Berbarengan Mazda CX-5 GT, Mazda Indonesia juga merilis CX-9 2021. SUV tertinggi Mazda hanya mendapat pembaruan ringan. Ubahan di fasad terjadi pada grille depan dengan bilah vertikal berlapis kromium. Dan memang perawakan tampak sama dari model sebelumnya. Harga mengalami penyesuaian. Kini ditawarkan Rp 869,9 juta untuk varian 2WD dan All Wheel Drive (AWD) dibanderol Rp 998,8 juta on the road Jakara.
Penyegaran menitikberatkan ke fitur dan kenyamanan. Paling baru di varian New Mazda CX-9 AWD mendapatkan tambahan paddle shift sebagai standar. Kemudian wireless smartphone charger plus sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay. Kemudian pelek berukuran sama, namun desain serta warna baru. Di bagian belakang, tersisip tailpipe lebih besar. Sementara di kabin, ia mendapatkan ubahan desain di bagian samping jok dan beberapa sentuhan baru pada bagian panel interior.
Agar konsumen tambah nyaman. Di dalam kabin New Mazda CX-9 diberi material Nappa Leather berwarna coklat pada keseluruhan bagian jok. Serta penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior, agar mempertegas sentuhan kemewahan di dalam mobil. Semuanya itu masih diimbuhi sistem audio premium BOSE® 12 buah speaker. Lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2® maupun ambient noise compensation AudioPilot 2® yang sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.
Baca Juga: Mazda6 Elite Sedan dan Estate 2021 Mendapat Sentuhan Fitur Baru
New Mazda CX-9 AWD maupun 2WD menggunakan mesin bensin 2,5 liter plus induksi turbocharger di balik kap mesinnya. Teknologi Skyactiv-G 2.5T diklaim sanggup memberi performa istimewa untuk berkendara sehari-hari. Ia dipadu transmisi pintar Skyactive-Drive 6 percepatan. Sebagaimana varian 2WD, dalam kondisi normal. Sistem penggerak CX-9 AWD dibilang sanggup meneruskan 100 persen tenaga ke roda depan. Namun saat terjadi selip, secara otomatis sistem AWD sontak membagi energi ke roda belakang secara simultan sesuai dengan traksi yang dibutuhkan.
Soal pengendaliannya, sebagaimana di model Mazda lain. CX-9 mendapatkan fitur G-Vectoring Control Plus atau GVC+. Dalam laju kendaraan serta ketangkasan, klaim Mazda, sangat membantu pengendaraan istimewa di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga terkait dengan jaminan keselamatan bagi pengguna, berupa teknologi canggih pada i-Activsense.
Baca Juga: Keunggulan Utama Mazda CX-30 yang Paling Mencolok Dibanding Rivalnya
Fitur-fitur keselamatan itu kalau dibedah lebih detail amat beragam. Antara lain mulai dari sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS). Termasuk juga perangkat keselamatan pasif berupa enam titik airbag, ISOFIX dan juga struktur rangka kuat SKYACTIV-BODY. Selain itu masih ada pula Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) dan Driver Attention Alert (DAA).
Lalu bagian penghibur telinga. Rasa premium itu terdengar pula dari sistem konektivitas dan infotainment garapan BOSE. Itu sudah sangat mumpuni, jadi Anda tak perlu lagi membawanya ke instalatur audio. Perangkat terkandung 12-speaker tersebar sudut kabin. Hiburan berpusat pada head unit layar sentuh 8 inci di tengah. Di dalamnya tersisip MZD Connect untuk berbagai sambungan.
“Meski pandemi Covid-19 belum usai. Kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan produk terbaik bagi konsumen Mazda di Indonesia. Setelah diluncurkan pada 2018 dan mendapatkan tambahan varian pada 2020. New Mazda CX-9 terus mendapatkan sambutan luar biasa dari konsumen otomotif Indonesia. Untuk itu kami kembali melakukan penyegaran dan menambahkan fitur terkini pada New Mazda CX-9 AWD sebagai SUV termewah Mazda di Indonesia,” ucap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mesin Mazda CX-5 GT 2021 Makin Canggih, Dilengkapi Cylinder Deactivation
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.