Mau Beli Toyota Kijang Innova Zenix, Cek Dulu Kekurangannya

innova zenix

 

KEY TAKEAWAYS

  • Perubahan Toyota Kijang begitu signifikan dari sisi performa, efisiensi dan kenyamanan

    Namun kami menemui beberapa kelemahan setelah mencobanya
  • All New Toyota Kijang Innova Zenix masih jadi buah bibir. Sangat banyak artikel di OTO Media Group yang membahas kelebihan dan kapabilitas jempolan dimiliki. Mulai dari rancangan desain keren, kelengkapan fitur, kenyamanan berkendara, hingga performa hebat mesin baru. Namun terlepas dari hal itu. Sebagai produk massal pasti ada saja kekurangan yang dimiliki. Cek dulu poin-poin berikut sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli unit gres.

    Kekurangan pertama, fitur voice command (power back door) Innova Zenix tipe Q Hybrid. Tak sedikit yang mengeluhkan susah dipakai. Dengan perintah suara, menggunakan logat serta pelafalan sama. Acap kali berhasil kadang juga tidak. Padahal semua kondisi sudah tertutup di semua pintu. Yakni menggunakan remote control, smart key, tombol kunci belakang, tombol central lock, pintu pengendara, kunci manual dan PBD reverse switch.

    Padahal posisi smart key di kantong, berjalan ke arah pintu bagasi belakang dan mendekat ke microphone. Perlu dicatat. Jika kita tidak menjauhi kendaraan, setelah mengucapkan "Hai Innova" dan "Buka Pintu", selama lima detik. Maka pintu tidak akan terbuka atau dibatalkan. Hal ini ditandai dengan suara "Beep" dua kali. Agak repot. Sebetulnya kalau Innova Zenix punya kick sensor malah lebih praktis. Cuma kayuhkan kaki ke depan dalam hitungan beberapa detik, pintu belakang terbuka.

    Baca Juga: Perbandingan Rasa Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid, Ini Bedanya

    Innova Zenix 2.0 V

    Yang kedua. Layar monitor di baris kedua sangat menonjol (di V dan Q). Walaupun posisinya fleksibel bisa ditekuk ke atas dan bawah. Tapi secara pandangan agak mengganggu. Terus kalau mau mengakses bangku di baris ketiga. Head rest (sandaran kepala) di baris kedua bertempelan dengan layar monitor. Kalau tidak hati-hati saat menggeser jok ke arah depan, bisa tubrukan.

    Lalu arm rest atau sandaran tangan baris kedua di Kijang Innova V dan ke bawah. Entah kenapa, pemasangan tidak kokoh. Saat dibuka, posisinya malah letoy. Walau bukan masalah besar, namun hal ini jadi kurang nyaman. Kekurangan keempat. Meskipun Innova Q HEV Modellista sebagai varian tertinggi dilego Rp614 juta OTR Jakarta. Sayang, jok baris pertama belum menggunakan pengaturan elektrik. Buat mengatur ke depan masih tarik tuas.

    Terakhir. Generasi terbaru Kijang Innova Zenix semua tipe menggunakan transmisi matik jenis CVT dan e-CVT. Tak ada lagi pilihan manual. Karena Toyota ingin mengejar efisiensi bahan bakar. Padahal masih banyak pengguna setia Kijang di penjuru nusantara lebih menyukai girboks manual. Karena mungkin medan yang kerap dilalui dan sistem gerak belakang mantap diajak melibas tanjakan terjal. Namun TAM masih menyediakan Innova Reborn MT. Baik diesel maupun bensin. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Beda Toyota Kijang Innova Zenix G CVT dengan G Hybrid Cuma Rp39 Juta, Ambil Mana?

    Jelajahi Toyota Kijang Innova Zenix

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix dari Carvaganza

    • Kijang Innova Zenix Bakal Dijual Pakai Logo Suzuki di India
      Kijang Innova Zenix Bakal Dijual Pakai Logo Suzuki di India
      Anjar Leksana . 02 Mei, 2023
    • IIMS 2023: Presiden Jokowi Jajal Langsung Innova Hybrid EV
      IIMS 2023: Presiden Jokowi Jajal Langsung Innova Hybrid EV
      Alvando Noya . 16 Feb, 2023
    • Toyota Innova Terbaru Sudah Meluncur di India, Harga Lebih Menggoda
      Toyota Innova Terbaru Sudah Meluncur di India, Harga Lebih Menggoda
      Anjar Leksana . 02 Jan, 2023
    • TEST DRIVE: Begini Beda Performa Toyota Kijang Innova Zenix Tanpa Hybrid
      TEST DRIVE: Begini Beda Performa Toyota Kijang Innova Zenix Tanpa Hybrid
      Anjar Leksana . 29 Des, 2022
    • Berkat Platform Baru, Akomodasi Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Lebih Fleksibel
      Berkat Platform Baru, Akomodasi Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Lebih Fleksibel
      Anjar Leksana . 23 Des, 2022

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix dari Oto

    • Berita
    • Daftar Harga Toyota Kijang Innova Zenix Bekas Tahun Produksi 2022 dan 2023
      Daftar Harga Toyota Kijang Innova Zenix Bekas Tahun Produksi 2022 dan 2023
      Anjar Leksana . 29 Sep, 2023
    • Toyota Kijang Innova G 2016 Bekas, Layak Dipertimbangkan?
      Toyota Kijang Innova G 2016 Bekas, Layak Dipertimbangkan?
      Anindiyo Pradhono . 27 Sep, 2023
    • Innova Zenix Berlogo Suzuki Siap Beredar Juli 2023
      Innova Zenix Berlogo Suzuki Siap Beredar Juli 2023
      Anjar Leksana . 01 Mei, 2023
    • Toyota Grand Highlander, Jika Avanza dan Innova Zenix Berubah Jadi SUV
      Toyota Grand Highlander, Jika Avanza dan Innova Zenix Berubah Jadi SUV
      Setyo Adi Nugroho . 10 Feb, 2023
    • Sebelum Beli, Cek Dulu Kekurangan Toyota Kijang Innova Zenix
      Sebelum Beli, Cek Dulu Kekurangan Toyota Kijang Innova Zenix
      Anjar Leksana . 02 Feb, 2023