itu buat Lexi. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Mencari Skutik Honda yang Nyaman, Pilih Honda ADV160, PCX160 atau Vario 160?

    Jelajahi Honda Vario 125

    • Tampak belakang serong Honda Vario 125
    • Ban depan Honda Vario 125
    • Lampu depan Honda Vario 125
    • Knalpot Honda Vario 125
    • Jok Honda Vario 125
    • Ruang kaki Honda Vario 125
    Honda Vario 125
    Rp 23,31 - 24,96 Juta Cicilan : Rp 531.851

    Model Motor Honda

    Motor Honda
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Honda Vario 125 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Suku Cadang dari Pabrikan Lain yang Pas di Honda Vario Techno 125
      Suku Cadang dari Pabrikan Lain yang Pas di Honda Vario Techno 125
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2024
    • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
    • New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      Zenuar Yoga . 03 Apr, 2024
    • Honda Raih Penjualan Sebanyak 548 Unit di IMOS 2022, New Vario 125 Paling Laris
      Honda Raih Penjualan Sebanyak 548 Unit di IMOS 2022, New Vario 125 Paling Laris
      Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2022
    • Skema Kredit Seluruh Varian New Honda Vario 125, Cicilan Termurah Mulai Rp800 Ribuan
      Skema Kredit Seluruh Varian New Honda Vario 125, Cicilan Termurah Mulai Rp800 Ribuan
      Bangkit Jaya Putra . 29 Sep, 2022
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • Bermain di Kelas yang Sama, Pilih Honda New Vario 125 atau Suzuki Avenis 125?
      Bermain di Kelas yang Sama, Pilih Honda New Vario 125 atau Suzuki Avenis 125?
      Zenuar Yoga . 10 Des, 2022
    • Buat Dipakai Harian, Pilih Yamaha Fazzio Hybrid-Connected atau Honda Vario 125?
      Buat Dipakai Harian, Pilih Yamaha Fazzio Hybrid-Connected atau Honda Vario 125?
      Anjar Leksana . 03 Feb, 2022
    • Nilai Lebih Honda Vario 125 Ketimbang Scoopy Baru
      Nilai Lebih Honda Vario 125 Ketimbang Scoopy Baru
      Helmi Alfriandi . 21 Jan, 2021
    • Skutik Rp 20 Jutaan, Pilih Honda Vario 125 Atau Yamaha FreeGo S Non ABS?
      Skutik Rp 20 Jutaan, Pilih Honda Vario 125 Atau Yamaha FreeGo S Non ABS?
      Muhammad Hafid . 30 Jan, 2019
    • Test Ride Honda Vario 125 2019: Minim Fitur, Apa Kelebihannya? (Part-2)
      Test Ride Honda Vario 125 2019: Minim Fitur, Apa Kelebihannya? (Part-2)
      Rizki Satria . 08 Mar, 2019
    • Test Ride Honda Vario 125 2019: Minim Fitur, Apa Kelebihannya? (Part-1)
      Test Ride Honda Vario 125 2019: Minim Fitur, Apa Kelebihannya? (Part-1)
      Rizki Satria . 08 Mar, 2019